makan di restoran v2
August 2, 2021

Baik pemilik maupun pengunjung restoran harus menerapkan protokol 3M dan VDJ untuk mencegah penularan Covid 19.

Pandemi Covid 19 belum selesai, meski secara umum kasus Covid 19 sudah mulai menurun. Hal ini merupakan buah dari diberlakukannya aturan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat), yang salah satunya aturan pembatas makan di restoran.

Berbagai kebijakan telah diberlakukan pemerintah untuk menekan laju penambahan kasus positif Covid 19 yang sempat melonjak. Mulai dari berbagai jenis aturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) hingga beberapa varian aturan PPKM. Tujuannya untuk membatasi mobilitas sehingga penyebaran virus pun bisa dicegah.

Baca juga : CT Value di Hasil PCR Tidak Tentukan Keparahan dan Sembuh Covid 19, Ini Penjelasannya!

Seiring dengan mulai menurunnya jumlah kasus Covid 19, berbagai aturan pembatas aktivitas mulai dilonggarkan. Salah satu contohnya diperbolehkannya makan di restoran atau warung namun hanya dalam durasi yang terbatas. 

Sebelumnya saat aturan PPKM Darurat diberlakukan, restoran tidak boleh menerima pengunjung yang ingin makan di tempat. Yang diperbolehkan hanya layanan pesan antar makanan. Ketika memasuki masa PPKM Level 4, mulai diperbolehkan untuk makan di tempat namun dengan batasan jumlah pengunjung dan durasinya hanya maksimal 20 menit.

Tidak menutup kemungkinan aturan ini kembali dilonggarkan jika aturan PPKM Level 4 tidak lagi diberlakukan. Tapi tetap saja ada potensi penularan Covid 19 selama makan di restoran.

Hal ini juga diungkapkan oleh Satgas Covid-19 yang mengatakan ada tiga risiko penularan Covid 19 saat makan di restoran, yaitu :

Risiko rendah : jika makan sendiri

Risiko sedang : jika makan bersama kelompok kecil atau keluarga.

Risiko tinggi : jika berkerumun lebih dari 5 orang. Apalagi jika juga tidak menjaga jarak, bisa lebih berbahaya.

Cara Cegah Penularan Covid 19 di Restoran

Risiko penularan saat di restoran atau warung makan dapat dicegah dengan menerapkan protokol kesehatan, baik oleh pemilik restoran maupun pengujung.

Untuk pemilik restoran yand harus dilakukan yaitu :

– Menyiapkan antrean duduk maupun berdiri minimal satu meter antar pelanggan.

– Mengatur jarak aman antar meja dan kursi pengunjung

– Menerapkan prinsip hygiene atau kebersihan dan sanitasi makanan sesuai ketentuan, serta memastikan proses pemanasan sudah terbilang cukup.

– Wajib melaksanakan pembersihan area restoran/cafe, fasilitas, dan peralatan, khususnya yang bersentuhan langsung dengan makanan.

– Menyediakan tempat cuci tangan

– Menyediakan cara pembayaran elektronik

– Mengharuskan pramusaji menggunakan alat pelindung diri.

– Melarang karyawan yang sakit untuk bekerja

Berbagai protokol tersebut perlu dilakukan tidak hanya agar untuk mencegah penularan Covid 19, tapi juga untuk menciptakan kembali kepercayaan dan rasa aman konsumen saat makan di restoran.

Baca juga : Setelah Sembuh Covid 19 Masih Merasakan Gejala, Ini Cara Mengatasinya!

Yang Harus Dilakukan Pengunjung Restoran :

Pengunjung restoran juga perlu melakukan tindakan pencegahan penularan Covid 19, caranya yaitu :

– Mematuhi protokol kesehatan, yaitu dengan melakukan 3M : Memakai masker, Menjaga jarak dan Melakukan cuci tangan.

– Melepas masker yang benar. Saat sedang ingin makan tentunya tidak perlu memakai masker. Bahkan dianjurkan harus melepaskan masker dari wajah, bukan diturunkan ke bawah dagu.

– Menerapkan protokol VDJ : Ventilasi, Durasi, Jarak.

– Protokol ventilasi maksudnya restoran yang dikunjungi harus memiliki sistem ventilasi atau aliran udara yang baik. Ini karena dengan aliran udara yang baiki, maka risiko penularan Covid 19 terutama melalui airbone akan semkain kecil.

– Protokol Durasi makksudnya pengujung juga harus membatasi lamaya makan di restoran atau warung makan. Apalagi jika kondisi restoran  tertutup tanpa ada ventilasi yang baik. Sebaiknya setelah selesai makan segera pulang, jangan berlama-lama.

– Dan protokol Jarak maksudnya selama makan di restoran pun usahakan tetap menjaga jarak aman dengan sesama pengunjung. Jarak yang aman yaitu sejauh 1,5 – 2 meter.