Cara Mengobati Penyakit Tbc Secara Alami Dan Cepat

Penyakit Tuberkulosis atau TBC merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan jika tidak segera diobati. Namun, anda tidak perlu khawatir karena saat ini ada berbagai cara mengobati penyakit TBC yang bisa anda lakukan.

Cara Mengobati Penyakit TBC

Berikut adalah delapan cara mengobati penyakit TBC yang bisa anda coba:

1. Mengonsumsi Obat TBC

Obat TBC adalah cara utama dalam mengobati penyakit TBC. Obat TBC harus diminum sesuai dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter. Jangan sampai terlewatkan satu kali minum obat, karena hal tersebut dapat memperburuk kondisi TBC yang anda alami. Obat TBC diberikan lebih dari satu jenis dan harus diminum dalam jangka waktu yang cukup lama.

2. Menjaga Kesehatan Makanan

Jaga kebersihan makanan dan air yang akan anda konsumsi. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi, konsumsi air putih yang cukup, dan hindari makanan yang kurang sehat. Hindari makanan yang kurang baik untuk kesehatan anda. Hindari makanan yang tinggi lemak dan manis, karena dapat memperburuk kondisi TBC anda.

3. Istirahat Yang Cukup

Salah satu cara mengobati TBC adalah dengan istirahat yang cukup. Istirahat sempurna, paling sedikit delapan jam sehari. Duduk lebih banyak dari biasanya, jika memiliki sakit kepala. Jangan melakukan olahraga fisik yang berat untuk sementara waktu.

4. Mengurangi Sudut Asap

Asap rokok, asap pabrik, dan asap kendaraan bermotor dapat membuat kondisi TBC yang anda alami semakin buruk. Oleh karena itu, anda harus menghindari atau mengurangi paparan asap tersebut.

5. Cek Kesehatan Rutin

Periksakan kesehatan anda secara rutin. Hal ini untuk memantau kondisi kesehatan anda. Ketika kondisi TBC yang anda alami mulai membaik, berhenti konsumsi obat TBC tidak diizinkan oleh dokter. Periksakan kondisi anda secara teratur agar kondisi TBC anda bisa dicegah dan melihat perkembangan kondisi TBC anda.

6. Mengurangi Stres

Stres dapat memperburuk kondisi TBC yang anda alami. Mengurangi stres akan sangat membantu anda dalam mengobati penyakit TBC. Berlibur, menikmati masa-masa bersama orang yang tercinta, dan bersantai akan membantu anda mengurangi stres yang berlebihan.

7. Pemberian Nutrisi Tambahan

Selain mengonsumsi obat TBC dan menjaga kesehatan makanan, nutrisi tambahan juga berguna untuk mengobati penyakit TBC yang anda alami. Selalu konsumsi vitamin, mineral, dan bahan makanan lainnya yang diberikan pada anda oleh dokter. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda, sehingga TBC yang anda alami lebih mudah disembuhkan.

8. Terapi Oksigen

Jika anda mengalami kesulitan bernapas, dokter akan memberikan anda terapi oksigen. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan suplai oksigen ke tubuh anda.

Apa Itu Penyakit TBC?

Penyakit Tuberkulosis atau TBC adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Bakteri ini biasanya menyerang paru-paru, tetapi dapat juga menyerang organ-organ lain seperti limpa dan kelenjar getah bening.

Dampak Penyakit TBC

Penyakit TBC dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Berikut ini adalah efek atau dampak dari penyakit TBC:

1. Menurunkan Berat Badan

Penyakit TBC dapat menyebabkan berat badan anda turun drastis. Hal ini disebabkan karena tubuh anda tidak bisa menyerap nutrisi dari makanan yang anda konsumsi. Akibatnya, berat badan anda akan turun dan anda akan mengalami kekurangan nutrisi dalam jangka waktu yang lama.

2. Meningkatkan Risiko Infeksi

Orang dengan penyakit TBC memiliki risiko yang lebih tinggi terkena infeksi dari bakteri lain. Hal ini disebabkan karena pengobatan TBC menggunakan obat- obatan yang kuat dan bisa menghambat pertumbuhan bakteri.

3. Meningkatkan Risiko Keguguran

Jika wanita hamil terkena penyakit TBC, maka akan meningkatkan risiko keguguran pada janin yang dikandung. Hal ini disebabkan karena kondisi TBC yang anda alami akan mempengaruhi kesehatan kandungan anda secara keseluruhan.

Kegunaan Penyakit TBC

Penyakit TBC digunakan sebagai alat yang efektif untuk mengidentifikasi dan mendeteksi infeksi tuberkulosis pada manusia. Penyakit TBC dianggap sebagai salah satu indikasi penting di bidang kesehatan karena dapat digunakan untuk menentukan bentuk pengobatan dan praktek medis yang seharusnya diterapkan untuk penyakit yang sama.

Dimana Terjadi Penyebaran Penyakit TBC?

Penyebaran penyakit TBC dapat terjadi di mana saja, termasuk di tempat-tempat seperti rumah sakit, klinik, sekolah, tempat kerja, dan tempat-tempat umum lainnya. Penyakit TBC dapat menyebar melalui udara ketika seseorang yang terinfeksi batuk atau bersin.

Kelebihan dan Kekurangan Cara Mengobati Penyakit TBC

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan cara mengobati penyakit TBC:

1. Kelebihan

  • Obat-obatan yang digunakan untuk mengobati TBC adalah sangat efektif dalam mengatasi masalah kesehatan yang satu ini.
  • Dalam banyak kasus, penyakit TBC dapat disembuhkan sepenuhnya.
  • Cara mengobati penyakit TBC yang dijelaskan di atas sangat mudah untuk dilakukan dan tidak membutuhkan biaya atau pengeluaran yang besar.

2. Kekurangan

  • Mengonsumsi obat-obatan untuk mengobati TBC adalah proses yang panjang dan membutuhkan waktu yang sangat lama.
  • Beberapa jenis pengobatan TBC dapat menyebabkan efek samping yang serius dan mempengaruhi kesehatan anda secara keseluruhan.
  • Sebagian orang akan mengalami kesulitan dalam menangani efek samping atau gejala yang muncul saat mengonsumsi obat-obatan pengobatan TBC.

Merk dan Harga Obat TBC

Berikut adalah merk dan harga obat-obatan yang bisa anda gunakan untuk mengobati penyakit TBC:

  • Rifampisin
    Harga obat Rifampisin adalah sekitar Rp 350.000 – Rp 500.000 per strip.
  • Pyrazinamide
    Harga obat Pyrazinamide adalah sekitar Rp 200.000 – Rp 250.000 per strip.
  • Isoniazid
    Harga obat Isoniazid adalah sekitar Rp 10.000 – Rp 50.000 per strip.
  • Ethambutol
    Harga obat Ethambutol adalah sekitar Rp 500.000 – Rp 600.000 per strip.
  • Kombinasi Obat
    Harga kombinasi obat TBC adalah sekitar Rp 1.500.000 – Rp 2.000.000 per strip.

Itulah delapan cara mengobati penyakit TBC yang bisa anda lakukan. Ingat, pengobatan TBC membutuhkan waktu yang cukup lama dan memerlukan perawatan yang intensif. Namun, dengan mengikuti cara pengobatan TBC yang dianjurkan oleh dokter dan menjaga pola hidup yang sehat, anda akan sembuh dari penyakit TBC yang anda alami.

Dadan Suradan Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Cara Mengobati Penyakit Tbc Secara Alami Dan Cepat yang dipublish pada 10 Mei 2023 di website Homecare24

Artikel Terkait