penyakit diabetes (2) (1)
August 16, 2021

Komorbid atau penyakit penyerta menjadi hal yang paling berbahaya saat terjangkit Covid 19, salah satunya diabetes. Penyakit gula ini menjadi salah satu penyebab pasien Covid 19 menjadi bertambah parah bahkan dapat menyebabkan kematian.

Dari kasus Covid 19 yang sempat meledak beberapa waktu lalu, banyak mereka yang meninggal akibat komorbid diabetes yang dideritanya. Dan ini tidak hanya terjadi pada pasien lanjut usia, tapi juga banyak diderita oleh anak muda.  

Memang, masih banyak yang menganggap ‘penyakit gula’ ini baru akan menyerang saat di usia tua. Padahal bisa saja diderita di usia muda. Kebiasaan buruk yang dilakukan di usia muda juga akan berpengaruh terhadap risiko terkena penyakit ini di usia tua nantinya.

Apalagi ‘penyakit gula’ ini disebut juga sebagai ibu dari segala penyakit. Ini lantaran bisa mengakibatkan komplikasi berbagai penyakit berbahaya lainnya yang bisa merusak banyak organ tubuh, seperti jantung, ginjal, mata, pembuluh darah, dan sistem saraf.

Yang Menjadi Penyebab

Diabetes ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah (glukosa) di atas normal. Glukosa akan menumpuk di dalam darah, karena tidak diserap sel tubuh dengan baik, sehingga akan mengalami kelebihan kadar gula darah .

Glukosa sebenarnya menjadi salah satu sumber energi utama bagi tubuh. Jumlah glukosa dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi pankreas. Pada penderita , pankreas tidak memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh. Akibatnya sel-sel tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi. Hal ini menyebabkan jumlah glukosa menjadi meningkat, yang jika melebihi batas normal maka mengakibatkan penyakit gula ini.

Baca juga : Punya Penyakit Jantung Lebih Rentan Covid-19, Lakukan Ini Agar Aman !

Jenis-jenis Diabetes

Ternyata ada beberapa tipe diabetes yang bisa jadi tidak disadari. Selama ini banyak yang mengganggap penyakit ini hanya diderita orang tua, padahal tidak menutup kemungkinan mereka yang berusia muda juga bisa terserang.

– Diabetes tipe 1

Diabetes tipe 1 disebut juga sebagai penyakit autoimun. Ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh justru menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin. Akibatnya jumlah kadar gula darah meningkat, yang jika tidak terkendali bisa menyebabkan kerusakan pada berbagai organ tubuh. Penyebab tipe 1 ini masih belum bisa dipastikan. Namun diduga akibat faktor genetik atau turunan keluarga, serta juga dipengaruhi juga oleh faktor lingkungan. Penderita diabetes tipe 1 biasanya masih berusia sangat muda, tapi juga bisa menyerang di usia berapapun.

– Diabates tipe 2

Diabetes tipe 2 inilah yang paling sering dialami banyak orang. Sekitar 90–95% kasus didominasi oleh diabetes tipe 2. Tipe ini disebabkan karena pankreas tidak memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup. Atau bisa juga karena resistensi sel tubuh terhadap insulin, sehingga insulin yang dihasilkan tidak dapat dipergunakan dengan baik. Ini berakibat kadar gula darah meningkat di atas normal.

– Diabetes gestasional

Diabetes ini diderita oleh ibu hamil yang disebabkan oleh perubahan hormon. Gula darah akan kembali normal setelah ibu hamil selesai menjalani persalinan.

Baca juga : Setelah Sembuh Covid 19 Masih Merasakan Gejala, Ini Cara Mengatasinya!

Penyakit Komplikasi

Jika diabetes tidak ditangani dengan baik, bisa menumbulkan resiko munculnya berbagai komplikasi penyakit lainnya. Beberapa penyakit tersebut antara lain : penyakit jantung, stroke, gagal ginjal, gangguan penglihatan, depresi, demensia, gangguan pendengaran, luka dan infeksi pada kaki yang sulit sembuh, kerusakan kulit dan lainnya. Selain itu juga bisa merusak banyak organ tubuh, seperti jantung, ginjal, mata, pembuluh darah, dan sistem saraf.

Sedangkan jika menderita diabetes gestasional, dapat menimbulkan komplikasi pada ibu hamil dan bayi. Ibu hamil bisa mengalami preeklamsia. Sedangkan pada bayi bisa mengakibatkan gula darah rendah (hipoglikemia), penyakit kuning, kelebihan berat badan hingga keguguran.

Bagi Anda yang ingin melakukan pengecekan kondisi tubuh terhadap penyakit diabetes dan juga berbagai penyakit lainnya, Homecare24 menyediakan layanan Lab Test yang  bisa dilakukan di rumah Anda.