Contoh Bikin Surat Pengunduran Diri

Contoh Surat Pengunduran Diri atau Resign Terbaik

Ada kalanya kita merasa perlu untuk mengundurkan diri atau resign dari pekerjaan yang saat ini kita pikir tidak lagi cocok untuk kita. Ketika akan mengajukan surat pengunduran diri atau resign, untuk memastikan langkah kita tepat, sebaiknya dipikirkan dengan matang dan disiapkan dengan baik.

Apa Itu Surat Pengunduran Diri?

Surat pengunduran diri adalah surat yang dibuat oleh seorang pekerja yang akan memutuskan hubungannya dengan pekerjaannya. Surat ini berisi pemberitahuan kepada pihak yang berwenang di tempat kerja bahwa pekerja tersebut akan berhenti bekerja di tempat tersebut.

Mengapa Harus Mengajukan Surat Pengunduran Diri?

Mengajukan surat pengunduran diri sebenarnya bukanlah hal yang mudah. Namun terkadang ada beberapa alasan yang membuat kita memutuskan untuk meninggalkan tempat kerja, seperti:

  • Tidak cocok dengan lingkungan kerja
  • Kerjaan menjadi terlalu berat
  • Tidak mendapatkan gaji yang layak
  • Bertentangan dengan nilai-nilai atau visi misi perusahaan

Hal-hal tersebut dapat membuat kita merasa tidak nyaman di tempat kerja, dan ini tentu akan berdampak pada produktivitas dan kesehatan psikologis. Oleh karena itu, mengajukan surat pengunduran diri adalah suatu keputusan yang wajar dalam menjaga kesehatan mental kita.

Cara Menulis Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar

Mengajukan surat pengunduran diri memang bisa dibilang rumit dan memerlukan persiapan secara matang. Berikut adalah beberapa cara menulis surat pengunduran diri yang baik dan benar:

  • Pastikan kita telah membuat keputusan dengan matang dan siap berhenti dari pekerjaan
  • Buatlah surat pengunduran diri secara resmi dan jelas
  • Tulis surat dengan bahasa yang sopan dan profesional
  • Sampaikan alasannya secara jujur, tetapi tetap sopan
  • Berikan konfirmasi mengenai tanggal terakhir bekerja
  • Sertakan ucapan terima kasih atas kesempatan yang diberikan

Contoh Surat Pengunduran Diri atau Resign Terbaik

Contoh Surat Pengunduran Diri Bendahara Bos Sekolah

Bergabung dengan dunia pendidikan memang menjadi pilihan banyak orang, namun pekerjaan di dunia ini juga bisa menimbulkan stress dan tekanan. Ada kalanya sehingga kita merasa bahwa pekerjaan yang kita pegang di lingkungan sekolah tidak lagi cocok dengan kita. Berikut ini adalah contoh surat pengunduran diri bendahara bos sekolah yang bisa digunakan sebagai inspirasi dalam membuat surat pengunduran diri kita sendiri.

Apa Itu Surat Pengunduran Diri?

Pengunduran diri adalah keputusan seseorang untuk berhenti dari pekerjaannya karena berbagai alasan. Surat pengunduran diri sendiri adalah surat formal yang digunakan untuk memberitahu atasan atau manajemen mengenai niat kita untuk berhenti bekerja.

Mengapa Harus Mengajukan Surat Pengunduran Diri?

Berhenti dari pekerjaan mungkin bukanlah sesuatu yang mudah, namun kadang kala dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mental kita. Alasan pemutusan hubungan kerja secara sukarela biasanya beragam, semisal kesalahan perekrutan awal, ketidak cocokan dengan lingkungan kerja, atau bahkan untuk melanjutkan pendidikan lanjutan. Apapun alasan pemutusan hubungan kerja tersebut, perlu diingat bahwa surat pengunduran diri perlu di ajukan. Surat ini berfungsi sebagai bukti resmi bahwa kita telah memberitahu manajemen atau atasan mengenai niat kita untuk berhenti bekerja.

Cara Menulis Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar

Berikut adalah beberapa cara dalam membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar:

  • Pastikan isi surat mudah dipahami
  • Jangan memberikan argumen yang negatif
  • Sampaikan alasan pengunduran diri dengan jujur dan sopan
  • Gunakan bahasa yang sopan dan tidak menyudutkan
  • Sebutkan tanggal akhir pekerjaan
  • Sertakan ucapan terima kasih atas kesempatan yang diberikan

Contoh Surat Pengunduran Diri Bendahara Bos Sekolah

Dadan Suradan Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Contoh Bikin Surat Pengunduran Diri yang dipublish pada 10 Mei 2023 di website Homecare24

Artikel Terkait