Blog Tentang Edukasi Kesehatan | Homecare24

1. Emosi. Perawatan atau pengasuhan terhadap anak maupun orangtua pada umumnya banyak menggunakan perasaan. Membesarkan anak dipenuhi dengan saat-saat kegembiraan dan kepuasan saat anak kecil belajar, tumbuh dan menjadi lebih mandiri. Sedangkan di sisi lain, merawat orang tua sering melibatkan perasaan sedih dan bahkan menyangkal karena mereka kehilangan kemampuan mereka dan membutuhkan bantuan yang terus meningkat.

"Kamu tumbuh diurus oleh orangtua, dan sekarang Kamu merawat mereka. Orang cenderung meremehkan betapa emosionalnya pembalikan peran itu yang kadang menimbulkan emosi yang tidak dapat diantisipasi.

2. Waktu.
 Bagi kebanyakan keluarga, waktu bersama anak ataupun orangtuanya memiliki keterbatasan waktu dan keterlibatan yang semakin berkurang. Bedanya, waktu untuk anak jauh lebih banyak dibanding dengan orangtua sendiri. Anak tinggal bersama kamu sejak dia dilahirkan sampai dia ke perguruan tinggi. Sedangkan disisi lain, waktu untuk menjaga atau merawat orangtua lebih sedikit dan keterlibatannya jauh berkurang. Tidak ada yang tahu berapa lama orangtua mungkin memerlukan perawatan kamu, bahkan jika mereka telah didiagnosis menderita penyakit progresif. Banyak orang yang hidup selama satu dekade atau lebih dengan kondisi seperti penyakit Parkinson dan Alzheimer.

3. Intelek. Berdebat dengan anak sangatlah berbeda dengan berdebat pada orangtua. Sulit untuk berdebat dengan seseorang yang dihormati dan kurang lebih memahami maksud kamu. Salah satu solusinya adalah konsultasi dengan perawat atau ahli geriatri, yang dapat menilai situasi dan membuat rekomendasi. Seringkali, orang tua akan mendengarkan pihak ketiga yang obyektif sebelum mereka mendengarkan anak mereka, meskipun kamu ingin memberikan yang terbaik bagi mereka. Untuk alasan yang sama, mintalah dokter orang tua kamu untuk berbicara dengan mereka agar dapat dibantu.

4. Proses Pertumbuhan.
 Anak-anak sebenarnya lebih mudah ditebak daripada lansia. Anak-anak berjalan di tahun pertama, mereka berbicara pada usia dua tahun, dan lain-lain. Tapi dengan orang tua, kesehatan mereka bisa berubah sedikit demi sedikit. Proses merawat dan mengajar anak mungkin tampak lebih bermanfaat, karena kamu melihat kemajuan seiring berjalannya waktu. Dengan orangtua, kemajuan biasanya tidak mungkin dilakukan.

5. Keuangan
. Perawatan untuk orang tua bisa menjadi biaya tak terduga. Beberapa lansia merencanakan lebih dulu dengan menabung untuk masa pensiun dan membeli asuransi perawatan jangka panjang, namun banyak lansia tidak merencanakannya dengan tepat. Oleh karena itu, keluarga mereka menghadapi tekanan finansial yang signifikan dan tak terduga.

6. Saudara kandung. Situasi bisa lebih rumit jika beberapa saudara kandung tinggal dekat dengan Ibu atau Ayah, dan yang lainnya berada di luar kota. Kemarahan berkembang dengan cepat ketika salah satu merasa melakukan lebih banyak daripada yang lain. 7. Wewenang. Selama kita hidup, orangtua kita selalu memberi tahu apa yang harus dilakukan, yang sebagian besarnya hanya kita dengarkan. Namun, dalam perencanaan perawatan orang tua justru terbalik, anak tersebut mencoba memberi tahu orang tua apa yang harus dilakukan. Kebalikan peran ini dapat menciptakan kegelisahan dan ketegangan pada orangtua.

7. Kepribadian. Anak-anak belajar tentang bagaimana cara yang tepat untuk berperilaku dan berinteraksi dengan orang lain saat mereka dewasa. Sedangkan disisi lain pada orangtua, karakter atau perilaku yang diinginkan dan sangat tidak menyenangkan justru terpendam selama bertahun-tahun. Sayangnya, karena orangtua kehilangan kebebasan dan mulai mengalami perubahan fisik dan kognitif, sifat yang tidak diinginkan akan menjadi masalah utama. Hal ini sering terjadi pada lansia dengan penyakit Alzheimer dan bentuk demensia lainnya.

8. Kuantitas. Meskipun kamu dapat mengendalikan  beberapa anak, kamu belum tentu bisa dengan mudah mengendalikan beberapa lansia. Keluarga yang tumbuh melalui perceraian dan pernikahan ulang, mungkin akan merawat delapan orang tua sepanjang hidup mereka, termasuk orang tua, mertua dan orang tua tiri.


Ditulis Oleh : Tim Homecare24


Apakah anda menyukai artikel ini?