“Seandainya dulu sudah ada jasa perawat panggil ke rumah, mungkin Papa masih ada sampai sekarang”.

“Dulu Ibu saya sakit, dan saya terpaksa harus resign dari kerjaan saya untuk menjaga Ibu saya”.

“Saya biasanya mempekerjakan asisten rumah tangga untuk menjaga Ayah saya yang sakit, dan saya selalu khawatir dengan hal itu”.

“Saat dulu Daddy sakit, saya pakai jasa asisten rumah tangga saja untuk jaga Daddy. Kondisinya tadinya masih baik-baik saja meskipun terkadang perlu disuction dari mulutnya (penghisapan lendir), tapi suatu ketika, Daddy saya tiba-tiba tidak sadarkan diri dan asisten rumah tangga saya mengira Daddy sedang tidur, ketika dibawa ke Rumah Sakit, Daddy tidak dapat tertolong lagi akibat deteksi perburukan yang terlalu lama ketika di rumah”.

Beberapa ungkapan diatas adalah hal yang akan terjadi ketika kita belum mengenal dengan baik kapan sebenarnya kita butuh perawatan homecare. Homecare merupakan perawatan oleh tenaga kesehatan seperti perawat, dokter, terapis, dan lain-lain langsung di rumah. Banyak orang yang masih belum mengenal dengan baik apa itu homecare dan kapan sebenarnya kalian butuh perawatan homecare. Yuk kenali dengan baik beberapa alasan berikut yang bisa menandakan kamu butuh perawat homecare :


  1. Memiliki kebutuhan tindakan medis

    Ketika orangtua ataupun orang terdekatmu sakit dan tidak mungkin untuk dilakukan perawatan terlalu lama di rumah sakit, sudah pasti Anda akan disarankan untuk menggunakan jasa layanan perawatan homecare. Dengan adanya perawatan homecare, segala jenis tindakan seperti menyuntik, infus, suction (penghisapan lendir), perawatan luka dan tindakan-tindakan medis lainnya dapat dilakukan oleh perawat langsung di rumah.

    Hal yang perlu Anda perhatikan adalah pastikan seseorang yang Anda sebut sebagai perawat benar-benar merupakan seorang perawat, dalam artian perawat hanya dapat disebut sebagai perawat ketika seseorang tersebut telah menyelesaikan pendidikan tinggi keperawatan. Jadi, jika orang yang merawat orang yang Anda cintai di rumah masih belum menyelesaikan pendidikan tinggi keperawatan, itu artinya, orang tersebut bukanlah seorang perawat, melainkan helper. Hal ini tertera jelas di Undang-Undang Keperawatan. So, pastikan dengan baik ya.

  2. Terdiagnosa penyakit kronis

    Penyakit kronis membutuhkan perawatan yang kontinuitas serta menyeluruh. Hal ini diperlukan agar perawatan pasien didapatkan secara maksimal. Dengan adanya perawatan homecare, kondisi pasien dapat terkontrol dengan baik mulai dari tekanan darah, observasi kondisi pasien secara berkala, management obat, serta kebutuhan dasar maupun kebutuhan medis lainnya

  3. Post opname (Setelah dirawat di Rumah Sakit)

    Perawatan paska rawat inap dari rumah sakit sering kali disepelekan. Ketika perawatan dari rumah sakit tidak dilakukan dengan baik akan berdampak buruk kedepannya terhadap kondisi kesehatan. Seringkali pasien paska rawat inap dari Rumah Sakit kemudian pulang dan tanpa perawatan dengan baik, membuat pasien tersebut kembali dibawa ke UGD Rumah Sakit dan kembali dilakukan rawat inap. Dengan adanya perawatan homecare, pasien paska rawat inap dari Rumah Sakit dapat terkontrol dengan baik di rumah. Perawat homecare dapat melakukan operan (transfer informasi dari perawat ruangan tempat pasien rawat inap ke perawat homecare) dari perawat ruangan perawatan dari Rumah Sakit. Hal ini sebagai bekal perawatan yang menyeluruh ketika di rumah untuk pasien.

  4. Khawatir dan risiko tinggi meninggalkan orang yang Anda cintai di Rumah sendirian

    Ketika Anda merasa khawatir untuk meninggalkan orang yang Anda cintai di Rumah sendirian, itu artinya Anda sudah mengenal dengan baik kebutuhan penting dari dia. Kondisi seperti orangtua yang memiliki risiko tinggi untuk terjatuh, seorang istri yang sendirian menjaga bayi Anda, ataupun bayi Anda ditinggal seorang diri di rumah hanya dengan asisten rumah tangga, dan kondisi-kondisi lainnya yang mungkin terjadi, merupakan beberapa indikasi untuk Anda perhitungkan bahwa Anda membutuhkan perawatan homecare. Karena, perawatan homecare tidak hanya sebatas pada menjaga orang sakit di rumah, namun perawat homecare juga dapat menjaga dengan baik orang-orang yang Anda cintai di rumah dengan kondisi khusus tersebut.


Hal-hal yang disebutkan diatas baru hanya sedikit alasan kenapa Anda butuh perawatan homecare. Homecare24 menyediakan berbagai jenis layanan untuk orang sehat maupun sakit. Homecare24 memiliki lebih dari 300 perawat berpengalaman dengan minimal D3 Keperawatan. Dengan lebih dari 112.000 jam perawatan, Homecare24 berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik dan profesional kepada Anda yang membutuhkan.


Sumber :

Athomhealth

Undang Undang Keperawatan


Apakah anda menyukai artikel ini?