Saat Makan di Restoran, Ini Cara Aman Mencegah Covid 19

Pandemi Covid 19 belum juga mereda. Berbagai kebijakan masih diberlakukan untuk mencegah penularan Covid 19 kian meluas. Salah satunya dengan memberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Tujuannya untuk membatasi mobilitas sehingga penyebaran virus pun bisa dicegah. Sempat diberlakukan PSBB ketat, terutama di wilayah DKI Jakarta, kini kebijakan tersebut mulai dilonggatkan, atau disebut PSBB transisi.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Rapid Test, Swab Test dan Antigen Test

Salah satu aktivitas yang dilonggarkan yaitu makan di tempat saat berkunjung ke restoran. Sebelumnya saat aturan PSBB diberlakukan, restoran tidak boleh menerima pengunjung yang ingin makan di tempat. Yang diperbolehkan hanya layanan pesan antar makanan. Ketika memasuki masa PSBB transisi, mulai diperbolehkan untuk makan di tempat namun dengan batasan jumlah pengunjung.

Namun selain itu juga harus menerapkan berbagai protokol kesehatan saat di restoran dan cafe. Ini karena tetap terdapat potensi penularan Covid 19. Hal ini juga diungkapkan oleh Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Covid-19, Sonny Harmadi, yang mengatakan ada tiga risiko penularan virus di rumah makan, yaitu risiko rendah jika makan sendiri dan risiko sedang jika makan bersama kelompok kecil atau keluarga, dan risiko tinggi jika berkerumun lebih dari 5 orang. Apalagi jika juga tidak menjaga jarak, bisa lebih berbahaya.

Baca juga : Positif Covid 19? Jangan Panik! Ada Layanan Kesehatan Datang ke Rumah

Meski begitu, risiko penularan saat di restoran atau café dapat dicegah dengan menerapkan protokol kesehatan, baik oleh pemilik restoran/café dan pengujung.

Untuk pemilik restoran/café yan harus dilakukan yaitu :

- Menyiapkan antrean duduk maupun berdiri minimal satu meter antar pelanggan.

- Mengatur jarak aman antar meja dan kursi pengunjung

- Menerapkan prinsip hygiene atau kebersihan dan sanitasi makanan sesuai ketentuan, serta memastikan proses pemanasan sudah terbilang cukup.

- Wajib melaksanakan pembersihan area restoran/cafe, fasilitas, dan peralatan, khususnya yang bersentuhan langsung dengan makanan.

- Menyediakan tempat cuci tangan

- Menyediakan cara pembayaran elektronik

- Mengharuskan pramusaji menggunakan alat pelindung diri.

- Melarang karyawan yang sakit untuk bekerja

Berbagai protokol tersebut perlu dilakukan tidak hanya agar untuk mencegah penularan Covid 19, tapi juga untuk menciptakan kembali kepercayaan dan rasa aman konsumen saat makan di restoran.

Di sisi lain, pengunjung juga perlu mematuhi protokol kesehatan, yaitu dengan melakukan 3M : Memakai masker, Menjaga jarak dan Melakukan cuci tangan. Namun tentunya saat makan tidak perlu memakai masker. Bahkan dianjurkan harus melepaskan masker dari wajah, bukan diturunkan ke bawah dagu. Selain menerapkan 3M, pengujung juga harus membatasi jam makan di restoran/café. Apalagi jika kondisi restoran/café tertutup tanpa ada ventilasi yang baik. Sebaiknya setelah selesai makan segera pulang.

Jangan lupa selalu melakukan berbagai hal untuk menjaga kesehatan agar tubuh selalu memiliki sistem imun yang kuat untuk mencegah virus Corona. Jika dirasa mengalami gejala gangguan kesehatan, jangan tunda untuk memeriksakan diri ke layanan kesehatan terdekat. Atau Anda juga bisa tetap berada di rumah dan bisa melakukan pemeriksaan kesehatan. Cukup hubungi Homecare24 yang menyediakan berbagai layanan pemeriksaan kesehatan. Termasuk pula layanan perawatan bagi Anda yang positif Covid-19 dan harus menjalani karantina di rumah, seperti layanan Corona Care


Artikel Lainnya