Burung Sepah

Burung Sepah Kecil (Pericrocrotus cinnamomeus) – Bali Wildlife

Burung Sepah Kecil

Burung Sepah Kecil (Pericrocrotus cinnamomeus) adalah salah satu jenis burung kolibri yang memiliki keunikan tersendiri. Dengan ukurannya yang kecil dan warna bulunya yang mencolok, burung ini memiliki daya tarik yang tidak dapat diabaikan. Bagi pecinta burung, mungkin sudah tidak asing lagi dengan burung sepah kecil ini.

Perbedaan Burung Sepah Raja Jantan dan Betina

Perbedaan Burung Sepah Raja Jantan dan Betina

Burung Sepah Raja (Calypte anna) adalah salah satu jenis burung sepah yang dapat ditemukan di Amerika Utara. Burung ini memiliki keunikan dalam perbedaan antara jenis jantan dan betina. Dalam hal penampilan fisik, burung sepah raja jantan dan betina memiliki perbedaan yang cukup mencolok, terutama pada bagian kepala dan bulu ekor.

7 Jenis Burung Kolibri Yang Terkenal Dari 300 Jenisnya / Spesiesnya

7 Jenis Burung Kolibri Yang Terkenal Dari 300 Jenisnya

Burung kolibri merupakan salah satu jenis burung yang memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. Dalam keluarga kolibri, terdapat lebih dari 300 jenis spesies. Namun, di antara begitu banyak spesies burung kolibri yang ada, terdapat 7 jenis yang sangat terkenal dan sering ditemui di berbagai negara, seperti Amerika Selatan dan Amerika Utara.

Burung Sepah (mantenan) – Ocehan Kenari

Burung Sepah

Burung Sepah (Pyrrhura picta) adalah jenis burung yang tergolong dalam keluarga Psittacidae. Burung ini memiliki nama lahir mantenan, dan sering disebut juga dengan sebutan ocehan kenari karena kemampuannya untuk meniru suara kenari dengan sangat baik. Burung ini memiliki ciri khas yang membedakannya dengan jenis burung lainnya.

Apa itu Burung Sepah Kecil?

Burung Sepah Kecil (Pericrocrotus cinnamomeus) adalah jenis burung kolibri yang dikenal karena ukurannya yang kecil dan bulu warnanya yang mencolok. Burung ini memiliki panjang tubuh sekitar 9 cm dan berat sekitar 4-6 gram. Burung ini mendapatkan nama “sepah kecil” karena ciri khasnya yang unik, yaitu memiliki bulu-bulu panjang yang menjuntai di bagian sisi tubuhnya saat sedang terbang. Bulu ini memberikan kesan seperti ekor yang terurai, sehingga mirip dengan tumpukan sampah yang terbang.

Ciri-ciri Burung Sepah Kecil

Ada beberapa ciri-ciri yang dapat membedakan burung sepah kecil dengan jenis burung kolibri lainnya. Berikut adalah beberapa ciri-ciri burung sepah kecil:

  • Ukuran kecil: Seperti namanya, burung sepah kecil memiliki ukuran tubuh yang kecil dengan panjang sekitar 9 cm.
  • Bulu berwarna mencolok: Bulu burung sepah kecil memiliki warna yang mencolok, yaitu kombinasi antara hijau kekuningan di bagian punggung dan kepala, serta warna kemerahan di bagian dadanya. Warnanya sangat cerah dan kontras, sehingga membuat burung ini sangat terlihat saat terbang di antara dedaunan atau bunga-bunga.
  • Paruh panjang: Burung sepah kecil memiliki paruh yang cukup panjang, hampir sepanjang kepala. Paruh ini berfungsi untuk mencari makanan, terutama nektar bunga.
  • Kaki pendek: Meskipun memiliki paruh yang panjang, burung ini memiliki kaki yang relatif pendek.
  • Bulu ekor menjuntai: Salah satu ciri khas burung sepah kecil adalah memiliki bulu ekor yang panjang dan menjuntai di sisi tubuhnya saat sedang terbang. Bulu ini memberikan kesan seperti ekor yang terurai, sehingga burung ini sering disebut juga dengan burung “ekor sampah”.

