Blog Tentang Edukasi Kesehatan | Homecare24

Merawat keluarga yang sedang sakit di rumah, selain membutuhkan kecekatan, tentu perlu juga ditunjang dengan beberapa peralatan medis sederhana. Tujuannya tak lain, yakni agar Anda dapat mengambil keputusan dan tindakan yang tepat sesuai dengan indikasi yang Anda ketahui dari alat-alat terkait.

Berikut ini beberapa alat kesehatan yang perlu Anda siapkan di rumah sebelum merawat keluarga Anda yang sedang sakit:

1. Termometer

Alat pengukur suhu badan ini layak Anda siapkan di rumah ketika merawat keluarga Anda yang sedang sakit. Alat ini dapat Anda gunakan untuk memastikan bahwa suhu badan anggota keluarga tetap normal. Ketika suhu badan anggota keluarga Anda melampuai ambang batas normal, ada baiknya Anda segera membawanya ke klinik atau rumah sakit terdekat guna mendapatkan penanganan dokter. 

2. Tensimeter

Alat ini wajib Anda miliki bila ada anggota keluarga Anda yang menderita penyakit darah tinggi. Dengan alat ini, Anda dapat secara rutin memeriksa dan mengetahui berapa tekanan darah anggota keluarga tersebut. 

3. Masker

Walaupun tampak sepele, masker memiliki kegunaan yang cukup vital, yakni mencegah penyebaran atau penularan bibit penyakit. Anda dan keluarga patut mengenakan masker ketika mengalami penyakit yang bersifat menular. Ini merupakan upaya preventif agar virus penyakit tidak menular atau memapari keluarga Anda lainnya.

4. Kantung Karet

Kantung ini dapat berfungsi sebagai kompres. Anda hanya cukup mengisinya dengan air panas atau dingin, disesuaikan dengan kebutuhan.   

5. Kotak P3K

Selain obat merah, alkohol, perban, plester, kapas, dan lainnya, pastikan kotak P3K Anda juga menyimpan obat-obatan yang sesuai dengan penyakit yang sedang atau biasa dialami keluarga Anda.

6. Pispot

Pentingnya kepemilikan pispot memang bersifat situasional, yakni bila Anda memang tengah merawat keluarga yang sedang sakit, mungkin juga telah berusia lanjut, dan tak mampu untuk berjalan ke toilet untuk membuang air kecil atau air besar. Pispot akan cukup menunjang pekerjaan Anda dalam membantu keluarga untuk membuang hajat walaupun kondisi kesehatannya tak memungkinkannya untuk berjalan ke toilet.

Selain beberapa alat kesehatan yang telah disebutkan di atas, tentu masih terdapat beberapa alat lain yang diperlukan untuk perawatan anggota keluarga di rumah. Persiapkan alat-alat lainnya sesuai dengan kebutuhan dan penyakit yang sedang dialami keluarga Anda.

Dan untuk memastikan perawatan keluarga Anda tetap optimal meski dilakukan di rumah, silakan akses dan manfaatkan jasa Homecare24.id. Sebab di sini kami memiliki tenaga perawat yang andal dan tersertifikasi yang siap memberikan pelayanan serta kenyamanan kepada keluarga Anda.


Apakah anda menyukai artikel ini?