Blog Cerita Perawat | Homecare24

“Perawat terkenal dengan sikap caring baik dalam menangani penyakit fisik pasien  atau hal lain secara psikologis yang mengganggu kesehatan pasien.”

Kata-kata di atas dilontarkan Lydia Destanti saat mengungkapkan betapa bangganya dia menjadi seorang perawat. Lydia adalah alumnus Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Indonesia. Dia menyelesaikan pendidikannya pada tahun 2016.

Lydia kini bertugas sebagai tenaga medis di Rumah Sakit Umum Daerah Budhi Asih, Jakarta Timur. Dia berkarier di rumah sakit itu sejak tahun 2016.

Motivasi Lydia menjadi perawat ingin mengikuti jejak ibunya. Dia juga menganggap perawat adalah profesi yang membutuhkan kesabaran dan dedikasi tinggi. Musababnya, dia harus menangani berbagai pasien dengan latar belakang rekam medis yang berbeda.

Perawat kelahiran Jambi ini memiliki pengalaman berkesan saat menangani pasien hipoglikemia. “Pasien tidak makan supaya GDS tidak naik. Jadi ada penurunan kesadaran, Keluarga panik dan membuat saya juga panik,” ujar Lydia.

Tapi kepanikan Lydia tidak berkepanjangan. Dia lantas berkolaborasi dengan dokter terkait untuk mengatasi penyakit pasien. “Pasien sadar dan gula darah kembali normal,” kata Lydia.

Lydia juga memiliki pengalaman dengan pasien diabetes mellitus. Menurut dia merawat pasien dengan kondisi seperti itu adalah tantangan baginya, apalagi ditambah dengan kondisi psikososial. Tapi bagi Lydia, kondisi sesulit apapun bisa ditanganinya dengan baik.


Apakah anda menyukai artikel ini?