Klasifikasi Burung Sepah Kecil

Berikut adalah klasifikasi ilmiah burung sepah kecil:

  • Kerajaan: Animalia (Hewan)
  • Filum: Chordata (Kordata)
  • Kelas: Aves (Burung)
  • Ordo: Apodiformes (Ordo burung yang mencakup kolibri dan layang-layang)
  • Famili: Trochilidae (Famili burung kolibri)
  • Genus: Pericrocrotus
  • Spesies: Pericrocrotus cinnamomeus

Jenis-jenis Burung Kolibri Lainnya

Selain burung sepah kecil, ada banyak jenis burung kolibri lainnya yang juga memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. Berikut adalah beberapa jenis burung kolibri yang terkenal selain sepah kecil:

1. Kolibri Merah (Trochilidae)

Kolibri Merah

Kolibri merah (Trochilidae) adalah jenis burung kolibri yang memiliki bulu berwarna merah cerah dan kecil. Burung ini ditemukan di berbagai belahan dunia, terutama di wilayah Amerika Selatan. Kolibri merah memiliki ukuran tubuh yang kecil, dengan panjang sekitar 7-10 cm. Burung ini juga dikenal karena kecepatan terbangnya yang tinggi dan kebiasaannya menghisap nektar bunga sebagai makanan utama. Kolibri merah juga memiliki paruh yang panjang dan ramping, yang memudahkan mereka dalam mengakses nektar bunga.

2. Kolibri Siskin (Aethopyga siparaja)

Kolibri Siskin

Kolibri siskin (Aethopyga siparaja) adalah jenis burung kolibri yang memiliki bulu berwarna cerah dan memikat. Burung ini ditemukan di berbagai wilayah Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Ukuran tubuh kolibri siskin sekitar 12 cm, dengan bulu berwarna hijau kebiruan di bagian punggung dan kepala. Bagian perut dan dadanya berwarna oranye kemerahan yang menarik. Burung ini juga memiliki paruh yang panjang dan ramping, yang memudahkan mereka dalam menghisap nektar bunga.

3. Kolibri Raja (Heliodoxa imperatrix)

Kolibri Raja

Kolibri raja (Heliodoxa imperatrix) adalah jenis burung kolibri yang dapat ditemukan di wilayah Amerika Tengah, terutama di negara-negara seperti Kosta Rika, Panama, dan Kolombia. Ukuran tubuh kolibri raja sekitar 10-13 cm, dengan bulu berwarna hijau kebiruan yang mencolok. Bagian dada burung ini berwarna keemasan dengan corak yang elegan. Salah satu ciri khas burung ini adalah adanya bulu di bagian pangkal lehernya yang tumbuh panjang dan menjuntai ke bawah.

4. Kolibri Violet (Colibri thalassinus)

Kolibri Violet

Kolibri violet (Colibri thalassinus) adalah jenis burung kolibri yang terkenal dengan bulu berwarna biru-violet yang indah. Burung ini dapat ditemukan di wilayah Amerika Utara dan Amerika Tengah. Ukuran tubuh kolibri violet sekitar 9-11 cm, dengan bulu berwarna hijau kebiruan di bagian atas dan bagian bawah tubuh. Bagian dada burung ini berwarna biru-violet yang mencolok. Selain itu, burung ini juga memiliki ekor yang panjang dan terurai.

5. Kolibri Brilho (Lesbia nuna)

Kolibri Brilho

Kolibri brilho (Lesbia nuna) adalah jenis burung kolibri yang ditemukan di wilayah Amerika Selatan, terutama di negara-negara seperti Peru, Bolivia, dan Argentina. Ukuran tubuh kolibri brilho sekitar 10-12 cm, dengan bulu berwarna kehijauan di bagian atas dan bagian bawah tubuh. Bagian tenggorokan dan dada burung ini berwarna merah cerah yang mencolok. Burung ini juga memiliki paruh yang panjang dan ramping, yang memudahkan mereka dalam mengakses nektar bunga.

