olahraga aman dari covid 19 (1)
August 26, 2021

Meski olahraga dapat meningatkan imun tubuh, namun juga ada risiko penularan Covid 19

Sejak memasuki masa pelonggaran PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat), banyak orang yang sudah mulai menjalankan aktivitas seperti biasanya. Salah satunya yaitu melakukan olahraga di luar rumah.

Belakangan terlihat beberapa ruas jalanan dan sebagian lokasi pusat berolahraga luar ruang sudah mulai ramai kembali oleh mereka yang ingin melakukan olahraga, mulai dari lari, jalan kaki hingga bersepeda.

Memang olahraga menjadi salah satu hal penting yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dimana dengan sistem imun atau daya tahan tubuh yang baik, maka itu menjadi salah satu cara mencegah virus Corona atau Covid-19.

Baca juga : Bersepeda Aman dari Covid 19, Ini Yang Harus Dilakukan!

Namun perlu diingat, pandemi Covid-19 di Indonesia belum berakhir, bahkan jumlah kasus positif Covid 19 harian terkadang masih menunjukkan grafik yang meningkat. Maka perlu tetap menerapkan protokol kesehatan saat melakukan olahraga di luar ruang.

dr Reisa Broto Asmoro  yang menjadi bagian Tim Komunikasi Satgas Covid-19, mengingatkan olah raga di luar rumah tetap memiliki risiko penularan Covid 19 yang tidak bisa disepelekan. “Terutama olahrga yang dilakukan di tempat umum, berkelompok dan menggunakan peralatan bergantian.” ujarnya.

Hal Penting Saat Berolahraga Agar Aman dari Covid 19

Jadi jika tetap ingin melakukan olahraga di luar, setidaknya harus memperhatikan dan melakukan 5 hal penting berikut ini :

1. Olah raga sebaiknya dilakukan tanpa berpindah tempat atau dilakukan sejajar dan berjarak 2 meter dari orang yang lain.

2. Jika melakukan olah raga berjalan kaki, usahakan menjaga jarak 5 meter dengan orang di depannya.

3. Saat olah raga berlari harus berjarak 10 meter dengan orang yang berada di depannya.

4. Ketika bersepeda harus jaga jarak kurang lebih 10 meter di depannya.

5. Setelah berolah raga ingat selalu cuci tangan mandi ganti pakaian, bersihkan alat olah raga dan barang kita dengan disinfektan.

Lebih Aman di Rumah

Sebenarnya olahraga yang berisiko rendah terpapar Covid-19 adalah olah raga yang dilakukan di rumah sendiri maupun dengan anggota keluarga dan menggunakan alat olahraga sendiri. Terlebih lagi mereka yang memiliki riwayat penyakit dan memiliki risiko tinggi tertular Covid-19, sebaiknya lakukan olahraga di rumah saja. “Apabila punya penyakit seperti diabetes, hipertensi, gangguan paru dan gangguan ginjal, kondisi imunokompromis, penyakit autoimun, hindari olahraga di keramaian atau yang menggunakan sarana umum,” kata dokter Reisa.