Burung Selendang Biru Jantan

Galeri Burung Selendang Biru

Burung Selendang Biru 1

Burung Selendang Biru 2

Burung Selendang Biru 3

Burung Selendang Biru 4

Burung Selendang Biru, apa sih sebenarnya burung ini? Apa ciri-ciri khasnya? Bagaimana klasifikasinya? Kendati banyak informasi yang bisa ditemukan tentang burung ini, artikel ini akan memberikan penjelasan terlengkap tentang Segalanya Mengenai Burung Selendang Biru.

Apa Itu Burung Selendang Biru?

Burung Selendang Biru adalah salah satu burung yang populer di kalangan pecinta burung Indonesia. Burung ini memiliki nama ilmiah Myophonus caeruleus dan sering ditemukan di beberapa wilayah di Indonesia seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Burung ini juga dapat ditemukan di beberapa negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Burung Selendang Biru memiliki ukuran tubuh sedang sekitar 28 cm. Bulu kepalanya berwarna biru tua yang kontras dengan bulu tubuhnya yang berwarna kehitaman dengan aksen biru. Ekornya berwarna biru keabu-abuan. Burung jantan dan betina memiliki penampilan yang mirip, namun ada beberapa perbedaan yang bisa dilihat dengan jelas.

Ciri-ciri Burung Selendang Biru Jantan

Burung Selendang Biru jantan memiliki ciri-ciri khas sebagai berikut:

  1. Bulu bagian dada lebih tebal dan berukuran lebih besar dibandingkan betina,
  2. Warna bulu bagian tubuh lebih cerah dan mencolok,
  3. Suaranya lebih bervolume dan sering terdengar saat memanggil pasangannya atau saat melakukan ritual kawin.

Ciri-ciri Burung Selendang Biru Betina

Sedangkan burung Selendang Biru betina memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Bulu bagian dada lebih tipis dan berukuran lebih kecil dibandingkan jantan,
  2. Warna bulu bagian tubuh lebih gelap,
  3. Suaranya lebih lembut dan jarang terdengar.

Klasifikasi Burung Selendang Biru

Burung Selendang Biru termasuk dalam keluarga Muscicapidae dan termasuk dalam ordo Passeriformes atau burung pengicau. Sesuai dengan nama ilmiahnya, M. caeruleus, burung ini masuk dalam genus Myophonus, yang memiliki beberapa spesies lain seperti Myophonus caeruleus, Myophonus hyperleucos, dan Myophonus melanurus.

Klasifikasi lebih rinci dari Burung Selendang Biru adalah sebagai berikut:

Kerajaan Animalia
Kelas Aves
Ordo Passeriformes
Keluarga Muscicapidae
Genus Myophonus
Spesies Myophonus caeruleus

Jenis dan Distribusi Burung Selendang Biru

Burung Selendang Biru memiliki beberapa jenis yang ditemukan di Indonesia dan sekitarnya. Klasifikasi jenis burung ini adalah sebagai berikut:

  1. Myophonus caeruleus contemplator: Jenis ini ditemukan di Pulau Jawa, terutama di daerah pegunungan di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.
  2. Myophonus caeruleus borneensis: Jenis ini ditemukan di Pulau Borneo, yang meliputi provinsi Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur.
  3. Myophonus caeruleus tempestiva: Jenis ini ditemukan di Pulau Bali, Lombok, dan Sumbawa.
  4. Myophonus caeruleus rostratus: Jenis ini ditemukan di Pulau Sumatra, terutama di daerah pegunungan di Sumatra Barat, Sumatra Utara, dan Sumatra Selatan.
  5. Myophonus caeruleus tristis: Jenis ini ditemukan di Semenanjung Malaysia, Singapura, dan daerah sekitarnya.
  6. Myophonus caeruleus cyanopus: Jenis ini ditemukan di Pulau Banyak, Sumatra Utara.

Cara Berkembang Biak Burung Selendang Biru

Burung Selendang Biru termasuk dalam kelompok burung yang monogami, yang berarti mereka memiliki pasangan seumur hidup. Mereka biasanya membuat sarang di ranting-ranting pohon atau semak belukar yang tinggi.

Proses reproduksi burung Selendang Biru dimulai dengan ritual kawin yang dilakukan oleh burung jantan. Mereka akan mengeluarkan suara serak yang khas sambil bergerak secara agresif untuk menarik perhatian betina. Setelah betina tertarik, jantan akan mulai membangun sarang dan mengumpulkan bahan-bahan seperti batang rumput, daun, dan ranting.

Telah diketahui bahwa burung Selendang Biru meletakkan telur sebanyak dua hingga empat butir dalam satu masa bertelur. Jumlah telur tersebut akan dimasukkan ke dalam sarang yang telah berhasil dibangun jantan dengan telur yang bertelur setiap hari selama beberapa hari.

Setelah telur menetas, kedua orang tua akan saling berbagi tugas untuk membesarkan anak-anak mereka. Biasanya, induk jantan akan mencari makanan dan membawanya kembali ke sarang untuk diberikan kepada anak-anak.

Karakteristik Suara Burung Selendang Biru

Salah satu hal yang menarik tentang Burung Selendang Biru adalah karakteristik suara mereka. Suara mereka terdiri dari berbagai macam jenis panggilan dan nyanyian yang unik.

Panggilan burung Selendang Biru jantan terdiri dari bunyi “kokok…kokok….”, yang diulangi beberapa kali. Panggilan ini digunakan untuk menarik perhatian betina dan juga sebagai tanda wilayah kekuasaan mereka kepada burung lain di sekitarnya.

Sementara itu, betina memiliki panggilan yang lebih lembut dan dapat diterjemahkan menjadi bunyi “siwit…siwit…”. Panggilan ini biasanya digunakan untuk memanggil pasangannya atau sebagai komunikasi antara anggota keluarganya.

Jenis nyanyian burung Selendang Biru berbeda-beda tergantung pada konteks atau situasi yang mereka hadapi. Suara nyanyian mereka sangat indah dan merdu. Beberapa jenis nyanyian yang sering terdengar dari burung Selendang Biru antara lain serangkaian nada panjang dan tajam, atau suara yang terdengar seperti seruling.

Kesimpulan

Burung Selendang Biru adalah salah satu burung yang populer di Indonesia. Mereka memiliki penampilan yang menarik dengan bulu biru dan hitam yang kontras. Burung jantan dan betina memiliki ciri-ciri yang sedikit berbeda, terutama dalam hal ukuran dan warna bulu. Selain itu, suara mereka juga sangat khas dan unik.

Reproduksi burung Selendang Biru dilakukan secara monogami, dengan pasangan yang setia satu sama lain seumur hidup. Mereka membuat sarang di pohon atau semak belukar tinggi dan betina akan bertelur sebanyak dua hingga empat butir.

Burung Selendang Biru dapat ditemukan di beberapa wilayah di Indonesia seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatra, Kalimantan, dan Bali. Mereka juga dapat ditemukan di Malaysia dan Singapura.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin lebih mengenal Burung Selendang Biru. Jika Anda adalah pecinta burung, Anda pasti akan terpesona oleh keindahan dan keunikan burung ini.

Tinggalkan komentar

https://technologi.site/