6. Kolibri Kaca (Loddigesia mirabilis)

Kolibri Kaca

Kolibri kaca (Loddigesia mirabilis) adalah jenis burung kolibri yang dapat ditemukan di wilayah Amerika Selatan, terutama di negara-negara seperti Peru dan Bolivia. Burung ini dikenal karena keindahan bulu berwarna warni yang dimilikinya. Ukuran tubuh kolibri kaca sekitar 10-12 cm, dengan bulu berwarna hijau kebiruan di bagian atas dan bagian bawah tubuh. Bagian tenggorokan burung ini berwarna merah yang mencolok. Ciri khas lain dari burung ini adalah adanya jenis bulu khusus yang terdapat di lehernya, yang memantulkan cahaya dan memberikan kesan kilauan seperti kaca.

7. Kolibri Kuning (Eupherusa poliocerca)

Kolibri Kuning

Kolibri kuning (Eupherusa poliocerca) adalah jenis burung kolibri yang dapat ditemukan di wilayah Amerika Tengah, terutama di negara-negara seperti Kosta Rika, Panama, dan Nikaragua. Burung ini memiliki bulu berwarna kuning cerah yang memukau. Ukuran tubuh kolibri kuning sekitar 9-10 cm, dengan bulu berwarna hijau di bagian punggung dan bagian bawah tubuh. Bagian dada dan tenggorokan burung ini berwarna kuning cerah yang mencolok.

Cara Berkembang Biak Burung Sepah Kecil

Burung sepah kecil berkembang biak dengan cara bertelur dan mengerami telurnya. Proses perkawinan dan pembuahan terjadi antara burung jantan dan betina. Setelah proses pembuahan terjadi, burung betina akan membuat sarang untuk bertelur. Sarang yang dibuat oleh burung betina berbentuk seperti cawan dan terbuat dari berbagai serat, seperti batang rumput dan serat tumbuhan lainnya.

Burung betina biasanya akan bertelur sebanyak 2-4 butir dalam satu musim perkawinan. Telur tersebut berukuran kecil dan berwarna putih. Setelah bertelur, burung betina akan mengerami telur-telurnya selama periode waktu tertentu, biasanya antara 14-18 hari. Selama proses pengeraman, burung betina akan duduk di atas telurnya dan menjaganya agar tetap hangat dan aman.

Setelah telur menetas, burung induk akan merawat dan memberi makan anak-anak burung yang baru lahir. Makanan utama anak burung sepah kecil adalah nektar bunga. Burung induk akan mengisap nektar dari bunga dan memuntahkannya ke dalam mulut anak burung. Selain nektar bunga, anak burung juga akan diberi makan serangga kecil sebagai tambahan gizi.

Proses pemeliharaan dan perawatan anak burung sepah kecil akan berlangsung selama beberapa minggu hingga anak burung mampu mandiri dan terbang sendiri. Setelah mencapai usia yang cukup, burung sepah kecil dapat hidup secara mandiri di alam liar.

Contoh Burung Sepah Kecil

Berikut adalah contoh gambar burung sepah kecil:

Contoh Burung Sepah Kecil

Gambar di atas adalah contoh burung sepah kecil (Pericrocrotus cinnamomeus). Dalam gambar tersebut, burung sepah kecil terlihat sedang berada di atas bunga dan sedang mengepakkan sayapnya. Bulu-bulu mencolok pada tubuh burung ini memberikan kesan yang indah dan menarik.

Kesimpulan

Demikianlah ulasan mengenai burung sepah kecil, salah satu jenis burung kolibri yang memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. D

Tinggalkan komentar

https://technologi.site/