Pendamping Lansia Juga Bisa Dapat Vaksinasi Duluan
March 26, 2021

Jumlah lansia yang sudah mendapatkan vaksinasi Covid 19 tidak sesuai harapan

Program vaksinasi Covid 19 masih terus berlangsung hingga saat ini dan ke depannya. Ini merupakan salah satu upaya untuk meredakan pandemi Covid 19 di Indonesia yang sudah berlangsung selama setahun lebih. Sejumlah kelompok masyarakat mendapatkan prioritas untuk mendapatkan vaksinasi Covid 19 lebih dulu. Diantaranya yaitu kelompok lansia. Ini karena mereka yang tergolong lansia lebih rentan untuk tertular Covid 19 dan juga lebih berisiko mengalami kondisi yang lebih buruk jika terinfeksi.

Namun sayangnya, ternyata jumlah lansia yang sudah mendapatkan vaksinasi Covid 19  masih jauh dari yang diharapkan. Menurut menteri kesehatan Budi Gunadi Sadikin, seperti yang dilansir dari detik.com,  jumlah lansia yang sudah mendapatkan vaksin Covid 19 masih jauh tertinggal dibandingkan kelompok masyarakat prioritas lainnya, seperti petugas pelayanan publik.

Baca juga : Ini Penyebab Setelah Vaksin Masih Bisa Tertular Covid 19

“Selain nakes, yang paling berisiko terinfeksi Covid 19 adalah orang di atas 60 tahun. Kalau orang yang muda, misalnya 100 yang kena, 100 orang tersebut bisa sembuh. Karena virus ini sebenarnya nggak terlalu fatal kaya Ebola atau HIV,” ujar Budi.

Masih menurutnya, ajakan vaksinasi Covid 19 pada lansia ternyata lebih sulit dibandingkan kelompok prioritas lain yang di usia 18-59 tahun. Padahal, kenapa kelompok lansia diprioritaskan karena termasuk orang yang berisiko tinggi fatal karena Covid 19. Tak sedikit pula dari mereka yang saat diajak, enggan untuk mendapatkan vaksin Covid 19

Anak Muda Sebagai Pendamping Bisa Dapat Vaksinasi

Untuk mengatasi hal ini, Menkes mengaku sudah menyiapkan strategi khusus. Yaitu akan segera mengeluarkan kebijakan baru agar jumlah lansia yang divaksinasi Covid 19 bisa ditingkatkan.

Baca juga : Mengalami Efek Samping Vaksin Covid 19? Ini Yang Harus Dilakukan!

“Saya nanti akan segera keluarkan kebijakan satu orang muda relawan boleh disuntik asal bawa dua orang tua. Karena orang tua juga susah diajaknya,” jelas Budi, seperti dikutip dari detik.com. Menkes meminta agar para anak muda meski tidak tergolong kelompok prioritas, bisa membantu para lansia dibantu untuk segera mendapatkan vaksinasi Covid 19. Dan sebagai imbalannya, pendamping tersebut bisa juga sekalian mendapatkan suntik vaksin.

Namun Menkes belum menjelaskan secara detil dari kebijakan barunya tersebut. Termasuk  belum memberikan keterangan kapan kebijakan tersebut akan mulai dilaksanakan. “Peraturan pendukung akan sedang dirumuskan oleh Menkes dan petunjuk teknisnya akan segera diumumkan,” ujar Juru Bicara Pemerintah Soal Covid 19 , dr Reisa Broto Asmoro.