Waspada Saat New Normal, Kenali Penularan Covid-19 Melalui Benda di Sekitar

Berbagai aktivitas mulai ramai dilakukan di tengah pandemi Covid-19 di Indonesia yang belum berakhir. Sudah banyak karyawan yang bekerja di kantor, restoran dan pusat perbelanjaan sudah ramai didatangi pengunjung, tempat ibadah sudah dibuka kembali dan berbagai aktivitas lainnya.

Di tengah aktivitas di masa new normal, risiko penularan Covid-19 pun masih terbilang tinggi. Tidak ada cara lain selain tetap menerapkan protokol kesehatan secara disiplin saat melakukan aktivitas di manapun. Salah satunya dengan mewaspadai penularan Covid-19 melalui benda di sekitar.

Baca juga : Data Penting Penularan Covid-19 yang Belum Diketahui

Penularan Covid-19 tidak hanya melaui droplet dari bersin atau batuk yang langsung menuju ke orang lain, tetapi juga bisa melalui perantara benda di sekitar. Ini karena droplet dari penderita Covid-19 yang menempel pada benda, yang kemudian disentuh oleh orang lain. Terlebih lagi jika benda tersebut tidak dibersihkan dengan disinfektan, yang membuat droplet Covid-19 bisa berpindah ke orang lain melalui sentuhan.

Risiko penularan melalui sentuhan benda dikarenakan virus Corona bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama saat menempel pada berbagai jenis benda. Menurut Dokter Spesialis Penyakit Dalam Edward Faisal dalam dialog di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, mengatakan bahwa virus corona bisa bertahan hingga berhari-hari. “Contohnya saat virus menempel di perangkat smartphone atau gadget itu bertahan sampai lima hari.” ujarnya.

Lebih lanjut Dokter Edward Faisal menjelaskan virus Covid-19 bisa menempel di gadget atau smartphone bisa karena beragam faktor. Terutama ketika penggunanya sudah terinfeksi, lalu virus menempel di smartphone. Pencemaran virus ke smartphone juga dapat berasal dari percikan droplet dari orang lain. Sebab, droplet ini dapat keluar ketika manusia berbicara apabila tidak memakai masker dan tidak menjaga jarak, “Jadi usahakan untuk tidak menggunakan smartphone saat berada di keramaian lokasi umum, misalnya saat berada di KRL” tambahnya.

Daya Tahan Virus Corona

Kemampuan bertahan virus Corona pada suatu benda menjadi risiko yang cukup mengkhawatirkan. Menurut studi yang bersumber dari J. Hosp.Infect.doi (www.doi.org), virus Corona bisa bertahan beberapa hari pada berbagai macam jenis benda. Antara lain yaitu benda berbahan :
- Plastik : 2–3 hari
- Kertas : 4–5 hari
- Kardus/Karton : 24 jam
- Kaca : 4 hari
- Besi/Baja : 2–3 hari
- Tembaga : 4 jam
- Alumunium : 2–8 jam
- Sarung tangan medis : 8 jam

Namun jika bahan-bahan tersebut rajin dibersihkan dengan disinfektan, maka virus Corona tentu akan mati. Jadi salah satu cara untuk menghindari penularan virus Corona, harus rajin membersihkan permukaan benda yang disentuh dengan disinfektan. Misalnya terlebih dulu membersihkan meja kantor sebelum mulai bekerja, rajin membersihkan smartphone yang digunakan dan lainnya. Sehingga dengan kondisi tersebut, bisa lebih memastikan kebersihan dari penularan virus Corona.

Baca juga : Berbagai Layanan Kesehatan Datang ke Rumah untuk Penderita Covid-19

Bagi Anda yang ingin memastikan kondisi tubuh dari penularan virus Corona, salah satunya bisa dengan skrining awal melalui Rapid Test. Homecare24 menyediakan layanan Corona Rapid Test bagi Anda yang memerlukannya. Selain itu, juga ada beberapa layananan kesehatan lainnya yang disediakan untuk penanganan Covid-19, seperti layanan Corona Care dan Corona Chatline.


Artikel Lainnya