protokol kesehatan covid-19
February 16, 2021

Homecare24.id – Banyak yang dibuat keheranan dengan kejadian yaitu mereka yang sudah dengan ketat menjaga protokol kesehatan 3M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan), namun masih bisa terpapar Covid-19. Dan kejadian ini ternyata banyak terjadi.  Kok bisa?

Ya benar, hal tersebut mungkin saja terjadi. Dan salah satu yang menjadi penyebabnya yaitu kondisi ventilasi atau aliran udara buruk di dalam ruangan. Dan kebetulan orang yang terpapar Covid-19 sedang berada di dalam ruangan tersebut.

Seperti diketahui,  Covid-19 juga bisa menular melalui aliran udara atau disebut dengan airbone. Covid-19 bisa menyebar ke udara dalam bentuk droplets (percikan air liur) maupun aerosol (droplet dalam bentuk yang lebih kecil dan halus). Keduanya bisa menularkan Covid-19 saat berbicara, bernafas, bersin ataupun batuk.

Baca juga : Hasil Swab Antigen / PCR Negatif, Kok Tetap Positif Covid-19?

Bahkan aerosol bisa terbawa udara hingga jarak 8 meter. Aerosol kecil berukuran (lebih kecil dari 3 mikron) dapat bertahan di udara hingga beberapa jam. Sedangkan droplet berukuran kecil atau aerosol berukuran besar (lebih kecil dari 100 mikron) bisa bertahan di udara selama 30 menit. Dan untuk droplet berukuran besar, bisa langsung jatuh ke lantai.

Terbayang kan ketika sedang berada di dalam ruangan kantor, restoran, alat transportasi tertutup atau kondisi lain di dalam ruangan lainnya, namun dengan ventilasi yang buruk, maka berisiko bisa menyebarkan Covid-19. Terutama jika berada di dalam ruangan dalam jangka waktu yang lama.

Nah, saat berada di dalam ruangan tersebut meski sudah jaga protokol kesehatan, ada suatu saat membuka masker untuk sekedar menghirup udara menghilangkan pengap, atau saat sedang makana dan minum. Dan saat itulah jika udara sedang menggandung virus Corona, maka bisa tertular Covid-19.

Kisah Nyata Penyintas Covid-19

Dan ini benar terjadi pada salah satu penyintas Covid-19 yang bercerita kepada kami. Sejak awal Covid-19 dia merupakan orang yang selalu menjaga protokol kesehatan secara ketat. Namun hingga pada suatu waktu yang mengharuskan dia untuk melakukan meeting di sebuah restoran dalam kondisi ruangan tertutup.

Segala peralatan dan protokol kesehatan sudah disiapkan dan dikenakan, mulai dari handsanitizer hingga masker yang paling aman. Bahkan dia memililih restoran yang juga sudah melaksanakan protocol kesehatan secara ketat.

Baca juga : Saat Divonis Positif Covid 19, Ini Yang Harus Dilakukan

Saat meeting tersebut diselingi dengan makan siang. Nah, saat itulah dia melepas maskernya untuk melakukan makan siang. Di sela-sela makan dia dengan koleganya saling berbicara. Selepas meeting,  koleganya merasa kondisi badannya sedikit ‘tidak enak badan’, yang sebenarnya sudah dirasakan sebelumnya.

Selang sehari setelah meeting tersebut, dia mulai merasakan demam. Dan akhirnya langsung saja memastikan kondisi kesehatan dengan melakukan Swab PCR Test. Dan ternyata dia terinfeksi Covid-19.  

Menjaga Kebersihan Udara Ruangan

Agar ruangan yang ditempati memiliki sirkulasi udara yang baik, sehingga tidak menimbulkan penyebaran Covid-19, maka perlu beberapa langkah berikut ini :

Untuk ruangan tidak ber-AC :

  • Pasang kipas angin jendela atau exhaust fan yang mengarah ke dalam ruangan, agar lebih banyak aliran udara yang masuk.
  • Buka jendela agar udara segar masuk ke dalam ruangan.
  • Agar udara bisa mengalir dengan baik, selain membuka jendela juga disarankan membuka pintu.
  • Jika ada sudut ruangan yang sirkulasi udaranya  kurang baik, bisa diletakkan alat air purifier.

Untuk ruangan ber-AC :

  • Nyalakan AC jauh lebih awal sebelum ruangan ditempati. Ini agar memberikan lebih banyak waktu untuk aliran udara segar bergerak.
  • Meskipun menggunakan AC, usahakan untuk mengatur agar bisa membuka jendela atau pintu. Ini agar terjadi aliran udara ke luar ruangan.
  • Menambahkan alat penyaring udara atau air purifier.

Bagi yang memerlukan layanan Covid-19 Test seperti Rapid Test, Swab Antigen atau Swab PCR, bisa menghubungi Homecare24 di nomor 0811 1513 437Homecare24 juga menyediakan layanan tes Swab Antigen dan PCR secara Drive Thru

Selain itu juga tersedia layanan perawatan kesehatan bagi yang positif Covid-19 dan harus menjalani isolasi mandiri. Homecare24 menyediakan layanan Corona Care.