virus b117 virus corona covid 19
March 9, 2021

Meski lebih menular, virus B117 tetap bisa dicegah

Virus B117 akhirnya masuk juga ke Indonesia. Ini adalah virus Corona jenis baru hasil mutasi dari virus Corona sebelumnya. Virus jenis baru ini disebut lebih mudah menularkan.

Baca juga : Covid 19 di Indonesia, Sudahkah Membaik?

Virus B117 pertama kali ditemukan di Inggris pada September 2020. Dan dicurigai sebagai penyebab adanya peningkatan tajam kasus Covid 19 di Inggris saat itu. Kemudian varian virus baru ini pun telah menyebar ke lebih dari 70 negara. Dan akhirnya juga masuk ke Indonesia pada awal Maret 2021, tepat setahun Covid-19 di Indonesia.

Apa Bedanya virus Corona B117 ?

Ada beberapa perbedaan dan persamaan antara virus Corona jenis lama dengan virus B117 yang merupakan varian baru.

  • Lebih menular

Banyak peneliti yang sudah menyebutkan bahwa virus B117 ini lebih mudah menular. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa virus baru ini sekitar 50 persen lebih menular daripada virus aslinya.

  • Gejala lebih banyak batuk dan demam

Seperti dilansir dari New Scientist, gejala virus Corona B117 hampit sama dengan virus sebelumnya. Tapi dari bebeapa kasus yang terjadi lebih banyak penderita yang mengalami gejala batuk terus-menerus dan demam. Sedikit yang mengalami gejala anosmia atau kehilangan indra perasa atau penciuman.

  • Sedikit lebih mematikan

Berdasarkan beberapa studi, virus B117 sedikit lebih mematikan daripada varian lama. Tetapi dengan perawatan yang lebih baik, risiko bertambah parah bahkan kematian bisa dihindari.

  • Bisa disembuhkan dengan obat yang sama

Meski tergolong varian baru, Virus B117 bisa disembuhkan dengan cara penanganan dan obat-obatan yang digunakan untuk menyebuhkan Covid 19 selama ini.

  • Vaksin yang ada bisa mencegah, tapi…

Vaksin Covid 19 yang beredar saat ini disebut masih bisa menangkal virus Corona B117. Namun jika dibandingkan dengan melawan virus Corona varian yang lama, keampuhannya sedikit masih dibawah.

Studi menunjukkan bahwa vaksin yang ada saat ini memiliki efektivitas hingga 75% melawan virus Corona B.117, dibandingkan 84% jika melawan virus COvid 19 awal. Meski begitu ini maish jauh di atas standar efikasi minimum 50% yang direkomendasikan oleh WHO.

Baca juga : Mengalami Long Covid Setelah Sembuh, Bisa Pulih Sepenuhnya?

Cara agar tidak tertular virus Corona baru

Meski secara umum keganasan virus B117 hampir sebanding dengan virus varian awal, namun karena virus baru ini lebih menular, maka perlu ekstra waspada dan lebih memperketat protokol kesehatan.

  • Pakai masker dua lapis

Karena virus Corona B.117 lebih menular, jadi lebih baik juga lebih perketat jalan masuk penularan. Salah satunya dengan menggunakan masket dua lapis. Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC) menyarankan untuk memakai masker dua lapis masker untuk mengurangi risiko penularan. Pemakaian masker rangkap ini terutama jika berada di tempat penularan berisiko tinggi.

  • Lebih sering cuci tangan

Harus lebih ingat lagi, jika setiap memegang atau menyentuh berbagai benda yang menimbulkan risiko penularan, maka harus segera cuci tangan dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik. Bisa juga dengan hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol jika sabun dan air tidak tersedia.

  • Hindari kerumunan dan jaga jarak

Salah satu penyebabnya tingginya penularan adalah akibat kerumunan, apalagi yang tidak mengindahkan protokol kesehatan. Jadi lebih baik hindari dulu kumpul-kumpul yang tidak mendesak. Dan jika memang harus, usahakan untuk tetap menjaga jarak dan memakai masker.

  • Vaksinasi

Sebagai salah satu bagian upaya untuk mengurangi penularan, vaksinasi perlu dilakukan. Apalagi disebutkan vaksin saat ini sudah bisa melawan virus B117 meski tidak menjamin 100%.

Baca juga : Pandemi Covid-19 Masih Ada, Tetap Jaga Kesehatan Dengan 5 Cara Mudah Ini

Jadi, jangan lupa selalu melakukan menjaga kesehatan tubuh sebagai cara untuk mencegah penularan Covid 19. Namun jika dirasa mengalami gejala gangguan kesehatan, jangan tunda untuk memeriksakan diri ke layanan kesehatan terdekat. Atau Anda juga bisa tetap berada di rumah dan bisa melakukan pemeriksaan kesehatan.

Bagi yang memerlukan layanan Covid-19 Test seperti Rapid Test, Swab Antigen atau Swab PCR, bisa menghubungi Homecare24 di nomor 0811 1513 437Homecare24 juga menyediakan layanan tes Swab Antigen dan PCR secara Drive Thru . Selain itu juga tersedia layanan perawatan kesehatan bagi yang positif Covid-19 dan harus menjalani isolasi mandiri. Homecare24 menyediakan layanan Corona Care.