Blog Tentang Edukasi Kesehatan | Homecare24

Pada umumnya, semua konsumen memiliki hak memperoleh informasi mengenai apa yang mereka akan terima dari produk yang mereka gunakan. Sama halnya dengan penggunaan jasa, semua orang yang menggunakan jasa juga akan berhak tahu mengenai jasa apa yang ditawarkan kepada konsumen. Sangat disayangkan sekali, tidak semua penyedia home care memberikan informasi yang baik kepada konsumen mengenai hal tersebut.

Konsumen yang membutuhkan home care seharusnya mendapat informasi secara tertulis sebelum pengobatan diberikan. Masing-masing pihak antara consumer dengan penyedia jasa memiliki hak dan kewajiban untuk saling dipenuhi. Hak konsumen yang menggunakan jasa home care antara lain :

1. Membina hubungan baik dengan petugas sesuai dengan standar etika.

2. Memperoleh informasi tentang prosedur pelaksanaan tindakan medis kepada pasien atau anggota keluarga yang akan melakukan tindakan medis.

3. Meluapkan emosi atau ekspresi yang dirasakan ketika salah satu anggota keluarga (pasien) sedang menjalankan tindakan medis.

4. Anggota keluarga berhak mendapatkan kesempatan untuk menentukan keputusan untuk pasien, dan dalam hal ini petugas wajin memberi  tahu secara tertulis mengenai pengaturan, jenis layanan yang diberikan, dan jumlah kunjungan dari pelayanan yang dilakukan.

5. Anggota keluarga berhak tau mengenai perencanaan tindakan medis yang akan diterima oleh pasien (anggota keluarga) sehingga membantu pasien dan keluarga untuk menentukan keputusan untuk melakukan tindakan yang akan dilaksanakan nantinya.

6. Anggota keluarga dan pasien berhak untuk menolak rencana dan perubahannya untuk melakukan tindakan.

7. Pasien dan keluargga berhak mendapatkan privasi mengenai medical record yang dimiliki pasien dan keluarga serta hal lainnya yang dilakukan didalam rumah pasien dan keluarga.

8. Pasien dan keluarga berhak mendapatkan informasi mengenai biaya yang harus dikeluarkan dan mendapatkan pelayanan yang berkualitas tinggi dan mendapatkan informasi mengenai hal-hal dengan keadaan emergensi.

Sampai hari ini, Homecare24 berusaha untuk memberikan semua hak yang harus diterima para pasien. Itu lah kenapa Homecare24 hanya menerima perawat profesional yang memiliki STR (Surat Tanda Registrasi).

Ditulis Oleh : Tim Homecare24


Apakah anda menyukai artikel ini?