sakit jantung webp
November 9, 2021

Makin banyak kejadian mereka yang masih tergolong berusia muda terserang sakit jantung, bahkan hingga mengakibatkan meninggal dunia.Saat ini penyakit jantung menyerang tanpa mengenal usia. Jangan lagi menganggap penyakit mematikan yang satu ini hanya diderita orang tua, padahal saat ini kenyataannya juga banyak diderita oleh anak muda.

Bahaya Penyakit Jantung

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan sakit jantung? Penyakit jantung terjadi karena tidak lancarnya aliran darah dari dan ke jantung atau bahkan berhenti sama sekali . Ini disebabkan oleh tersumbatnya saluran atau pembuluh darah yang terhubung ke jantung. Padahal darah penting itu penting karena mengandung oksigen hingga sari makanan yang diperlukan oleh tubuh. Dan jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Baca juga : Penyakit Jantung Kini Menyerang Anak Muda, Ini Gejalanya!

Jika mengalami sakit jantung, baik serangan jantung hingga gagal jantung (jantung tidak berfungsi semestinya), maka efeknya bisa merembet ke seluruh tubuh, dan bisa mengakibat kematian. Untuk itu penting untuk mendeteksi beberapa gejala yang dirasakan tubuh yang menjadi tanda bahwa sedang ada masalah dengan jantung.

Cara Mudah Cegah Sakit Jantung

Selain itu juga penting untuk berusaha agar terhindar dari sakit jantung. Ini terutama perlu dilakukan di saat masih di usia muda. Agar risiko terkena penyakit jantung bisa dihindari. Bagaimana caranya ? Mudah kok!

Ini beberapa tips mudah mencegah sakit jantung sedari usia muda yang direkomendasikan oleh Yayasan Jantung Indonesia, yaitu :

  1. Penuhi Gizi Seimbang

Dianjurkan mengonsumsi makanan bergizi yang penting untuk menjaga kesehatan jantung. Pemenuhan gizi ini harus seimbang, tidak berlebih dan tidak pula kurang. Ini terutama mengonsumsi makanan sehat seperti sayurandan buah-buahan.

  1. Jangan Merokok

Kebiasaan merokok merupakan kebiasaan yang tidak baik. Ini karena kandungan di dalam rokok yang efeknya berbaya bagi kesehatan organ tubuh, salah satunya jantung. Asap rokok dan juga paparannya bisa meningkatkan risiko sakit jantung, tidak hanya bagi si perokok tapi juga bagi orang yang terpapar asap rokok.

  1. Kelola Stres

Stres memang tidak bisa dihindari, apalagi di tengah aktivitas yang dilakukan bagitu padat. Meskipun demikian kita bisa mengelola dan mengatasi stres yang dihadapi. Salah satunya dengan melakukan kegiatan positif dan menyenangkan, seperti berolahraga, bepergian, mendengarkan lagu dan lainnya.

  1. Waspadai dan Atasi Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi maksudnya aliran darah yang ada di pembuluh darah dalam tubuh mengalir dalam kecepatan di atas normal. Ini kondisi yang perlu diwaspadai, karena jika di dalam pembuluh darah ada hambatan (seperti adanya kolesterol) maka bisa mengakibatkan peredaran darah tidak lancar.

Baca juga : Bahaya Kanker Prostat, dan Cara Mencegahnya

Dan parahnya tekanan darah tinggi bisa mengakibatkan pembuluh darah pecah akibat tekanan aliran darah yang tinggi namun tersumbat. Nah, cara mengatasi tekanan darah tinggi yaitu dengan rutin melakukan pemeriksaan tekanan darah untuk memantau tekanan darah. Serta hindari makanan dan aktivitas yang bisa memicu tekanan darah tinggi, seperti makanan banyak mengandung garam, kurang gerak, obesitas dan lainnya.

  1. Olahraga Teratur

Rutin berolahraga minimal 20–30 menit per hari. Setidaknya lakukan olahraga ringan seperti berjalan, jogging, berenang, bersepeda, dan lainnya. Olahraga penting untuk menjaga kinerja jantung tetap sehat serta bisa menurunkan kolesterol.