positif covid 19 kedua kali
April 6, 2021

Terbukti! Muncul kasus positif Covid 19 untuk kedua kalinya

Presenter ternama Ananda Omesh positif Covid 19 untuk yang kedua kali. Kabar ini tentu menjadi hal yang tidak terduga sebelumnya. Karena selama ini banyak yang berasumsi jika sudah pernah terkena Covid 19 maka tubuh sudah kebal dan tidak akan tertular lagi. Namun kenyataannya justru sebaliknya.

Padahal bagi mereka yang sudah sembuh dari Covid 19 akan merasa lega. Selain karena kondisi tubuh kembali sehat, berdasarkan cerita para penyintas Covid 19, selama menderita sakit dan berusaha melawan virus ini, merupakan pengalaman yang tidak mengenakan. Jadi sebisa mungkin lebih baik mencegah agar tidak tertular Covid 19.

Kok Bisa Tertular Covid 19 Kedua Kali?

Sebenarnya sudah dari lama ada himbauan bahwa bagi para penyintas Covid 19 untuk tetap menjaga kesehatan dan protokol kesehatan. Ini karena ketika mereka sudah sembuh, bukan berarti mereka otomatis menjadi kebal terhadap Covid 19.

Mereka yang sudah pernah terinfeksi, masih memiliki peluang yang sama untuk tertular kembali. Hal inilah yang disebut dengan reinfeksi Covid 19. Dan kasus Ananda Omesh bukan merupakan kasus reinfeksi Covid 19 yang pertama kali, sudah ada kasus lain yang terjadi sebelumnya.

Baca juga : Ini Penyebab Setelah Vaksin Masih Bisa Tertular Covid 19

Reinfeksi Covid 19 memang menimbulkan kebingungan. Lantaran selama ini muncul asumsi jika sudah pernah terinfeksi Covid 19 maka tubuh akan membentuk antibodi untuk melawan virus Corona.  

Hingga akhirnya muncul berbagai pertanyaan, apa sebabnya setelah sembuh dari Covid-19 bisa tertular lagi? Seberapa kebal tubuh setelah pernah terinfeksi Covid-19? Apakah bila terinfeksi lagi maka akan semakin parah ?

  • Sebab tertular Covid 19 kedua kali

Jika melihat dari kasus positif Covid 19 kedua kali yang dialami Ananda Omesh, itu ternyata disebabkan karena saat terinfeksi pertama kali, tubuh pasien tidak mengembangkan respons antibodi yang baik. Sehingga tingkat kekebalan yang terbentuk ternyata tidak terlalu ampuh untuk melawan serangan Covid 19 yang kedua kali.

  • Lamanya antibodi bertahan

Memang jika tubuh sudah pernah terinfeksi virus, maka secara otomatis akan membentuk antibodi sebagai sistem kekebalan tubuh. Bukti menunjukkan 95% orang akan menghasilkan antibodi dua minggu setelah terkena Covid-19.

Namun  antibodi ini dapat berkurang seiring berjalannya waktu. Antibodi yang berperan penting dalam sistem imun tubuh diperkirakan tidak akan bertahan hingga tahunan. Beberapa studi menunjukkan tingkat antibodi turun dalam beberapa bulan setelah infeksi positif Covid 19. Berdasarkan jurnal terbaru, antibodi orang yang pernah kena COVID-19 bisa berkurang dalam kurun waktu enam bulan. Setelah enam bulan, apa peyintas bisa terinfeksi virus corona lagi? Jawabannya, bisa saja!.

  • Positif Covid 19 kedua kali lebih parah?

Seperti dilansir dari Washington Post, keparahan infeksi Covid 19 kedua kali disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kualitas antibodi yang terbentuk, mutasi virus yang menyebabkan infeksi kedua, tingkat kesehatan penyintas dan lainnya.

Dan memang beberapa kasus, salah satunya yang dialami Ananda Omesh, saat positif Covid 19 yang kedua kali dapat merasakan gejala yang lebih buruk.

Baca juga : Cara Mengetahui Antibodi Yang Terbentuk Setelah Vaksin Covid-19

Gejala Reinfeksi Covid 19

Gejala reinfeksi atau infeksi kedua Covid 19 bervariasi, mulai dari tanpa gejala hingga gejala berat, bahkan ada yang sampai meninggal. Hampir separuh (41,67%) dari semua kasus reinfeksi Covid 19 mengalami gejala yang lebih berat pada infeksi kedua. Hanya 16,67% di antaranya yang mengalami gejala yang lebih ringan pada infeksi kedua. 20,83% kasus reinfeksi menunjukkan keparahan gejala yang sama antara infeksi pertama dan kedua. Sayangnya terdapat 20,83% kasus yang tidak memiliki data mengenai gejalanya.

Adanya kasus reinfeksi mengindikasikan bahwa kita tidak dapat bergantung pada imunitas alami. Meskipun terdapat mutasi pada virus Corona yang terdeteksi pada kasus reinfeksi, bukti ilmiah sejauh ini menunjukkan bahwa vaksin-vaksin yang dikembangkan masih bisa memberikan perlindungan terhadap semua varian yang ada saat ini.

Baca juga : Bahaya Virus B117 Covid 19 Baru, Ini Caranya Agar Tidak Tertular!

Agar tidak terkena reinfeksi Covid 19

Beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak terkena positif Covid 19 kedua kali, khususnya bagi para penyintas atau mereka yang sudah sembuh dari Covid 19, antara lain yaitu :

• Jangan lagi berasumsi jika setelah menjadi penyintas Covid 19 maka otomatis sudah kebal. Reinfeksi Covid 19 adalah nyata adanya dan dapat terjadi pada siapa saja.

• Tetap menerapkan 5M (Memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas) dan protokol VDJ (Ventilasi, Durasi, Jarak) secara konsisten di manapun, kapanpun, dan saat sedang melakukan kegiatan apapun

• Segera memeriksakan diri ke dokter apabila merasakan gejala kembali setelah dinyatakan sembuh.