cara pakai masker pada anak (1)
October 11, 2021

Kasus covid 19 di Indonesia sudah mulai berkurang. Berbagai aktivitas juga sudah mulai banyak dilakukan, salah satunya yang melibatkan anak-anak, seperti PTM (Pembelajaran Tatap Muka) hingga orangtua yang membawa anaknya pergi ke mall atau ke lokasi wisata. Sayangnya aturan pakai masker dan protokol kesehatan lainnya masih sering dilanggar.

Dengan aktivitas yang semakin ramai dilakukan, terkadang lalai dalam menerapkan protokol kesehatan. Seperti banyak yang tidak lagi menjaga jarak dan saling berkerumun, hingga tidak sedikit juga yang pakai masker tidak secara benar bahkan ada yang dilepas. Kondisi ini tentu akan berpotensi menimbulkan penularan Covid 19. Apalagi jika ada anak-anak di dekat area dengan kondisi tersebut. Terutama anak-anak di bawah umur 12 tahun yang hingga saat belum divaksin karena memang belum ada vaksin Covid 19 untuk rentang usia tersebut.

Baca juga : PTM Dimulai, Waspadai 3 Gejala Khas Covid Anak dan Cara Mencegahnya

Jadi sebagai orangtua penting untuk mengajarkan anak-anaknya mengenai protokol kesehatan untuk cegah Covid 19. Terutama saat mereka sedang tidak berada dalam pengawasan orangtua, misalnya ketika sedang melakukan PTM di sekolah. Salah satu yang terpenting yang perlu diajarkan yaitu bagaimana cara pakai masker yang benar pada anak.

Panduan Pakai Masker Pada Anak Yang Benar

WHO (World Health Organization) mengeluarkan panduan bagaimana cara pakai masker yang baik dan benar pada anak sesuai dengan rentang usianya.

  • Anak di Bawah 5 Tahun

WHO dan UNICEF merekomendasikan anak usia di bawah 5 tahun untuk tidak perlu diwajibkan pakai masker. Bahkan IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) menyarankan agar anak di bawah usia 2 tahun disarankan tidak memakai masker.

Baca juga : Belum Divaksin, Amankah Anak 12 Tahun ke Bawah Ikut ke Mall ?

Menurut para dokter anak, mereka sepakat bahwa penggunaan masker pada bayi atau anak di bawah 2 tahun bisa menimbulkan risiko bagi keselamatan bayi. Sebab, penggunaan masker dikhawatiran bisa mengganggu pernafasan bayi karena aliran oksigen yang masuk ke tubuh bayi bisa terhambat. Ini bisa berbahaya, karena saluran pernapasan bayi lebih kecil, jika terhambat maka bayi bisa kekurangan oksigen dan meninggal. Selain itu hingga kini belum ada penelitian yang menunjukkan apakah efektif bayi menggunakan masker dalam pencegahan Covid-19.

  • Anak 6-11 Tahun

Menurut WHO, anak usia 6-11 tahun dapat memakai masker yang disesuaikan berdasarkan tingkat risiko, seperti : risiko penularan lokal, kemampuan anak untuk mematuhi aturan, kehadiran orang dewasa, dan pertimbangan lain seperti kondisi disabilitas atau penyakit bawaan.

Baca juga : Panduan Lengkap Merawat Anak Positif Covid 19

Seperti diketahui, hingga saat ini anak di usia 12 tahun ke bawah belum mendapatkan vaksin Covid 19. Ini karena memang belum tersedia vaksin Covid untuk rentang usia tersebut. Jadi penting bagi orangtua untuk selalu dengan seksama memerhatikan penggunaan masker, dan juga protokol kesehatan lainnya, pada anak di rentang usia 6-11 tahun.

  • Anak 12 Tahun ke Atas

Anak di rentang usia di atas 12 tahun dianggap sudah lebih mengerti mengenai bahaya penularan Covid 19 dan paham mengenai protokol kesehatan termasuk memakai masker. Oleh karena ini anak di usia ini dapat mengikuti aturan pakai masker layaknya orang dewasa. Dan yang juga perlu diingatkan ke anak di usia ini, meski sudah divaksin Covid 19,  bukan berarti kebal namun tetap saja penularan Covid 19 masih bisa terjadi. Jadi tetap anjurkan untuk patuh melakukan protokol kesehatan secara ketat.

PTM Dimulai, Waspadai 3 Gejala Khas Covid Anak dan Cara Mencegahnya (1)

Tips Untuk Orangtua Memakaikan Masker Pada Anak

Untuk mengurangi kekhawatiran dan juga risiko penularan Covid 19, ada beberapa tips bagi orang yang hendak memakaikan masker pada anaknya, antara lain yaitu :

–           Perhatikan ukuran masker yang sesuai untuk anak

–           Pilih masker dengan bahan yang aman dan nyaman.

–           Pastikan anak bisa bernapas dengan nyaman saat pakai masker, termasuk saat berjalan cepat dan berbicara.

–           Pastikan masker menutupi area mulut, hidung, dan dagu tanpa celah pada sisi wajah.

–           Pastikan masker tidak menghalangi pandangan anak.

–           Perhatikan durasi pemakaian masker pada anak, serta menggantinya maksimal tiap 4 jam sesuai anjuran atau jika masker robek, basah dan kotor.

–           Juga ajari anak untuk cuci tangan sebelum pakai dan sesudah lepas masker.

–           Juga ajarkan ke anak untuk membuang masker bekas pakai ke dalam tempat sampah tertutup.

Selain penting mengajarkan anak untuk pakai masker dengan benar, juga jangan lupa selalu ingatkan ke anak bahwa memakai masker juga harus dibarengi dengan protokol kesehatan lainnya, seperti rajin cuci tangan pakai sabun, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan.