efek samping vaksin covid 19
March 16, 2021

Efek samping vaksin Covid 19 dirasakan oleh beberapa orang yang sudah melakukan vaksinasi. Namun apa yang disebut sebagai kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) ini dipastikan sebagai kejadian yang biasa.

Ada beragam efek samping vaksinasi Covid-19 yang bisa dialami oleh siapapun. Gejala tersebut seperti rasa nyeri di bekas suntikan, bengkak dan kemerahan di area suntikan, hingga demam dan sakit kepala.

Baca juga : Homecare24 Dukung Vaksin Gratis Untuk Lansia dan Pekerja Pariwisata

Kondisi itu, menurut Iris Rengganis, dokter spesialis penyakit dalam, seperti dikutip dari bisnis.com, efek samping vaksin Covid 19 ini bisa teramati 30 menit setelah selesai divaksin. Meski efek samping Covid 19 merupakan hal yang biasa, tapi juga perlu diwaspadai tingkat keparahan yang dialami.

Efek Samping Vaksin Covid 19 dan Cara Mengatasinya

Seperti dikutip dari bisnis.com, menurut dokter spesialis penyakit dalam di Stony Brook, New York, Sunitha Posina, berikut ini beberapa gejala dari efek samping vaksinasi Covid 19 dan cara mengatasinya agar gejala tidak bertambah parah.

  • Apabila meraksaan demam akibat efek samping vaksin, kondisi ini artinya tubuh sedang mengajari sistem imun atau kekebalan untuk mengenali dan menyerang virus. Namun, bila merasakan tidak demam, itu juga berarti kondisi tubuh juga tetap baik-baik saja dan vaksinasi yang dilakukan  berhasil pada tubuh Anda.
  • Apabila merasakan demam, cobalah minum obat acetaminophen (Tylenol). “Tidak ada data yang menunjukkan mengonsumsi acetaminophen setelah vaksin akan mengganggu respons kekebalan,” ujar Posina.

Baca juga : Tanya Jawab Vaksin Covid 19 , Update!

  • Untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri pada lengan otot area suntikan, Setelah selesai divaksin, gerakkan lengan untuk meningkatkan aliran darah dan melatih otot pada lengan itu. Dengan begitu dapat membantu mengurangi rasa sakit atau nyeri di area suntikan.
  • Begitupun untuk mengurangi pembengkakan di area suntikan, lakukan cara yang sama yaitu dengan menggerakkan lengan.
  • Atau bisa juga dengan cara mengompres lengan dengan kain yang sudah dibahasi dengan air dingin, untuk mengurangi pembengkakan.
  • Untuk mengurangi efek samping vaksin Covid 19 lainnya, setelah divaksin lebih baik beristirahat dan tidak melakukan aktivitas apapun. Selain itu tetap jaga tubuh agar tidak dehidarasi.

Jika Gejala Bertambah Parah

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), efek samping vaksin akan hilang dalam beberapa hari. Namun jika masih merasakan gejala bahkan bertambah parah, maka perlu dilakukan tindakan medis secepatnya. Karena bisa jadi itu bukan efek samping vaksin Covid 19 yang diharapkan dan membutuhkan perhatian medis.

  • Apabila kemerahan serta rasa nyeri di lengan semakin memburuk setelah 24 jam, segeralah berkonsultasi dengan dokter.
  • Selain itu jika mengalami demam tinggi hingga mencapau 39 derajat Celsius selama tiga hari berturut-turut, juga harus segera ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.
  • Begitu pun jika mengalami masalah pernapasan, nyeri dada, dan mengi (gejala dari gangguan pernapasan serius), maka berarti Anda membutuhkan pertolongan dokter sesegera mungkin.