Covid-19 Masih Ada, Tetap Jaga Kesehatan Dengan 5 Cara Mudah Ini

Sudah 9 bulan berlalu, namun pandemic Covid 19 di Indonesia belum menunjukkan tanda-tanda mereda. Bahkan belakangan ini bisa dikatakan masyarakat mulai abai. Padahal virus Corona masih ada tingkat penyebaran dan penularannya masih tinggi. Ini bisa dilihat dari angka kasus positif COvid 19 setiap harinya yang belum juga menurun. Begitu juga dengan beberapa indikator lainnya masih melampaui ambang batas aman yang ditetapkan WHO (World Health Organization).

Baca juga : Mengenal Long Covid, Gejala Setelah Sembuh dari Covid 19

Tindakan abai yang dilakukan masyarakat bisa jadi terpengaruh dari kebosanan di tengah pandemi yang tidak juga berakhir. Serta berbagai aktivitas yang perlahan sudah mulai normal kembali meski dalam kondisi dibatasi oleh peraturan protokol kesehatan.

Tidak ada cara lain untuk mencegah penularan Covid 19 , selain dengan menjaga diri sendiri dengan melakukan berbagai hal yang bisa tetap menjaga kesehatan serta sistem imun tubuh. Menurut dr. Sarah selaku Medical Advisor Homecare24 pada acara Live Talkhshow Sehat di Motion Radio, untuk menjaga pola hidup sehat selama pandemi sebenarnya mudah dilakukan, bahkan di kondisi yang terbatas seperti sekarang ini. Menurutnya setidaknya ada 5 cara mudah yang bisa dilakukan, yaitu :

  1. Menjaga Kebersihan

Menurut dr. Sarah, menjaga kebersihan menjadi yang paling utama dalam membentuk pola hidup sehat. Dalam hal ini yaitu menjaga kebersihan diri dan kebersihan tempat tinggal. Terutama di masa pandemi Covid 19, di mana dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan tubuh dengan rajin mencuci tangan sabun dan air mengalir, serta menjaga kebersihan pakaian dan tubuh ketika ingin masuk ke rumah sehabis dari aktivitas di luar. Begitu juga anjuran memakai masker dan menjaga jarak yang menjadi bagian dari menjaga kebersihan dari penularan virus.

Baca juga : Lawan Virus Corona dengan 21 Jenis Makanan untuk Kekebalan Tubuh

2. Jaga Pola Makan

Di tengah penyebaran virus yang masih tinggi, cara menangkalnya yaitu dengan menjaga system kekebalan tubuh. Salah satu caranya yaitu dengan menjaga pola makanan. Yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang sehat serta yang bisa meningkatkan imun tubuh. “Sebaiknya masak sendiri makanan yang ingin dikonsumsi, agar lebih terjamin kebersihannya. Andaikan harus membeli makanan di luar, maka pastikan kebersihan makanan tersebut” ujar dr. Sarah.

3. Lakukan Aktivitas Tubuh

Di tengah kondisi yang kini ‘terbatas’ akibat Covid 19, tetap harus melakukan aktivitas untuk menjaga kebugaran tubuh. Karen itu juga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan system imun tubuh. WHO (World Helath Organization) merekomendasikan harus melakukan aktivitas tubuh setidaknya 150 menit per minggu, untuk aktivitas fisik yang sedang. Atau setidaknya 75 menit per minggu jika melakukan aktivitas berat, seperti lari, bersepeda jarak jauh dan lainnya. “Atau bisa juga setidaknya 10–30 menit per hari” ujar dr. Sarah.

Namun sebenarnya aktivitas yang dilakukan bisa menyesuaikan dengan kondisi yang ada sekarang ini. Misalnya bagi yang sedang Work From Home, bisa melakukan olahraga yang disesuiakan saat di rumah saja. Yaitu dengan cukup melakukan sederhana yang tetap melibatkan sistem pernafasan, sistem jantung dan paru-paru, termasuk penguatan otot. “Kita bisa menggunakan benda yang ada di sekitar untuk dijadikan alat beban, jadi tidak harus dengan menggunakan alat olaharaga yang sulit di dapat”. Selain itu juga bisa melalulan aktivitas sederhana, misalnya keliling berjalan di sekitar rumah atau taman, membersihakn rumah dan lainnya.

Ketika saat melakukan Work From Office, juga bisa tetap melakukan olahraga ringan dengan memanfaatkan benda di sekitar, misalnya bertumpu pada dinding untuk melakukan gerakan tubuh. Intinya yang tadinya sering ke fitness atau gym, jangan sampai momentum aktivitas fisik tersebut selama pandemi.

4. Cukup Istirahat

“Yang juga tidak boleh dilupakan untuk menjaga pola hidup sehat selama pandemi yaitu istirahat atau tidur yang cukup” ujar dr. Sarah. Ini karena kurang tidur atau mengalami gangguan tidur sudah terbukti dapat berpengaruh yang tidak baik bagi kondisi tubuh. Sehingga juga akan mengganggu aktivitas yang akan dilakukan keesokan harinya.

5. Jangan Lupakan Kesehatan Mental

Selain menjaga kesehatan tubuh, menurut dr. Sarah yang juga tidak boleh diabaikan yaitu memperhatikan kesehatan mental yang sama penting dengan kesehatan fisik. Bagaimana caranya? Lebih lanjut dr. Sarah menjelaskan caranya bisa dengan tetap berkomunikasi dengan keluarga meski hanya dengan cara chatting, menelpon atau video call. Selain itu juga bisa dengan dukungan dari orang terdekat, seperti keluarga, disaat diperlukan. Atau bisa juga dengan mendengarkan tokoh yang dipanuti.

Jadi, jangan lupa selalu melakukan berbagai hal untuk menjaga kesehatan agar tubuh selalu memiliki sistem imun yang kuat untuk mencegah virus Corona. Jika dirasa mengalami gejala gangguan kesehatan, jangan tunda untuk memeriksakan diri ke layanan kesehatan terdekat. Atau Anda juga bisa tetap berada di rumah dan bisa melakukan pemeriksaan kesehatan. Cukup hubungi Homecare24 yang menyediakan berbagai layanan pemeriksaan kesehatan. Termasuk pula layanan perawatan bagi Anda yang positif Covid-19 dan harus menjalani karantina di rumah, seperti layanan Corona Care dan Corona Chat Line.


Artikel Lainnya