Tips Aman dari Covid-19 Saat Tentukan Pilihan di Pilkada

Pada akhirnya Pilkada tetap berjalan. Padahal pandemi Covid-19 di Indonesia sudah berlangsung selama 9 bulan, dan belum menunjukkan tanda-tanda mereda, malah semakin meningkat. Dengan kondisi seperti itu, bisa saja ada yang sudah merasa lelah, bosan dan abai terhadap Covid-19 yang jelas-jelas masih ada.

Jauh-jauh hari berbagai pihak sudah mengimbau agar Pilkada ditunda dulu di tengah pandemi Covid-19 yang belum mereda. Ini lantaran proses ajang Pilkada erat kaitannya dengan pengumpulan masa. Terlebih lagi dengan kondisi masa pandemi yang belum berakhir dan jumlah kasus positif Covid-19 yang terus meningkat. Selain itu ada beberapa daerah yang melaksanakan Pilkada termasuk zona risiko tinggi. Serta sejumlah pelaksana pilkada dan calon kepala daerah ada yang terpapar Covid-19.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Rapid Test, Swab Test dan Antigen Test

Suka tidak suka, pilkada tetap akan berlangsung pada 9 Desember 2020. Lalu apa yang perlu kita lakukan agar bisa berpastisipasi di Pilkada 2020 dengan aman di tengah pandemic Covid-19?

- Lindungi diri sendiri terlebih dahulu dari risiko terpapar Covid-19. Karena itu sama saja dengan menjaga orang-orang terdekat dari penularan.

- Selalu menjaga kondisi kesehatan dan imunitas tubuh.

- Pastikan diri sendiri mengikuti protokol kesehatan selama proses pilkada.

- Kemudian barulah mengingatkan orang-orang terdekat untuk tetap waspada, selalu patuhi protocol kesehatan dan jangan lalai, karena COvid-19 masih mengintai.

- Mengedukasi orang terdekat, terutama keluarga, tentang cara datang ke TPS dengan aman saat Pilkada.

- Jika ada yang merasa mengalami gangguan kesehatan, terutama yang mengarah ke gejala Covid-19, segera lakukan isolasi dengan orang-orang terdekat. Kemudian segera lakukan tes swab/pcr Covid-19 untuk memastikan kondisi kesehatan dari penularan Covid-19.

Baca juga : Lawan Virus Corona dengan 21 Jenis Makanan untuk Kekebalan Tubuh

Terkait dengan pelaksanaan Pilkada, ada beberapa tips penting untuk bisa melaksanakan hajatan demokrasi ini dengan aman di tengah pandemi.

Bagi Penyelenggara :

- Pastikan seluruh petugas sedang dalam kondisi sehat.

- Sediakan berbagai peralatan kesehatan yang diperlukan di TPS, seperti sabun dan keran air, hand sanitizer, masker dan lainnya

- Selalu gunakan masker dalam kondisi apapun.

- Disiplin untuk menjaga jarak dengan orang lain.

- Pastikan kondisi TPS aman tidak terjadi keramaian atau penumpukan orang.

- Senantiasa menjaga kebersihan diri, terutama dengan rajin cuci tangan.

- Hindari penggunaan peralatan bersama, seperti alat tulis, dan lainnya. Setiap petuga harus menggunakan alat tulis sendiri.

- Ingat! Untuk meneteskan tinta ke jari pemilih. Bukan meminta mereka menyelupkan jari ke tinta.

- Segera bersihkan badan dan pakaian ketika tiba di rumah sebelum bertemu dengan anggota keluarga.

Baca juga : Positif Covid 19? Jangan Panik! Ada Layanan Kesehatan Datang ke Rumah

Bagi Pemilih :

- Datang tepat waktu sesuai jadwal undangan, agar tidak terjadi penumpukan antrian pemilih.

- Ingat untuk selalu pakai masker.

- Jangn bawa anak-anak ke TPS.

- Jaga jarak dengan pemilih lainnya yang sedang berada di TPS.

- Hindari kontak apapun dengan orang lain.

- Cuci tangan dengan menggunakan sabun atau handsanitizer sebelum dan sesudah mencoblos.

- Bawa alat tulis sendiri dari rumah.

- Ingat! Setelah mencoblos tidak lagi menyelupkan jari ke tinta, tapi diteteskan tinta ke jari oleh petugas.

- Segera bersihkan badan dan pakaian ketika tiba di rumah sebelum bertemu dengan anggota keluarga.

Ingat Covid 19 masih ada, maka kita harus tetap waspada terhadapa berbagai aktivitas yang bisa memicu penularannya. Jangan lupa selalu melakukan berbagai hal untuk menjaga kesehatan agar tubuh selalu memiliki sistem imun yang kuat untuk mencegah virus Corona. Jika dirasa mengalami gejala gangguan kesehatan, jangan tunda untuk memeriksakan diri ke layanan kesehatan terdekat. Atau Anda juga bisa tetap berada di rumah dan bisa melakukan pemeriksaan kesehatan. Cukup hubungi Homecare24 yang menyediakan berbagai layanan pemeriksaan kesehatan. Termasuk pula layanan perawatan bagi Anda yang positif Covid-19 dan harus menjalani karantina di rumah, seperti layanan Corona Care


Artikel Lainnya