5 Hal Penting Agar Olahraga Aman dari Covid-19 Saat New Normal

Sejak memasuki masa pelonggaran PSBB pandemi Covid-19 atau biasa disebut dengan New Normal, banyak orang yang sudah mulai menjalankan aktivitas seperti biasanya. Salah satunya yaitu berolahraga di luar rumah. Belakangan terlihat jalanan dan lokasi pusat berolahrga sudah ramai oleh mereka yang ingin melakukan di luar ruang, mulai dari lari, jalan kaki hingga bersepeda.

Baca juga : Saat Bersepeda, Lakukan Ini Agar Aman dari Covid-19

Memang olahraga menjadi salah satu hal penting yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dimana dengan sistem imun atau daya tahan tubuh yang baik, maka itu menjadi salah satu cara mencegah virus Corona atau Covid-19.

Namun karena sebenarnya pandemi Covid-19 di Indonesia belum berakhir, bahkan masih menunjukkan grafik meningkat dari sisi positif Covid-19, maka perlu tetap memperhatikan protocol kesehatan saat melakukan olahraga di luar ruang.

Bahkan Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dr Reisa Broto Asmoro, mengingatkan olah raga di luar rumah memiliki risiko penularan virus Corona yang tidak bisa disepelekan. “Terutama olahrga yang dilakukan di tempat umum, berkelompok dan menggunakan peralatan bergantian.” ujarnya.

Jadi jika tetap ingin melakukan olahraga di luar, setidaknya harus memperhatikan dan melakukan 5 hal penting berikut ini :

1. Olah raga sebaiknya dilakukan tanpa berpindah tempat atau dilakukan sejajar dan berjarak 2 meter dari orang yang lain.

2. Jika melakukan olah raga berjalan kaki, usahakan menjaga jarak 5 meter dengan orang di depannya.

3. Saat olah raga berlari harus berjarak 10 meter dengan orang yang berada di depannya.

4. Ketika bersepeda harus jaga jarak kurang lebih 10 meter di depannya.

5. Setelah berolah raga ingat selalu cuci tangan mandi ganti pakaian, bersihkan alat olah raga dan barang kita dengan disinfektan.

Baca juga : Amankah Berenang di Masa New Normal Covid-19? Ini Penjelasannya!

Lebih Aman di Rumah

Sebenarnya olahraga yang berisiko rendah terpapar Covid-19 adalah olahraga yang dilakukan di rumah sendiri maupun dengan anggota keluarga dan menggunakan alat olahraga sendiri. Terlebih lagi mereka yang memiliki riwayat penyakit dan memiliki risiko tinggi tertular Covid-19, sebaiknya lakukan olahraga di rumah saja. “Apabila punya penyakit seperti diabetes, hipertensi, gangguan paru dan gangguan ginjal, kondisi imunokompromis, penyakit autoimun, hindari olahraga di keramaian atau yang menggunakan sarana umum,” kata dokter Reisa.


Artikel Lainnya