gejala covid 19
June 7, 2021

Pandemi Covid 19 masih belum selesai. Namun masyarakat belakangan ini terlihat makin lalai dengan gejala Covid 19. Padahal risiko tertular virus Corona masih mengintai. Bahkan terkadang ada yang abai meski sudah merasakan gejala. Kondisi tentu sangat berbahaya karena tand disadari bisa menularkan ke orang lain.

Gejala Yang Tidak Disadari

Gejala tidak disadari karena gejala yang dirasakan mirip dengan penyakit pada umumnya, seperti demam, batuk, sakit tenggorokan, sesak napas dan lainya. Saat seseorang sudah terinfeksi virus Corona, gejalnya bisa muncul sejak hari pertama.

Namun, seringkali orang tidak sadar jika sedang terinfeksi Covid-19. Padahal sebenarnya gejala yang muncul masih bisa dikenali, sehingga bisa ditangani dengan tepat. “Kebanyakan orang yang mengidap virus Corona memiliki kasus infeksi yang tidak rumit, dan itu bisa dibedakan dari flu biasa atau flu karena COVID-19,” kata pakar penyakit menular sekaligus peneliti senior di John Hopkins Center for Health Security Dr Amesh A Adalja, MD, sebagaiman dilansir dari detik.com.

Baca juga : Kapan Pandemi Covid 19 di Indonesia Akan Selesai ?

Berikut ini beberapa gejala yang sering tidak disadari karena mirip dengan dengan gejala flu biasa, namun sebenarnya masih bisa dibedakan.

1. Flu berat

Gejala yang sering dirasakan pasien Covid 19 adalah flu. Tetapi, gejala flu karena Covid-19 seringkali sulit dibedakan dengan flu biasa, namun, tetap bisa diketahui. Flu biasa biasanya tidak diikuti gejala lain seperti sesak napas, sakit kepala parah, dan lainnya. Beda dengan flu sebagai tanda Covid 19, yang biasanya akan disertai dengan gejala lain.

Selain flu, gejala lain karena Covid 19 yang biasa muncul, antara lain yaitu : demam, kedinginan, batuk, sesak napas, kelelahan, nyeri otot, sakit kepala, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, diare, serta gangguan pada indra perasa dan penciuman

2. Gangguan indra penciuman dan perasa

Hilangnya kemampuan untuk merasakan bau pada hidung dan rasa pada lidah atau disebut Anosmia,  menjadi ciri utama kalau terinfeksi Covid-19. Namun gejala yang satu ini sering tidak disadari, kehilangan indra penciuman dan pernapasan juga bisa dialami saat seseorang pilek, flu, infeksi sinus, atau alergi. Apalagi tidak semua orang mengalami gejala hilang penciuman dan perasa. Selain itu bagi sebagian pasien Covid-19 juga masih bisa merakan gejala ini meski sudah pulih.

3. Sesak Napas

Jika merasa sesak, bisa jadi itu salah satu gejala tertular Covid 19. Ini bisa menjadi tanda adanya peradangan di paru-paru yang memang Covid 19 sering menyerang organ pernapasan.

Gejala ini harus segera diketahui dan dilakukan tindakan. Karena jika tidak, maka dikhawatirkan akan bertambah parah. Sebagaimana kebanyakan pasein yang bertambah parah atau meninggal akibat bagian paru-parunya sudah terlanjur diserang virus Corona dengan parah. Biasanya salah satu cara penanggulangannya dengan diberikan bantuan pernapasan melalui tabung oksigen.

Baca juga : Gawat! 4 Varian Baru Covid 19 Lebih Ganas Sudah Masuk ke Indonesia

4. Batuk berkepanjangan

Gejala lain yang sering tidak disadari atau diabaikan adalah batuk kering yang berkepanjangan, tanpa dahak ataupun lendir. Berdasarkan data CDC, sebanyak 43 persen orang yang mengidap COVID-19 masih mengalami batuk. Gejala ini bisa berlangsung selama 14-21 hari setelah positif COVID-19.

5. Merasa sangat lelah

Jika tubuh merasa sering sangat lelah, itu juga termasuk gejala yang tidak disadari. Bahkan kelelahan ini termasuk salah satu efek jangka panjang yang masih bisa dirasakan setelah seseorang sembuh dari Covid 19. Sebuah studi mengungkapkan bahwa sebanyak 53 persen pasien mengalami kelelahan sekitar 60 hari. Ini terjadi setelah mereka pertama kali menunjukkan tanda-tanda Covid-19.

Berbagai gejala tersebut, biasanya juga bisa diikuti oleh gejala lainnya, seperti demam tinggi, kedinginan, nyeri otot, sakit kepala, sakit tenggorokan, hidung tersumbat atau berair, mual atau muntah dan diare

Gejala Covid-19 Yang Paling Sering Diderita

Gejala 19 yang muncul memang bisa beragam. Mulai dari gejala ringan, sedang, hingga berat yang muncul perlahan-lahan. Menurut Satgas Covid-19, seseorang biasanya membutuhkan waktu paling lama 14 hari untuk merasakan gejala sejak pertama kali terinfeksi virus Corona.

Makanya biasanya orang yang dinilai berisiko tertular Covid-19, misalnya setelah berpergian ke luar, harus melakukan karantina selama 14 hari. Atau bagi yang setelah melakukan mudik atau pergi ke luar kota, maka disarankan untuk melakukan karantina selama 5 hari.

Menurut Satgas Covid-19, gejala awal yang umum muncul antara lain yaitu demam, rasa lelah, dan batuk kering. Namun, ada pula pasien yang mengalami rasa nyeri, pilek, sakit tenggorokan, dan diare.

Lalu, gejala apa yang paling sering diderita oleh pasien Covid 19 selama ini ? Berdasarkan penelitian pada 2020 yang Medical News, gejala umum yang paling sering di derita pasien antara lain yaitu :

  1. Kelelahan                 : 68,3 %
  2. Hilang penciuman dan mengecap: 64,4 %
  3. Batuk kering             : 60,4 %
  4. Demam                      : 55,5 %
  5. Nyeri otot                   : 44,6 %
  6. Sakit kepala              : 42,6 %
  7. Sesak napas             : 41,1 %
  8. Sakit tenggorokan   : 31,2 %

Cara Cegah Penularan Covid 19

Selain pasien yang bergejala, ada pula pasien Covid-19 yang menunjukan gejala amat minim, atau tidak bergejala sama sekali. Jadi jika dinilai memiliki risiko tertular Covid 19, maka setidaknya harus melakukan beberapa langkah ini : 

  • Lakukan karantina sendiri di rumah
  • Tetap jaga jarak dari orang sekitar
  • Selalu pakai masker jika berada di sekitar orang lain
  • Rajin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer
  • Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang kotor
  • Banyak beristirahat
  • Tetap terhidrasi
  • Pantau kondisi tubuh secara berkala
  • Segera lakukan Tes Covid 19 jika sudah merasakan gejala

Jadi jika merasakan gejala gangguan kesehatan, segera periksakan diri dan melakukan Covid 19 test. Homecare24 menyediakan layanan Covid 19 Test yang dapat mempermudah Anda. Homecare24 menyediakan layanan Covid 19 Test secara homeservice yaitu dapat dilakukan di rumah atau lokasi Anda berada. Selain itu juga tersedia layanan Covid 19 Test secara Drive Thru, jadi Anda cukup tetap berada di dalam kendaraan.