Burung Kugeruk

Harga Burung Derkuku Lengkap, Bakalan, Gacor dan Sepasang (2019)

Derkuku atau Burung Puter Kugeruk (Geopelia striata) adalah salah satu jenis burung yang banyak diminati oleh para pecinta burung. Burung ini memiliki ciri fisik yang khas dan suara yang merdu. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai hal tentang burung derkuku, seperti harga, jenis-jenis, cara berkembang biak, contoh, serta kesimpulan secara lengkap.

Apa Itu Burung Derkuku?

Burung derkuku, atau juga dikenal dengan sebutan burung puter kugeruk, merupakan anggota dari keluarga Columbidae. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang kecil, dengan panjang sekitar 15-17 cm. Terdapat beberapa subspesies dari burung derkuku, namun yang paling umum ditemui adalah Geopelia striata. Burung ini memiliki tubuh yang berwarna abu-abu di bagian atas dan coklat muda di bagian bawah, dengan garis putih melintang di bagian dadanya.

Ciri-Ciri Burung Derkuku

Burung derkuku memiliki ciri-ciri fisik yang khas, antara lain:

  • Tubuh berukuran kecil, dengan panjang sekitar 15-17 cm
  • Bentuk tubuh yang ramping dengan ekor yang sedikit membulat di ujungnya
  • Bulu-bulu berwarna abu-abu di bagian atas dan coklat muda di bagian bawah
  • Terdapat garis putih melintang di bagian dadanya
  • Paruh yang pendek dan kuat, berwarna hitam
  • Kaki yang pendek dengan jari-jari yang rapat

Klasifikasi Burung Derkuku

Berdasarkan klasifikasi ilmiah, burung derkuku memiliki beberapa karakteristik, sebagai berikut:

  • Kerajaan: Animalia
  • Filum: Chordata
  • Kelas: Aves
  • Ordo: Columbiformes
  • Famili: Columbidae
  • Genus: Geopelia
  • Spesies: G. striata

Jenis-Jenis Burung Derkuku

Terdapat beberapa jenis burung derkuku, di antaranya:

1. Derkuku Jawa (Geopelia striata)

Derkuku Jawa adalah salah satu jenis burung derkuku yang berasal dari pulau Jawa, Indonesia. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang kecil, dengan panjang sekitar 15 cm. Bulu-bulunya berwarna abu-abu di bagian atas dan coklat muda di bagian bawah. Derkuku Jawa memiliki suara yang khas, dengan tempo yang cepat dan bernada merdu.

Derkuku Jawa

Gambar: Derkuku Jawa

2. Derkuku Australia (Geopelia cuneata)

Derkuku Australia merupakan jenis burung derkuku yang berasal dari wilayah tengah dan selatan Australia. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang kecil, dengan panjang sekitar 17 cm. Bulu-bulunya berwarna coklat muda, dengan garis putih melintang di bagian dadanya. Derkuku Australia memiliki pola suara yang mirip dengan derkuku Jawa, namun dengan nada yang sedikit berbeda.

Derkuku Australia

Gambar: Derkuku Australia

Cara Berkembang Biak Burung Derkuku

Burung derkuku memiliki cara berkembang biak yang unik. Biasanya, burung ini akan membuat sarang di semak-semak atau pohon dengan menggunakan ranting-ranting dan daun-daun kering. Sarang yang dibuat memiliki bentuk yang sederhana, dengan lubang di bagian tengah untuk tempat bertelur. Telur-telur yang dihasilkan memiliki warna putih bersih dan biasanya berjumlah 2 butir. Inkubasi telur dilakukan oleh kedua induk burung selama kurang lebih 14 hari, sebelum akhirnya telur menetas menjadi anak burung.

Contoh Burung Derkuku

1. Derkuku Jawa

Derkuku Jawa memiliki ciri-ciri fisik yang khas, antara lain tubuh berukuran kecil dengan bulu berwarna abu-abu di bagian atas dan coklat muda di bagian bawah. Burung ini juga memiliki suara yang merdu dan tempo yang cepat.

Derkuku Jawa

Gambar: Derkuku Jawa

2. Derkuku Australia

Derkuku Australia memiliki ciri-ciri fisik yang mirip dengan derkuku Jawa, namun dengan ukuran tubuh yang sedikit lebih besar. Burung ini juga memiliki pola suara yang mirip dengan derkuku Jawa, namun dengan nada yang sedikit berbeda.

Derkuku Australia

Gambar: Derkuku Australia

Kesimpulan

Burung derkuku, atau burung puter kugeruk, adalah salah satu jenis burung yang banyak diminati oleh para pecinta burung. Burung ini memiliki ciri fisik yang khas, suara yang merdu, dan cara berkembang biak yang unik. Terdapat beberapa jenis burung derkuku, seperti derkuku Jawa dan derkuku Australia. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi para pecinta burung, dan menjadi referensi dalam merawat dan memelihara burung derkuku.

Tinggalkan komentar

https://technologi.site/