Blog Tentang Edukasi Kesehatan | Homecare24

Ini kisah tentang nenek Teti (bukan nama sebenarnya). Dia berusia 65 tahun dan mengidap penyakit meningitis sejak tiga bulan yang lalu.  Teti bahkan sempat mengalami koma tujuh minggu dirawat di rumah sakit.

Meski sedang sakit, semangat Teti tak pernah pudar. Dia memotivasikan dirinya agar lekas sembuh. Dan benar. Kini, kondisinya sudah membaik, meskipun masih terpasang alat trakeostomi yang dapat mengganggu kelancaran  berbicaranya.

Di tengah keterbatasan berbicaranya itu, Teti sempat menceritakan kepada Homecare24 kisahnya berjuang melawan penyakit. 

“Nenek seorang yang memiliki semangat tinggi untuk sembuh,” ujar suami Teti, saat ditemui tim Homecare24 pertengahan Oktober 2018.  “Dokter bilang biasanya paling cepat enam bulan sembuhnya kalau kondisi seperti ini. Tapi, ini baru tiga bulan, progress kesembuhan saya sudah cepat.”

Rahasia Teti cepat sembuh adalah peduli terhadap kesehatannya sendiri. Menurut dia, rasa optimistis yang ditimbulkan dalam diri bisa membantu tubuh menyembuhkan dirinya sendiri. Ada satu hal yang membuat Teti “bangkit”.

“Untuk saya, motivasi utama untuk terus pulih adalah karena cucu saya,” ujar Teti dengan suara parau saat mengisahkan rahasia bangkit melawan penyakit. Teti terbilang dekat dengan cucunya yang masih berusia lima tahun. Dia bahkan ingin memiliki tambahan cucu lagi sebentar lagi.

Satu hal yang Teti sampaikan kepada tim Homecare24 mengenai rahasia sembuh dari penyakitnya, “Kalau penyakitnya dibilang ganas dengan tubuh kita, kita pun harus ganas melawannya. Jangan mau kalah.” 


Ditulis Oleh: Vika Rachma Sari


Apakah anda menyukai artikel ini?