7 Hal Penting Selama Ramadhan 2021 Agar Tubuh Tetap Sehat
April 12, 2021

Menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa bisa dengan mudah dilakukan.

Ramadhan 2021 menjadi momen yang paling ditunggu karena terasa berbeda dari bulan-bulan lainnya. Selain harus melakukan puasa seharian penuh bagi kaum muslimin, juga menjadi momen untuk meningkatkan ibadah karena ganjarannya berlipat.

Jangan sampai momen Ramadhan 2021 yang berharga ini lewat dengan sia-sia akibat kondisi kesehatan tubuh yang terganggu. Terlebih lagi Ramadhan saat ini masih belum bisa terbebas sepenuhnya dari pandemi Covid-19.      

Jadi penting untuk memperhatikan berbagai hal penting agar kesehatan tubuh tetap terjaga dan bisa beraktivitas dan beribadah dengan lancar selama Ramadhan 2021.

Agar tubuh sehat selama Ramadhan 2021

Setidaknya ada 7 hal yang penting diperhatikan dan mudah dilakukan, agar tubuh tetap sehat. Dengan begitu bisa beraktivitas dan beribadah dengan lancar selama Ramadhan 2021.

  1. Cek kondisi kesehatan tubuh

Agar ibadah puasa selama bulan Ramadhan bisa berjalan dengan lancar, penting untuk  selalu menjaga kesehatan tubuh. Perlu untuk mengetahui apakah ada gangguan kesehatan yang harus diperhatikan.

Salah satu cara untuk mengetahuinya yaitu dengan konsultasi ke dokter dan jika perlu lakukan cek sampel tubuh melalui tes laboratorium atau Lab Test. Ini karena dengan melakukan Lab  Test bisa mendapatkan hasil pemeriksaan yang akurat. 

Baca juga : Pandemi Covid-19 Masih Ada, Tetap Jaga Kesehatan Dengan 5 Cara Mudah Ini

Anda bisa memanfaatkan layanan Dokter dan juga Lab Test yang disediakankan Homecare24. Anda bisa melakukan konsultasi dokter yang datang ke rumah atau melalui telekonsultasi secara online. Selain itu bisa melakukan pemeriksaan Lab Test dengan pengambilan sampel tubuh untuk tes bisa dilakukan di rumah, lalu sampel akan diperiksa di laboratorium.

  1. Atur Menu Makanan Sehat

Berbuka puasa dan sahur menjadi momen penting selama bulan Ramadhan, terutama untuk mereka yang berpuasa. Jadi penting pula untuk memerhatikan menu makanan sehat yang akan disantap.

Seperti dengan rutin mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Ini untuk memperlancar proses pencernaan dan mengurangi jumlah racun sehingga pencernaan menjadi bersih. Hindari makan-makanan pedas dan asam, agar tidak terjadi masalah pencernaan atau lambung selama berpuasa.

Juga kurangi mengkonsumsi makanan manis, yaitu makanan yang mengandung banyak gula dan tinggi kadar lemak, misanya soda, es krim, brownies, coklat, permen dan sejenisnya. Makanan manis bisa menimbulkan kenaikan kadar gula di dalam tubuh secara tiba-tiba, yang bisa berefek tubuh akan cepat lemas dan lesu.Jangan lupa untuk rajin minum air putih setelah berbuka hingga menjelang sahur. Ini berguna untuk membantu menjaga agar metabolisme tetap lancar dan tubuh terhidrasi dengan baik.

  1. Jaga Pola Makan

Akibat berpuasa selama seharian, bagi sebagian orang ada yang melakukan ‘balas dendam’. Misalnya dengan menyantap makanan dan minuman berlebih saat berbuka. Akibatnya bisa mengakibatkan kekenyangan dan bisa mengganggu pencernaan yang bisa menimbulkan sakit.

Baca juga : Kesehatan Perempuan Lebih Baik Dibandingkan Pria, Ini Buktinya!

Atau ada juga yang masih mengonsumsi makanan menjelang malam waktu tidur atau lebih senang mengonsumsi makanan dengan karbo tinggi atau makan yang mengandung lemak berlebih. Apalagi jika ditambah dengan merokok dan mengonsumsi minuman berkafein yang berlebih.
Pola seperti ini tidak sehat dilakukan selama bulan puasa. Jangan rusak puasa yang sebenarnya bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat , dengan pola makan dan hidup yang salah. Tetap jaga pola makan dengan sehat dan benar, baik itu saat berbuka puasa maupun sahur. Justru bulan puasa ini dijadikan momen untuk mengubah pola hidup yang tidak atau kurang sehat ke yang lebih sehat.

  1. Tambah Dengan Asupan Vitamin C

Daya tahan tubuh menjadi salah satu faktor penting agar dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar selama Ramadhan. Terlebih di masa pandemic Covid 19 yang belum berakhit. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga imun tubuh yaitu dengan mengonsumsi vitamin C. Tentunya harus vitamin C berkualitas tinggi dan dengan dosisi yang benar. Ini bisa Anda dapatkan melalui layanan Suntik Vitamin C yang disediakan oleh Homecare24.

  1. Istirahat Yang Cukup

Selama bulan Ramadhan bisa jadi bagi sebagian orang waktu tidur agak berubah. Ini karena harus melakukan makan sahur sebelum waktu subuh. Untuk itu perlu untuk mengatur waktu istirahat dengan baik. Salah satunya jangan tidur terlalu larut malam apalagi sampai bergadang, agar durasi tidur bisa tetap terjaga. Ini tidak lepas dari manfaat tidur yang cukup bagi kesehatan, diantaranya yaitu membuat tubuh menjadi lebih bugar, terhindar dari stress dan penting bagi regenerasi sel-sel tubuh yang rusak atau sakit. Jika memungkinkan bisa juga dengan melakukan tidur siang sesaat, sekitar 1 jam, untuk menjaga kebugaran tubuh saat siang hari.

  1. Tetap berolahraga

Selama bulan Ramadhan ini usahakan tetap melakukan olahraga. Memang olahraga yang dilakukan akan berbeda dengan hari-hari di luar bulan Ramadhan. Ada penyesuaian waktu dan intensitas kegiatan supaya tidak mengganggu puasa.

Misalnya cukup dengan melakukan olahraga ringan, misalnya berjalan santai, atau naik turun tangga di dalam rumah. Ini berguna untuk menjaga agar sistem peredaran darah pernafasan dan jantung  tetap berfungsi dengan baik selama puasa. Olahraga ringan ini bisa dilakukan menjelang berbuka puasa atau saat malam hari.

  1. Tetap Jaga Protokol Kesehatan 5M

Menjaga protokol kesehatan juga tak kalah penting untuk dilakukan selama momen Ramadhan 2021 ini,  terutama saat pandemi Covid 19 belum berakhir hingga saat ini. Jangan sampai ibadah selama bulan Ramadhan jadi terganggu akibat terpapar Covid 19. Jadi tetap lakukan 5M : Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan, Menghindari kerumunan dan Membatasi mobilitas, sebagaimana dianjurkan oleh Kemenkes RI.  

Untuk bisa tetap menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah di bulan Ramadhan 2021, Anda bisa memanfaatkan berbagai layanan kesehatan datang ke rumah dari Homecare24. Cukup dengan mengahubungi Care Center untuk info selengkapnya dan pemesanan.