squid game
October 4, 2021

Sudah nonton serial ‘Squid Game’ yang tayang di Netflix ?  Serial tersebut menjadi trending belakangan ini. Jalan cerita serial ini memang menarik untuk ditonton, tidak heran jika banyak yang merasa terkesan setelah menontonnya.

Di luar penilaian plus dan minus mengenai serial ini, sesungguhnya banyak pelajaran yang bisa diambil dari serial Squid Game ini. Salah satunya yang terkait jalan cerita ini, yang menggambarkan kondisi para pesera Squid Game yang tidak mengetahui kondisi atau permainan apa yang harus dihadapi ke depannya. Namun ada sebagian orang yang bisa memprediksi kondisi atau permainan selanjutnya karena sudah mendapatkan informasi yang perlu diketahui. Dengan begitu dia bisa lebih siap untuk menghadapi kondisi ke depannya.

Baca juga : Kata Mereka Tentang Layanan Homecare 24

Hal yang sama juga bisa terjadi terkait dengan kondisi kesehatan kita. Pelajarannya adalah terkadang kita tidak mengetahui seperti apa kondisi kesehatan kita ke depannya. Dan ini sudah terbukti dari berbagai kasus kematian yang menimpa para artis, teman kerja, rekan sejawat hingga keluarga terdekat. Berapa banyak kasus kematian mendadak terjadi akibat penyakit yang tidak diketahui sebelumnya. Seperti kematian akibat serangan jantung, padahal selama ini terlihat sehat-sehat saja. Atau ada juga kasus mengidap penyakit berbahaya seperti kanker yang baru diketahui ketika sudah stadium tinggi, sehingga lebih sulit untuk diobati. Serta masih ada berbagai penyakit lainnya yang jika tidak dideteksi sedari awal, maka akan menyebabkan kondisi yang menegangkan, mirip dengan cerita serial Squid Game.

Menghindari Kondisi ‘Squid Game’ Terkait Kesehatan

Lalu bagaimana untuk menghindari kondisi ‘Squid Game’ atau kondisi yang tidak bisa diprediksi terkait kesehatan ? Salah satunya dengan melakukan pemeriksaan kesehatan sedari awal untuk mengetahui kondisi tubuh. Jika mengetahui ada suatu penyakit, maka bisa ditangani dengan lebih cepat.

Ada berbagai macam pemeriksaan yang bisa dilakukan. Seperti medical check up yaitu pemeriksaan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Dengan begitu bisa diketahui sejak dini jika ada suatu penyakit atau gangguan kesehatan yang mungkin diderita. Dengan begitu data melakukan metode penanganan dan pengobatan yang tepat sebelum penyakit berkembang. Selain itu juga bisa mendeteksi berbagai risiko penyakit yang mungkin di kemudian hari. Dengan begitu bisa lebih menjaga dan mempersiapkan kondisi tubuh agar tetap sehat ke depannya.

Jenis Pemeriksaan Kesehatan

Ada berbagai jenis pemeriksaan kesehatan yang bisa dilakukan untuk menghindari kondisi ‘Squid Game’. Dan pemeriksaan kesehatan secara lengkap biasa disebut dengan medical check up. Ini beberapa jenis pemeriksaan medical check up :

–               Pemeriksaan riwayat kesehatan

Pemeriksaan ini bisanya dilakukan berupa tanya jawab dengan dokter mengenai riwayat dan keluhan kesehatan yang dialami belakangan ini atau selama ini, tidak hanya yang dialami pasien tapi juga keluarga.Selain itu juga akan ditanyakan mengenai gaya hidup yang dilakukan selama ini, seperti pola makan, aktivitas olahraga, hingga kebiasaan yang kurang sehat yang mungkin dilakukan, seperti merokok dan lainnya.

–               Pemeriksaan tanda vital

Pemeriksaan tanda-tanda vital antara lain : denyut jantung (normal 60–100 kali per menit), frekuensi pernapasan (normal antara 12–20 kali per menit), suhu tubuh (normal berkisar antara 36–37 derajat Celcius) dan tekanan darah (normal adalah 90/60–120/80 mmHg).

–               Pemeriksaan fisik

Pemeriksaan fisik yang dilakukan seperti berat dan tinggi badan, pemeriksa seluruh tubuh (mulai dari kepala hingga kaki), pemeriksaan kekuatan otot dan lainnya.

–               Pemeriksaan pencitraan

Pemeriksaan pencitraan yaitu erupa USG dan foto Rontgen, yang berguna untuk melihat kondisi organ dalam tubuh. Organ tubuh yang dapat diperiksa antara lain paru-paru, hati, pankreas, ginjal, limpa, kandung kemih, prostat, rahim dan lainnya.

–               Pemeriksaan laboratorium.           

Pemeriksaan laboratorium yaitu pemeriksaan kesehatan dengan cara mengambil sampel berupa darah hingga, urine. Yang selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan di laboratorium untuk mengetahui kondisi sel darah, kolesterol, gula darah, dan lainnya.

