Burung Merak Pelangi

Gambar Peacock Burung Merak Pelangi

Gambar Tekstur Pola Latar Belakang Bulu Burung Merak Berwarna-warni Pelangi

Gambar Pelangi Warnawarni Bulu Burung Merak Tekstur Latar Belakang Mulus

Gambar Burung Merak Ekor - Foto gratis di Pixabay - Pixabay

Apa Itu Burung Merak Pelangi?

Burung merak pelangi (peacock) adalah salah satu jenis burung yang cukup populer dan dikenal karena keindahan bulu ekornya yang begitu memukau. Burung ini memiliki berbagai macam warna yang mencolok serta bentuk yang unik, sehingga sering dijadikan sebagai simbol keindahan dan kemewahan. Keunikan dan keindahan burung merak pelangi membuatnya sering menjadi objek seni dan inspirasi bagi banyak seniman.

Burung merak pelangi termasuk dalam keluarga Phasianidae, yang merupakan keluarga burung yang tergolong dalam ordo Galliformes. Burung ini memiliki nama ilmiah Pavo cristatus dan berasal dari India, Sri Lanka, dan daerah sekitarnya. Selain itu, burung merak pelangi juga sering ditemukan di berbagai kebun binatang dan taman hiburan di seluruh dunia.

Ciri-ciri Burung Merak Pelangi

Burung merak pelangi memiliki ciri-ciri khas yang membedakannya dengan jenis burung lain. Beberapa ciri-ciri yang dapat dilihat pada burung merak pelangi antara lain:

  • Ukuran tubuh yang cukup besar, dengan panjang mencapai 100-115 cm dan berat mencapai 4-6 kg.
  • Warna bulu yang sangat indah dan mencolok, terutama pada bulu ekor yang panjang dan berwarna biru kehijauan dengan bercak-bercak hitam dan ungu. Bulu ekor burung merak pelangi memiliki panjang mencapai 1-1,5 meter.
  • Paruh yang pendek dan tegak, berwarna hitam dengan ujung berwarna kuning.
  • Mata berwarna cokelat kehitaman dengan bentuk yang bulat dan besar.
  • Kaki yang kuat dan panjang, berwarna abu-abu dengan jari-jari yang dilengkapi dengan cakar yang tajam.

Klasifikasi Burung Merak Pelangi

Berdasarkan klasifikasi ilmiahnya, burung merak pelangi termasuk dalam Kingdom Animalia, Filum Chordata, Kelas Aves, Ordo Galliformes, dan Famili Phasianidae. Nama ilmiah dari burung merak pelangi adalah Pavo cristatus. Burung ini memiliki beberapa subspesies yang dapat ditemukan di berbagai daerah.

Jenis-jenis Burung Merak Pelangi

Burung merak pelangi memiliki beberapa jenis atau subspesies yang dapat ditemukan di berbagai daerah. Beberapa jenis burung merak pelangi antara lain:

1. Pavo cristatus

Pavo cristatus adalah jenis burung merak pelangi yang paling umum dan banyak ditemukan. Burung ini memiliki bulu ekor yang panjang dan indah, dengan warna biru kehijauan dan bercak-bercak hitam dan ungu. Pavo cristatus dapat ditemukan di India, Sri Lanka, dan daerah sekitarnya.

2. Pavo muticus

Pavo muticus adalah jenis burung merak pelangi yang berasal dari daerah Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Burung ini memiliki bulu ekor yang panjang dan indah, dengan warna hijau kebiruan dan bercak-bercak hitam.

3. Pavo pavocristatus

Pavo pavocristatus adalah jenis burung merak pelangi yang berasal dari Pakistan dan Afghanistan. Burung ini memiliki bulu ekor yang panjang dan indah, dengan warna cokelat kehijauan dan bercak-bercak hitam dan ungu.

4. Pavo jagorii

Pavo jagorii adalah jenis burung merak pelangi yang berasal dari Borneo dan Kalimantan. Burung ini memiliki bulu ekor yang panjang dan indah, dengan warna biru kehijauan dan bercak-bercak hitam dan ungu.

5. Pavo nipponensis

Pavo nipponensis adalah jenis burung merak pelangi yang berasal dari Jepang. Burung ini memiliki bulu ekor yang panjang dan indah, dengan warna biru kehijauan dan bercak-bercak hitam dan ungu.

(Cuts off abruptly at 2000 words)

Tinggalkan komentar

https://technologi.site/