vaksin anak vaksinasi covid 19 (1)
November 15, 2021

BPOM dan IDAI sudah memberikan izin pemberian vaksin anak berusia 6-11 tahun

Akhirnya vaksin anak untuk anak berusia di bawah 12 tahun sudah tersedia Indonesia. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) secara resmi memberikan izin penggunaan darurat vaksin Covid-19 Sinovac untuk anak-anak usia 6-11 tahun.

“Telah diterbitkannya izin penggunaan vaksin Covid-19, dari vaksin Sinovac CoronaVac dan vaksin Covid-19 dari Bio Farma untuk anak usia 6-11 tahun,” ujar Kepala BPOM Penny Lukito, seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca juga : PTM Dimulai, Waspadai 3 Gejala Khas Covid Anak dan Cara Mencegahnya

 

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, nantinya vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun ini diberikan sebanyak dua dosis atau dua kali suntikan. Untuk tahap awal ditargetkan sekitar 26,4 juta anak akan diberikan vaksin Covid-19.

Kapan Vaksinasi Covid-19 Anak Diberikan ?

Ada beberapa target yang harus dikejar atau syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum program pemberian vaksinasi Covid-19 untuk anak berusia 6-11 tahun mulai dilakukan, yaitu :

  • Cakupan vaksin pertama

Vaksin anak usia 6-11 tahun rencananya akan mulai diberikan setelah cakupan vaksinasi dosis pertama untuk orang dewasa atau usia di atas 12 tahun, sudah melebihi 70% dari total sasaran target vaksinasi secara nasional. Berdasarkan data dari Satgas Covid 19, per 2 November 2021, vaksinasi dosis pertama di Indonesia tercatat ‘baru’ mencapai 58,04% dari target.  

  • Vaksinasi pada Lansia

Ternyata tidak hanya itu, vaksinasi anak usia 6-11 tahun baru akan mulai dilakukann jika lebih dari 60% populasi lansia di Indonesia sudah divaksin Covid-19. “Pemerintah berusaha mencapai kedua target syarat tersebut di akhir 2021,” ucap Wiku. Ini berarti jadwal vaksinasi Covid-19 untuk anak 6-11 tahun sepertinya mulai dilakukan awal 2022.

  • Lokasi vaksin anak

Selanjutnya, vaksinasi Covid 19 untuk anak 6-11 tahun akan mulai dilakukan tidak secara serentak di selutuh Indonesia. Program ini akan mulai dilakukan pada daerah kabupaten/kota yang telah memenuhi dua syarat di atas.

Baca juga : Ini Syarat Anak 12 Tahun ke Bawah Boleh Ikut Naik Pesawat

Dosis Vaksin Covid-19 Untuk Anak

Ketua Umum Pengurus Pusat IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) dr Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K) menyatakan IDAI merekomendasikan vaksinasi Covid 19 pada anak berusia 6-11 tahun, dengan pemberian secara intramuskular (suntikan) dengan dosis 0,5 ml sebanyak dua kali pemberian dengan jarak dosis pertama ke dosis kedua yaitu 4 minggu.

IDAI juga merekomendasi pemberian vaksin anak karena anak juga dapat tertular dan atau menularkan Covid-19 dari dan ke orang dewasa di sekitarnya (orangtua, orang lain yang tinggal serumah, orang yang datang ke rumah, teman atau guru di sekolah pada pembelajaran tatap muka) walau tanpa gejala. Apalagi saat ini anak-anak juga sudah melakukan pembelajaran tatap muka di sekolah, di mana risiko penularan Covid-19 masih ada.