Pemeriksaan Kesehatan di Rumah

Pemeriksaan kesehatan yang ingin dilakukan bisa saja tidak mencakup semua jenis pemeriksaan, namun disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya kondisi saat ini dimana masih perlu melakukan protokol kesehatan, maka pemeriksaan kesehatan yang dilakukan sebisa mungkin tetap aman. Seperti pemeriksaan yang dapat dilakukan di rumah. Layanan pemeriksaan inilah yang disediakan Homecare24 melalui layanan Lab Test berupa pemeriksaan sampel darah yang disesuaikan dengan kebutuhan kesehatan pasien dan sesuai dengan rekomendasi dokter. Di mana pengambilan sampel tes darah bisa dilakukan di rumah, yang nantinya akan diperiksa di laboratorium, dan hasilnya bisa dikirimkan secara online. Beberapa jenis layanan Lab Test yang disediakan Homecare24 antara lain :

Tes Penyakit Kronis
Layanan lab test untuk memeriksa kondisi tubuh apakah mengalami gangguan kesehatan terhadap berbagai penyakit kronis tertentu. Layanan Lab Test kronis ini terdiri atas pemeriksaan atau tes :

  • Geriatri/Lansia : Layanan lab test secara menyeluruh untuk memastikan kondisi kesehatan Lansia (> 59th).
  • Diabetes Melitus : Layanan lab test kadar gula darah, untuk mendeteksi penyakit stroke, penyakit jantung koroner, penyakit arteri perifer, retinopati, penyakit ginjal kronis dan komplikasi lainnya.
  • Hipertensi : Layanan lab test untuk mengetahui tekanan darah yang dapat membantu pencegahan penyakit jantung dan stroke.
  • Jantung dan Pembuluh Darah
    Layanan lab test kondisi jantung dan pembuluh darah untuk memastikan fungsinya bekerja dengan baik.
  • Liver : Layanan lab test untuk mengetahui kondisi peradangan yang terjadi pada hati dan fungsi organ hati.
  • Pankreas : Layanan lab test melalui tes hitung darah lengkap untuk mendeteksi gangguan tubuh, termasuk gangguan fungsi pankreas.
  • Ginjal dan Saluran Kemih : Layanan lab test untuk mengetahui fungsi dan kondisi organ ginjal dan saluran kemus apakah ada gangguan atau tidak.
  • Sel Darah Merah (Anemia) : Layanan lab test untuk mengetahui kadar sel darah merah (hemoglobin) dan zat lainnya yang menjadi penyebab anemia.
  • Ginjal dan Saluran Kemih : Layanan lab test untuk mengetahui fungsi dan kondisi organ ginjal dan saluran kemus apakah ada gangguan atau tidak.
  • Tiroid dan Paratiroid : Layanan lab test untuk mengukur kadar hormon tiroid dan paratiroid sehinga bisa diketahui apakah berlebih atau justru kekurangan.

Baca juga : Homecare24 Berkolaborasi Gelar Vaksinasi Covid-19 Gratis Untuk Pekerja Kreatif

Tes Penyakit Non Kronis
Layanan lab test untuk memeriksa kondisi tubuh apakah mengalami gangguan kesehatan terhadap berbagai penyakit non kronis tertentu. Layanan Lab Test kronis ini terdiri atas pemeriksaan atau tes :

  • Ibu Hamil : Layanan lab test untuk mengontrol dan memastikan kesehatan ibu hamil beserta janinnya.
  • Infeksi : Layanan lab test yang dapat membantu mendiagnosis infeksi di dalam tubuh yang disebabkan virus atau bakteri.
  • Kekentalan Darah (D-Dimer) : Layanan lab test yang dilakukan untuk mengentahui pembekuan darah yang dapat membantu pencegahan penyakit stroke, jantung, dan empoli paru.
  • HIV/AIDS : Layanan lab test untuk mengetahui apakah terdapat virus HIV di dalam tubuh yang menyebabkan penyakit AIDS.
  • Higienitas Wanita : Layanan lab test yang membantu para wanita untuk memeriksa kebersihan dan kesehatan organ intim wanita.
  • DBD : Layanan lab test yang terdiri dari tes darah lengkap, NS1, dan immunoglobulin. Ini untuk memastikan apakah adanya infeksi virus DBD atau tidak.
  • Elektrolit Darah : Layanan lab test elektrolit darah diperlukan saat ingin memantau atau mendiagnosis berbagai jenis gangguan medis, seperti penyakit ginjal, tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan lainnya.
  • Tifoid : Layanan lab test yang penting dilakukan untuk mendiagnosis penyakit tifus yang terkadang memiliki gejala yang sama dengan demam berdarah.
  • Ginjal  : Layanan lab test untuk mengetahui kinerja fungsi ginjal apakah masih baik atau ada gangguan. Terdiri dari tes Ureum, Urine dan Kreatinin.
  • Saluran Kemih : Layanan lab test untuk mengetahui fungsi dan kondisi organ saluran kemus apakah ada gangguan atau tidak.