Cacar air adalah salah satu penyakit yang kerap menjangkiti anak-anak. Penyakit cukup menular ini disebakan oleh virus verisela zoster. Virus ini mengakibatkan munculnya ruam serta bercak kemerahan berisi cairan pada permukaan kulit dan terasa sangat gatal.
Terdapat beberapa gejala yang timbul ketika anak Anda terserang cacar air, antara lain flu ringan, demam, sakit kepala, dan hilangnya nafsu makan. Hal ini kemudian akan diikuti dengan munculnya bintik-bintik kemerahan yang biasanya dimulai dari daerah belakang kepala atau wajah, lalu menjalar ke sekujur tubuh anak.

Pada beberapa kasus, ada pula anak yang tidak menampakkan gejala apapun. Namun tiba-tiba bintik-bintik kemerahan muncul dan menyebar ke seluruh tubuh. Bila demikian, segera ke dokter untuk memastikan apakah anak Anda terserang cacar air atau bukan.
Terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika merawat si buah hati yang sedang terserang cacar air di rumah.


1. Pisahkan barang-barang yang digunakannya, seperti handuk, baju, piring, gelas, dan lainnya. Bersihkan pula barang-barang yang digunakannya tadi secara terpisah.


2. Kemudian tempatkan anak Anda di ruang atau kamar tersendiri guna memastikan virus tidak menular kepada anggota keluarga lainnya. Bila memungkinkan, ganti seprai kasur yang digunakan si buah hati setiap hari.


3. Pastikan kuku si buah hati tetap pendek. Sebab ketika terserang cacar air, rasa gatal akan mendorong anak Anda untuk menggaruk permukaan kulitnya. Ketika kukunya pendek, hal ini akan membantu mencegah bintik atau bercak kemerahan dari infeksi akibat garukan. Bila anak Anda masih bayi, Anda juga dapat mengenakannya sarung tangan guna menghindari efek ini. 


4. Sediakan sabun antiseptik untuk si buah hati ketika mandi. Sabun jenis ini akan cukup membantu mengurangi rasa gatal pada permukaan kulit. 


5. Jaga kualitas dan kuantitas makanan si buah hati. Beri makanan yang tinggi kalori dan protein serta sumber vitamin dan mineral. Ada pula beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak Anda berikan kepada anak, seperti produk olahan susu, mencakup es krim, keju, dan lainnya, makanan cepat saji, makanan pedas, serta makanan bergaram tinggi. Sebab makanan-makanan ini berpotensi memperparah efek cacar air.


6. Pastikan anak Anda mendapat waktu istirahat yang cukup. Jangan biarkan mereka bermain ke luar rumah selama bintik cacar air masih dan terus muncul.


7. Perhatikan dan periksa kondisi serta suhu tubuh si buah hati setiap hari. Bila anak Anda masih mengalami demam tinggi, sakit kepala, muntah, dan gatal-gatal yang tak kunjung membaik ketika bintik kemerahan telah menyebar ke seluruh tubuh, segera periksakan kembali ke dokter. 

Anda pun dapat memanfaatkan jasa home care di Homecare24 untuk merawat si buah hati yang tengah terserang cacar air. Sebab mitra Perawat (caregiver) di Homecare24 dapat memastikan anak Anda mendapatkan penanganan dan perawatan terbaik serta profesional. 


Apakah anda menyukai artikel ini?