Blog Cerita Perawat | Homecare24

Adi Budiawan adalah perawat kelahiran Tanjung Ganti, 29 Maret 1990. Adi menempuh pendidikan di Politeknik Kesehatan Provinsi Bengkulu dan lulus tahun 2011. Menjadi perawat adalah keinginan Adi sejak kecil.

Motivasinya adalah, “Untuk menolong orang yang sakit,” ujar Adi. Perawat yang kini menjadi tenaga medis di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusomo itu ingin merawat ibunya.

“Ketika ibu saya sakit, setidaknya saya bisa merawat ibu saya sendiri,” ujar Adi. Selama menjadi perawat, adi memiliki seabrek pengalaman. Case yang membuatnya berkesan adalah saat menangani pasien luka bakar.

“Pasien luka bakar di kaki, yang tadinya tidak bisa berjalan sampai lukanya sembuh,” kata Adi. “Dan akhirnya bisa jalan sendiri.”

Prinsip utama Adi ketika merawat pasien adalah keikhlasan. Walau terkadang keikhlasan yang Adi jalani tidak sejalan dengan respons dan pandangan publik terhadap profesi perawat, khususnya adalah stigma masyarakat tentang perawat.

“Tapi buat saya, intinya adalah bekerja dengan ikhlas, dan anggaplah pasien yang sedang kita rawat itu keluarga kita sendiri,” ujar Adi.


Apakah anda menyukai artikel ini?