jaga sistem kekebalan tubuh (1)
November 11, 2021

Sistem imun tubuh yang optimal, bisa menjaga kesehatan tubuh tetap maksimal

Penting untuk selalau menjaga kekebalan tubuh terutama di saat aktivitas kembali ramai karena kondisi pandemi Covid 19 yang semakin membaik. Saat ini tampaknya protocol kesehatan juga tidak secara ketat dilakukan. Sudah banyak keramaian dengan tidak lagi menjaga jarak, bahkan sudah abai memakai masker.

Baca juga : 8 Tanda Sistem Imun Tubuh Sedang Menurun

Cara Agar Kekebalan Tubuh Kembali Baik

Untuk itu penting untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh agar bisa melawan serangan  virus, terutama Covid 19 yang masih ada hingga saat ini. Jika merasa atau mengalami tanda-tanda imun tubuh sedang menurun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan sistem kekebalan tubuh agar kembali optimal, antara lain yaitu :

  1. Tidur cukup

Saat sedang tidur, tubuh akan secara otomatis melakukan pemulihan terhadap infeksi yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh melemah. Caranya dengan melepas sitokin protektif, yaitu protein yang dilepas tubuh selama tidur yang berfungsi melawan infeksi. Dengan begitu sistem imun bisa kembali naik. Rata-rata, orang dewasa memerlukan waktu tidur sekitar 7–8 jam setiap harinya, sedangkan anak-anak sekitar 10 jam atau lebih.

  1. Menjaga kebersihan

Dengan menjaga kebersihan pada tubuh, maka bisa mencegah terjadinya infeksi virus, bakteri dan lainnya. Dengan begitu imun tubuh bisa terjaga. Salah satu cara mudah yang bisa dilakukan yaitu dengan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air.

  1. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan dalam jumlah yang cukup, maka tubuh akan menerima sumber energy untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Yang termasuk makanan bergizi seimbang yaitu makanan empat sehat lima sempurna , yaitu makanan yang mengnadung karbohidrat, protein, vitamin, lemak, dan mineral dan jumlah seimbang atau tidak kurang dan tidak lebih. Makanan 4 sehat terdiri atas makanan pokok, lauk pauk, sayur, dan buah. Sedangkan 5 sempurna merupakan susu yang merupakan nutrisi tambahan.

Baca juga : Penyakit Jantung Kini Menyerang Anak Muda, Ini Gejalanya!

  1. Rutin Berolahraga

Olahraga rutin telah terbukti mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu olahraga juga membuat metabolisme tubuh bisa berjalan dengan baik. Jadi, sempatkanlah untuk selalu berolahraga setidaknya 30 menit setiap harinya.

  1. Kelola Stres dengan Baik

Stres berkepanjangan dapat meningkatkan produksi hormon kortisol. Akibatnya, kerja sistem kekebalan utbuh dalam melawan infeksi pun akan terganggu. Oleh sebab itu, upayakan untuk selalu mengelola stres dengan baik supaya sistem imun kamu tetap terjaga dan kuat melawan infeksi virus corona. Caranya, bisa dengan meluangkan waktu untuk hobi dan hal-hal menyenangkan, dan melakukan meditasi.

  1. Mengonsumsi Suplemen/Vitamin

Agar sistem kekebalan tubuh optimal, maka penting juga untuk mengonsumsi suplemen atau vitamin. Salah satu jenis suplemen yang paling direkomendasikan adalah suplemen antioksidan, karena dapat melawan radikal bebas yang masuk dan melemahkan sistem imun tubuh. Selain itu juga bisa mencukupi asupan vitamin, salah satunya vitamin C yang memiliki banyak manfaat lainnya.