Sudah 2 Kali Divaksin Covid 19, Masih Bisa Tertular
April 26, 2021

Meski sudah divaksin Covid 19, tidak menjamin 100% kebal 

Selama ini masih ada anggapan jika sudah divaksin covid 19 secara lengkap atau sudah divaksin dua kali, maka tubuh akan kebal terhadap penularan. Akibatnya masih banyak mereka yang tidak mematuhi protokol secara ketat, karena merasa sudah divaksin. Padahal juga sudah diimbau bahwa vaksin tidak menjamin 100% mencegah penularan Covid 19.

Dan ternyata benar adanya. Ini terbukti dengan terjadinya sejumlah kasus penularan Covid 19 yang terjadi pada mereka yang sudah divaksin Covid 19 secara lengkap.      

Seperti yang terjadi pada Atalia Praratya, istri Gubernur Jabar Ridwan Kamil, yang belum lama ini terkonfirmasi positif Covid-19. Padahal, Atalia sudah menjalani vaksinasi dua kali dan selama ini ia aktif dalam menerapkan protokol kesehatan. Atalia mengungkapkan, ia termasuk orang tanpa gejala (OTG) saat terinfeksi Covid 19. 

Baca juga : Ini Penyebab Positif Covid 19 Kedua Kali Meski Sudah Pernah Sembuh

Kasus lainnya terjadi pada Wakil Gubernur NTB, Siti Rohmi Djalillah dan suami, Muhammad Khaerul Rizal, yang juga merupakan anggota DPRD NTB. Keduanya terkonnfirmasi positif Covid-19 meskipun telah dua kali menerima vaksin Sinovac. Keduanya juga berstatus orang tanpa gejala atau OTG ketika terpapar Covid-19.

Hal yang sama juga terjadi pada Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah, yang dinyatakan positif Covid-19 meski diketahui telah mendapatkan dua kali suntikan vaksin Sinovac. Selain itu Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir juga terinfeksi Covid-19, padahal sudah dua kali divaksin Covid 19. Dony berstatus tanpa gejala dan tetap harus menjalani isolasi.

Sudah Divaksin, Tidak Kebal? Ini Penjelasannya!

Terkait dengan banyaknya terjadi kasus tertular meski sudah divaksin Covid 19 dua kali, juru bicara vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, mengatakan, seseorang yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19 sebanyak dua kali atau dua dosis masih bisa terjangkit Covid-19. Sebab, vaksin tidak bisa melindungi manusia dari paparan Covid-19. “Jadi kita tahu walaupun sudah divaksin, vaksin ini tidak menyebabkan kita tidak menjadi tertular,” katanya.

Hal ini menguatkan pernyataan dr. Adam Prabata yang di akun media sosialnya mengatakan bahwa vaksin Sinovac belum ada  bukti dan belum diketahui efektivitasnya dan beluuntuk mencegah terinfeksi Covid-19. Ini berarti Orang yang telah diberi vaksin Sinovac tetap berisiko terinfeksi Covid19. Seperti diketahui program vaksinasi yang dilakukan di Indonesia, masih menggunakan vaksin Sinovac.

Baca juga : Cara Mengetahui Antibodi Yang Terbentuk Setelah Vaksin Covid-19

Meski tidak mencegah penularan, namun vaksinasi Covid-19 bisa menurunkan risiko sakit saat terinfeksi. Hal ini juga dijelaskan oleh Siti Nadia Tarmizi, bahwa vaksinasi Covid 19 bisa menurunkan risiko untuk sakit, namun tidak melindungi penularannya. “Ini karena vaksin memunculkan antibodi di dalam tubuh seseorang yang sudah divaksin.” ujarnya. Lebih lanjut dia menjelaskan antibodi akan bekerja setelah virus masuk ke dalam tubuh, waktu tubuh diserang, maka ‘bala tentara’ antibodi akan melawan. “Itulah kenapa vaksin dikatakan mencegah kita dari sakit, walupun sakit tidak parah,” jelas Nadia.

Dan terkait vaksin Sinovac yang digunakan pada program vaksinasi Covid 19 di Indonesia, dr Adam Prabata memarkan bahwa vaksin buatan Cina ini memiliki kemampuan : 

  • 67% mencegah Covid-19 bergejala
  • 85% mencegah rawat inap akibat Covid 19
  • 89% mencegah masuk ICU karena Covid19
  • 80% mencegah kematian karena Covid-19

Jadi, melindungi diri dari penularan Covid-19 tetap penting dilakukan, yaitu dengan mematuhi protokol kesehatan secara maksimal. Dan jika perlu, bisa juga yang sudah divaksin Covid 19 melakukan pengecekan kadar antibodi di dalam tubuh yang sudah terbentuk, dengan melakukan Tes Antibodi Kuantitatif. 

Homecare24 menyediakan layanan Tes Antibodi Kuantitatif dan juga Tes Covid-19 (PCR/Antigent) bagi Anda yang membutuhkan. Cukup dengan menghubungi Care Center di 0811 1513 437 untuk info selengkapnya dan pemesanan.