jaga kesehatan saat pandemi Covid-19
February 17, 2021

Homecare24.id – Hampir satu tahun berlalu, namun pandemi Covid 19 di Indonesia belum juga selesai. Namun justru banyak yang sudah mulai abai dengan Covid 19. Padahal tingkat penularannya masih tinggi.

Data terakhir (16/2/2021) menyebutkan Indonesia mencapai rekor tertinggi Positive Rate harian, yaitu 38,34% . Padahal berdasarkan standar WHO (World Helath Organisation) tingkat penularan Covid 19 (positive rate) maksimal 5%.

Tindakan abai yang dilakukan masyarakat bisa jadi terpengaruh dari kebosanan di tengah pandemi yang tidak juga berakhir. Serta berbagai aktivitas yang perlahan sudah mulai normal kembali meski dalam kondisi dibatasi oleh peraturan protokol kesehatan.

Baca juga : Sudah Jaga Protokol Kesehatan, Kok Masih Kena Covid-19?

Tidak ada cara lain untuk mencegah penularan Covid 19 , selain dengan menjaga diri sendiri dengan melakukan berbagai hal yang bisa tetap menjaga kesehatan serta sistem imun tubuh. Menurut dr. Sarah selaku Medical Advisor Homecare24, untuk menjaga pola hidup sehat selama pandemi sebenarnya mudah dilakukan, bahkan di kondisi yang terbatas seperti sekarang ini. Menurutnya setidaknya ada 5 cara mudah yang bisa dilakukan, yaitu :

  1. Menjaga Kebersihan

Menurut dr. Sarah, menjaga kebersihan menjadi yang paling utama dalam membentuk pola hidup sehat. Dalam hal ini yaitu menjaga kebersihan diri dan kebersihan tempat tinggal. Terutama di masa pandemi Covid 19, di mana dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan tubuh dengan rajin mencuci tangan sabun dan air mengalir, serta menjaga kebersihan pakaian dan tubuh ketika ingin masuk ke rumah sehabis dari aktivitas di luar. Begitu juga anjuran memakai masker dan menjaga jarak yang menjadi bagian dari menjaga kebersihan dari penularan virus.

2. Jaga Pola Makan

Di tengah penyebaran virus yang masih tinggi, cara menangkalnya yaitu dengan menjaga system kekebalan tubuh. Salah satu caranya yaitu dengan menjaga pola makanan. Yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang sehat serta yang bisa meningkatkan imun tubuh. “Sebaiknya masak sendiri makanan yang ingin dikonsumsi, agar lebih terjamin kebersihannya. Andaikan harus membeli makanan di luar, maka pastikan kebersihan makanan tersebut” ujar dr. Sarah.

3. Lakukan Aktivitas Tubuh

Di tengah kondisi yang kini ‘terbatas’ akibat Covid 19, tetap harus melakukan aktivitas untuk menjaga kebugaran tubuh. Karen itu juga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan system imun tubuh. WHO (World Helath Organization) merekomendasikan harus melakukan aktivitas tubuh setidaknya 150 menit per minggu, untuk aktivitas fisik yang sedang. Atau setidaknya 75 menit per minggu jika melakukan aktivitas berat, seperti lari, bersepeda jarak jauh dan lainnya. “Atau bisa juga setidaknya 10–30 menit per hari” ujar dr. Sarah.

Baca juga : Hasil Swab Antigen / PCR Negatif, Kok Tetap Positif Covid-19?

Namun sebenarnya aktivitas yang dilakukan bisa menyesuaikan dengan kondisi yang ada sekarang ini. Misalnya bagi yang sedang Work From Home, bisa melakukan olahraga yang disesuiakan saat di rumah saja. Yaitu dengan cukup melakukan sederhana yang tetap melibatkan sistem pernafasan, sistem jantung dan paru-paru, termasuk penguatan otot. “Kita bisa menggunakan benda yang ada di sekitar untuk dijadikan alat beban, jadi tidak harus dengan menggunakan alat olaharaga yang sulit di dapat”. Selain itu juga bisa melalulan aktivitas sederhana, misalnya keliling berjalan di sekitar rumah atau taman, membersihakn rumah dan lainnya.

Ketika saat melakukan Work From Office, juga bisa tetap melakukan olahraga ringan dengan memanfaatkan benda di sekitar, misalnya bertumpu pada dinding untuk melakukan gerakan tubuh. Intinya yang tadinya sering ke fitness atau gym, jangan sampai momentum aktivitas fisik tersebut selama pandemi.

4. Cukup Istirahat

“Yang juga tidak boleh dilupakan untuk menjaga pola hidup sehat selama pandemi yaitu istirahat atau tidur yang cukup” ujar dr. Sarah. Ini karena kurang tidur atau mengalami gangguan tidur sudah terbukti dapat berpengaruh yang tidak baik bagi kondisi tubuh. Sehingga juga akan mengganggu aktivitas yang akan dilakukan keesokan harinya.

5. Jangan Lupakan Kesehatan Mental

Selain menjaga kesehatan tubuh, menurut dr. Sarah yang juga tidak boleh diabaikan yaitu memperhatikan kesehatan mental yang sama penting dengan kesehatan fisik. Bagaimana caranya? Lebih lanjut dr. Sarah menjelaskan caranya bisa dengan tetap berkomunikasi dengan keluarga meski hanya dengan cara chatting, menelpon atau video call. Selain itu juga bisa dengan dukungan dari orang terdekat, seperti keluarga, disaat diperlukan. Atau bisa juga dengan mendengarkan tokoh yang dipanuti.

Baca juga : Saat Divonis Positif Covid 19, Ini Yang Harus Dilakukan

Jadi, jangan lupa selalu melakukan menjaga kesehatan tubuh sebagai cara untuk mencegah penularan Covid 19. Namun jika dirasa mengalami gejala gangguan kesehatan, jangan tunda untuk memeriksakan diri ke layanan kesehatan terdekat. Atau Anda juga bisa tetap berada di rumah dan bisa melakukan pemeriksaan kesehatan.

Bagi yang memerlukan layanan Covid-19 Test seperti Rapid Test, Swab Antigen atau Swab PCR, bisa menghubungi Homecare24 di nomor 0811 1513 437Homecare24 juga menyediakan layanan tes Swab Antigen dan PCR secara Drive Thru . Selain itu juga tersedia layanan perawatan kesehatan bagi yang positif Covid-19 dan harus menjalani isolasi mandiri. Homecare24 menyediakan layanan Corona Care.