covid 19 di kantor
April 27, 2021

Sebaiknya tetap lakukan Work From Home untuk menghindari penularan Covid-19

Belum lama ini Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta merilis data yang menunjukan kenaikan angka jumlah orang yang tertular Covid 19 di kantor. Klaster perkantoran ini terjadi hanya dalam waktu seminggu.

Pada 5-11 April 2021 tercatat ada 157 orang yang terpapar Covid 19 di kantor, dan itu terjadi di 78 perkantoran. Kemudian pada 12-18 April 2021, jumlah karyawan kantor yang terinfeksi meningkat menjadi 425 dari 177 perkantoran. Yang lebih mencengangkan, sebagian besar kasus Covid-19 di kantor terjadi pada perkantoran yang sudah menerima vaksinasi Covid-19.

Kasus ini sekaligus membuktikan bahwa meski sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 lengkap, tidak menjamin tubuh akan kebal terhadap penularan.

Baca juga : Sudah 2 Kali Divaksin Covid 19 Masih Bisa Tertular, Ini Penyebabnya!

Cara Cegah Penularan Covid 19 di Kantor dari Diri Sendiri

Agar penularan Covid 19 di kantor tidak semakin bertambah, perlu dilakukan tindakan pencegahan. Setidaknya dimulai dari diri sendiri, setelah itu juga perlu adanya kesadaran dari orang lain sesama karyawan, terutama orang yang berada di sekitar kita. Beberapa cara atau protokol kesehatan yang penting untuk dilakukan antara lain yaitu :

1. Gunakan Masker

Jika memang tetap harus beraktivitas di luar apalagi di lokasi keramaian, sebaiknya gunakan masker yang aman yang bisa mencegah penularan virus corona. Selain itu sebaiknya juga tetap gunakan masker ketika sedang berhadapan dengan orang lain yang sedang mengalami flu, batuk, bersin.

2. Cuci Tangan Yang Benar

Pastikan selalu mencuci tangan saat ingin makan atau sehabis dari tempat umum. Saat mencuci tangan, lakukanlah dengan benar agar benar-benar bersih. Karena jika tidak, kuman atau virus bisa saja belum mati. Caranya yaitu tidak hanya membersihkan bagian telapak tangan, tapi juga bagian belakang tangan, sela-sela jari, bagian bawah kuku hingga lengan tangan.

3. Hindari Menyentuh Wajah

Terkadang secara tidak sadar kita sering menyentuh bagian wajah. Mulai sekarang segera hindari terlebih jika kondisi tangan tidak higienis. Jadi jika ingin menyentuh bagian wajah, pastikan cuci dulu tangan dengan bersih menggunakan sabun antiseptik dan air.

4. Jauhi Keramaian

Jika memungkinkan, hindari dulu pergi ke tempat keramaian jika tidak dalam kebutuhan yang mendesak. Karena tidak bisa dipastikan apakah orang-orang yang berada di keramaian tersebut terbebas dari virus corona atau tidak.

Baca juga : Ini Penyebab Positif Covid 19 Kedua Kali Meski Sudah Pernah Sembuh

5. Gunakan Peralatan Sendiri

Usahakan untuk menggunakan peralatan milik sendiri untuk kebutuhan sendiri. Misalnya piring, sendok, gelas hingga handuk. Karena peralatan tersebut yang sering bersentuhan dengan mulut, hidung, mata yang merupakan jalan masuk virus corona untuk menginfeksi tubuh.

6. Hindari Menyentuh dengan Tangan

Saat berada di ruang publik, jika memungkinkan usahakan untuk tidak menyentuh benda-benda di sekitar dengan tangan. Misalnya saat ingin menekan tombol lift di kantor, bisa menggunakan benda perantara seperti pulpen atau lainnya. Ini karena virus corona bisa bertahan hingga 24 jam di sebuah benda.

7. Sediakan Selalu Cairan Antiseptik/Hand Sanitizer

Penting juga untuk selalu membawa cairan antiseptik atau hand sanitizer kemasan terutama saat bepergian. Karena kalau kita menyentuh berbagai fasilitas publik, maka bisa langsung membersihkan atau mengurangi kuman yang mungkin saja menempel pada tangan setelah memegang berbagai fasilitas umum.

8. Ganti Masker

Jika menggunakan masker bedah, yaitu masker yang tidak bisa dicuci dan dipakai ulang, sebaiknya segera buang masker jika sudah tidak bersih. Ini karena bakteri bisa berkembang di masker jika dipakai berulang kali, apalagi dalam jangka waktu yang lama. Selain itu juga perhatikan cara menggunakan dan mencopot masker. Jangan menyentuh bagian luar masker yang bisa saja mengandung kuman. Jika terlanjut menyentuhnya, segera cuci tangan dengan benar.

Cara Cegah Penularan Covid 19 Sesama Karyawan di Kantor

Agar penularan Covid 19 di kantor bisa dihindari, juga perlu kesadaran dari sesama karyawan atau  orang-orang di sekitar untuk melakukan tindakan pencegahan. Yang penting untuk dilakukan antara lain yaitu :

  • Tetap patuhi protokol kesehatan secara ketat.
  • Jaga tempat kerja tetap bersih dan higienis.
  • Sediakan hand sanitizer atau cairan cuci tangan.
  • Rutin mencuci tangan dengan benar.
  • Usahakan membersihkan fasilitas umum untuk menghilangkan kuman yang menempel.
  • Tetap jaga jarak dan jauhi kerumunan antar sesame karyawan.
  • Imbau teman kerja yang sakit untuk beristirahat di rumah
  • Usahakan melakukan Work  From Home, ini lebih baik untuk menghindari penularan.
  • Perhatikan  peringatan dan imbauan dari pemerintah terkait pencegahan penularan Covid-19 terutama untuk area perkantoran.
  • Segera lakukan tes, jika ada teman sekantor atua seruangan yang terpapar Covid-19.

Homecare24 menyediakan layanan Tes Covid-19 (antigen & PCR) yang bisa dipanggil ke rumah/kantor, atau bisa dilakukan secara drive-thru. Cukup dengan menghubungi Care Center di 0811 1513 437 untuk info selengkapnya dan pemesanan.