makanan sehat berbuka puasa dan sahur
April 14, 2021

Saat buka puasa dan sahur menjadi momen penting saat menjalani ibadah puasa selama bulan Ramadhan. Setelah seharian perut kosong karena menahan lapar dan haus, saat berbuka puasa menjadi momen yang ditunggu-tunggu untuk bisa mengonsumsi makannan dan minuman. Sedangkan saat sahur menjadi momen untuk mempersiakan energi untuk puasa seharian, dengan mengonsumsi makanan dan minum saat sebelum subuh.

Untuk itu penting untuk memerhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi saat buka puasa maupun sahur. Ini karena akan sangat berpengaruh pada kondisi tubuh. Jangan sampai sembarangan mengonsumsi makanan dan minuman yang nantinya malah bisa mengganggu aktivitas selama Ramadhan karena mengalami gangguan kesehatan.

Baca juga : 7 Hal Penting Selama Ramadhan 2021 Agar Tubuh Tetap Sehat

Seperti dikutip dari PAPDI (Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam), dr. Edy Rizal Wahyudi, SpPD, KGer, FINASIM dari Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, memberikan tips beberapa jenis makanan dan minuman yang baik dan tidak baik dikonsumsi saat buka puasa dan sahur.

Yang Sehat Untuk Dikonsumsi Saat Berbuka dan Sahur :

Ada beberapa jenis makanan dan minum yang baik untuk dikonsumsi saat berbuka puasa dan juga sahur, antara lain :

  • Saat berbuka puasa dianjurkan untuk makan kurma. Ini karena mengandung gula serat, karbohidrat, kalium dan magnesium, yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh yang hilang selama puasa.
  • Mengonsumsi buah pisang saat berbuka juga baik bagi tubuh. Sebab pisang merupakan sumber kalium, magnesium dan karbohidrat, yang baik untuk nutrisi tubuh.
  • Mengonsumsi air putih atau jus buah saat berbuka puasa hingga sebelum tidur juga duanjurkan. Ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, sehingga bisa dalam lancar beraktivitas esok harinya.
  • Saat sahur, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang lambat dicerna dan memiliki serat yang tinggi. Contohnya gandum, padi-padian, kacang-kacangan, biji-bijian, nasi merah. Ini bisa membuat perut bisa terasa kenyang lebih lama.

Baca juga : Pandemi Covid-19 Masih Ada, Tetap Jaga Kesehatan Dengan 5 Cara Mudah Ini

Yang Harus Dihindari Untuk Dikonsumsi :

Ada beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi saat berbuka dan juga sahur, antara lain :

  • Batasi makanan yang digoreng saat berbuka. Ini karena dapat meningkatkan sel-sel lemak dalam tubuh. Makanan yang berminyak bisa berbahaya bagi yang sudah di usia lanjut, karena cenderung memiliki keluhan penyakit yang disebabkan lemak, seperti penyakit jantung, jantung koroner, hipertensi dan lainnya.
  • Hindari terlalu banyak minum es saat berbuka. Ini karena membuat lebih cepat kenyang, sehingga membuat asupan makanan bergizi akan menurun karena tidak bisa masuk dalam tubuh.
  • Saat sahur usahakan untuk membatasi asupan teh dan kopi. Pasalnya, kopi dan the membuat metabolisme tubuh berjalan cepat, sehingga cepat mendatangkan rasa haus meski tak terdehidrasi.
  • Batasi makanan yang lebih cepat dicerna, seperti gula, saat sahur. Ini bisa cepat mendatangkan rasa haus saat menjalani puasa.

Untuk bisa tetap menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah di bulan Ramadhan 2021, Anda bisa memanfaatkan berbagai layanan kesehatan datang ke rumah dari Homecare24. Cukup dengan menghubungi Care Center di 0811 1513 437 untuk info selengkapnya dan pemesanan.