Cara Mengobati Asam Urat Di Usia Muda

Asam urat merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup umum terjadi pada masyarakat, baik itu di kalangan pria maupun wanita. Jika tidak diobati dengan benar, asam urat dapat berdampak buruk pada kesehatan tubuh dan berpotensi mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami apa itu asam urat, dampaknya, manfaatnya, dimana kita bisa mendapatkan pengobatan yang tepat, serta merk dan harga obat yang sesuai dengan kondisi kita.

Cara Mengobati Asam Urat

Untuk mengobati asam urat, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda coba untuk mengatasi asam urat:

Penggunaan Obat

Salah satu cara terbaik untuk mengobati asam urat adalah dengan menggunakan obat. Ada beberapa jenis obat yang biasa digunakan untuk mengobati penyakit ini, seperti allopurinol, febuxostat, dan probenecid. Namun, sebelum menggunakan obat tersebut, ada baiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menentukan jenis obat yang sesuai dengan kondisi anda.

Pengaturan Pola Makan

Polamakan juga menjadi poin penting dalam pengobatan asam urat. Menjalani diet yang sehat dan seimbang dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Beberapa jenis makanan yang harus dihindari adalah daging merah, kerang, makanan yang mengandung lemak jenuh, alkohol, dan juga makanan yang mengandung fruktosa.

Penurunan Berat Badan

Bagi mereka yang memiliki berat badan berlebih, menurunkan berat badan juga dapat membantu mengatasi asam urat. Karena semakin berat seseorang, semakin tinggi kadar asam urat di dalam tubuhnya. Oleh karena itu, menurunkan berat badan dapat membantu menurunkan kadar asam urat, sekaligus meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Olahraga Rutin

Olahraga rutin juga bisa membantu mengatasi asam urat. Dengan olahraga, lemak tubuh akan terbakar dan ternyata hal ini juga dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Namun, disarankan untuk melakukan olahraga secara teratur dan tidak berlebihan.

Merk dan Harga Obat Pengobatan Asam Urat

Setelah mengetahui beberapa cara untuk mengobati asam urat, anda juga perlu mengetahui merk dan harga obat yang sesuai. Berikut ini adalah beberapa merk obat yang biasa digunakan dan harganya:

  1. Allopurinol – Rp 5000 – Rp 20.000 per butir
  2. Febuxostat – Rp 20.000 – Rp 100.000 per butir
  3. Probenecid – Rp 700 – Rp 5000 per butir

Apa itu Asam Urat?

Secara umum, asam urat adalah zat sisa dari pemecahan purin yang ada di dalam tubuh kita. Purin sendiri merupakan senyawa yang terkandung dalam berbagai jenis makanan seperti daging merah, kerang, dan makanan yang mengandung fruktosa. Apabila kadar asam urat dalam tubuh terlalu tinggi, maka zat tersebut dapat menumpuk dan membentuk kristal yang menempel pada persendian. Hal tersebut dapat memicu timbulnya rasa nyeri dan pembengkakan pada persendian.

Dampak Asam Urat pada Kesehatan Tubuh

Jika tidak diatasi dengan benar, asam urat dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan tubuh. Beberapa dampak yang dapat terjadi antara lain:

  • Timbulnya rasa nyeri dan pembengkakan pada persendian
  • Meningkatkan risiko terkena penyakit jantung
  • Menurunkan fungsi dari ginjal
  • Menurunkan kualitas hidup sehari-hari

Manfaat Asam Urat bagi Kesehatan Tubuh

Pada kesehatan tubuh, asam urat juga memiliki manfaatnya sendiri. Beberapa manfaat tersebut antara lain:

  • Asam urat dapat berfungsi sebagai antioksidan dan membantu melindungi tubuh dari radikal bebas
  • Asam urat juga berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh
  • Asam urat dapat membantu meningkatkan produksi sperma pada pria

Dimana Mendapatkan Pengobatan Asam Urat yang Tepat?

Setelah mengetahui cara mengobati asam urat dan merk obat yang sesuai, anda juga perlu mengetahui dimana anda bisa mendapatkan pengobatan yang tepat. Ada beberapa tempat yang dapat anda kunjungi untuk mendapatkan pengobatan asam urat, seperti:

Klinik Kesehatan

Anda bisa mengunjungi klinik kesehatan terdekat untuk berkonsultasi dengan dokter tentang asam urat yang anda alami. Dokter akan memberikan beberapa jenis tes untuk menentukan tingkat keparahan asam urat dan memberi bantuan yang dibutuhkan. Biasanya dokter juga akan memberikan resep obat yang sesuai dengan kondisi anda.

Apotek

Anda juga dapat pergi ke apotek terdekat untuk membeli obat yang diresepkan oleh dokter. Apotek ini akan memberikan informasi yang menjelaskan tentang penggunaan obat, dosis yang harus diambil, serta waktu konsumsi obat.

Rumah Sakit

Apabila kondisi anda sudah sangat parah, anda disarankan untuk memeriksakan diri ke rumah sakit. Dokter akan melakukan tes yang lebih lengkap dan memberikan perawatan yang lebih tepat sesuai dengan kondisi anda.

Kelebihan dan Kekurangan Obat Pengobatan Asam Urat

Sebelum menggunakan obat pengobatan asam urat, anda juga perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari masig-masing jenis obat. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari obat pengobatan asam urat:

Allopurinol

Kelebihan

Allopurinol memiliki khasiat efektif dalam mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Obat ini juga cukup aman dan jarang menimbulkan efek samping jika digunakan dengan dosis yang tepat.

Kekurangan

Obat allopurinol sering kali membutuhkan waktu yang lama untuk menunjukkan efek terapeutiknya. Penggunaan obat ini juga harus diiringi dengan diet yang benar dan pemeriksaan teratur.

Febuxostat

Kelebihan

Febuxostat memiliki khasiat efektif dalam mengendalikan produksi asam urat. Obat ini juga jarang menimbulkan efek samping.

Kekurangan

Harga obat febuxostat cukup mahal jika dibandingkan dengan jenis obat yang lain. Beberapa kasus juga menunjukkan bahwa obat ini dapat menimbulkan efek samping yang serius, seperti gangguan liver dan ginjal.

Probenecid

Kelebihan

Probenecid dapat digunakan bersamaan dengan obat lain untuk meningkatkan efektivitas pencegahan asam urat. Obat ini juga dapat mengurangi kadar asam urat dengan cepat.

Kekurangan

Probenecid dapat menimbulkan efek samping seperti sakit kepala dan gangguan pencernaan. Obat ini juga tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal.

Demikianlah informasi lengkap seputar asam urat yang perlu anda ketahui. Untuk itu, anda harus memperhatikan beberapa cara untuk mengobati asam urat yang telah dijelaskan diatas, mengetahui merk dan harga obat yang sesuai, serta dimana anda bisa mendapatkan pengobatan yang tepat. Semoga informasi diatas dapat membantu anda mengatasi masalah asam urat yang anda alami. Tetaplah menjaga kesehatan tubuh dan mau setting pola hidup sehat!

This will close in 0 seconds

https://technologi.site/