Blog Cerita Perawat | Homecare24

“Perawat adalah profesi yang dapat membentuk kepribadian saya menjadi lebih baik.”

Ucapan di atas dituturkan oleh Adinda Muji Lestari, perawat lulusan Akademi Keperawatan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto, Jakarta. Dinda, begitu Adinda disapa, lulus pendidikan tahun 2014.

Menjadi seorang perawat adalah keinginan Dinda sejak kecil. Kisahnya sederhana. Waktu kecil, Dinda sedang mengantar adiknya dirawat di salah satu rumah sakit.

“Dan saya melihat seorang perawat yang care, ramah, baik,” ujar Dinda. “Dia menginspirasi saya untuk menjadi seorang perawat.”

Selepas pendidikan, Dinda bekerja di beberapa rumah sakit. Di antaranya Bethsaida Hospital, Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo, dan Rumah Sakit Umum Daerah Kembangan, Jakarta. Dinda kini memilih berprofesi sebagai perawat homecare.

Dinda memiliki kisah yang berkesan selama menjalani profesinya itu. Salah satunya adalah saat dia merawat pasien penyakit jantung koroner. Pasien yang ditanganinya harus berpindah ke ruang perawatan lain dan disesuaikan dengan kelasi ruangan rumah sakit.

Namun, saat dipindah, bukan kesembuhan yang didapat pasien. Melainkan kondisinya semakin parah. “Pasien meminta dipindahkan lagi ke ruangan kelas sebelumnya hanya karena ingin meminta dirawat oleh saya dan tim,” ujar Dinda. 

Dari pengalaman itu, Dinda sadar bahwa pasien senang dengan pelayanannya karena melayani dari hati. “Merawat pasien haruslah dengan teliti dan memanusiakan manusia,” ujar perawat kelahiran Bekasi itu.


Apakah anda menyukai artikel ini?