Contoh Soal Luas Permukaan Prisma

Contoh soal luas permukaan prisma

Luas Permukaan Prisma

Prisma adalah bangun ruang tiga dimensi yang memiliki alas segi-n dengan sisi tegak berbentuk persegi panjang atau persegi. Jumlah sisi pada prisma adalah dua kali lipat dari jumlah sisi alas. Namun, pada prisma tidak terdapat sisi yang berhubungan langsung antara salah satu sisi dalam dengan sisi luar.

Apa Itu Luas Permukaan Prisma?

Luas permukaan prisma adalah jumlah semua luas sisi-sisi yang membentuk prisma. Secara matematis, luas permukaan prisma dapat ditemukan melalui rumus:

L = p × t + 2 × Ls

dengan:
L = luas permukaan prisma
p = panjang alas
t = tinggi prisma
Ls = luas seluruh sisi

Mengapa Luas Permukaan Prisma Penting?

Luas permukaan prisma sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dalam menentukan jumlah kertas yang dibutuhkan untuk membuat kemasan dengan bentuk prisma, atau dalam menghitung jumlah bahan untuk membuat sebuah bangunan berbentuk prisma.

Bagaimana Cara Menghitung Luas Permukaan Prisma?

Cara menghitung luas permukaan prisma adalah dengan mengikuti rumus yang telah disebutkan sebelumnya yaitu:

L = p × t + 2 × Ls

Namun, untuk mempermudah perhitungan, luas alas dan tinggi prisma dapat langsung di kalikan terlebih dahulu, baru kemudian dikalikan dengan dua dan ditambahkan dengan jumlah luas seluruh sisi.

Contoh Soal Luas Permukaan Prisma

Berikut adalah contoh soal mengenai luas permukaan prisma:

Sebuah prisma segitiga mempunyai panjang alas 12 cm, tinggi prisma 8 cm dan lebar segitiga 5 cm dan 7 cm. Tentukanlah luas permukaan prismanya!

Penyelesaian:
Luas Alas = 1/2 × 12 × [ 5 + 7 ] = 42 cm²
Luas Seluruh Sisi = [ (12 × 5) + (12 × 7) + √ (5² + 7²) × 12 ] = 258 cm²
L = (12 × 8) + 2 × 258 = 786 cm²

Maka, luas permukaan prisma segitiga tersebut adalah 786 cm².

Contoh Soal Luas Permukaan Bangun Ruang

Luas Permukaan Bangun Ruang

Bangun ruang adalah bangun geometri tiga dimensi yang terbentuk oleh beberapa bidang yang membatasi suatu ruang tertutup atau terbuka. Bangun-bangunan ruang selalu terdiri dari beberapa permukaan yang memiliki ukuran dan bentuk tertentu. Salah satu ukuran yang diperhatikan pada bangun ruang adalah luas permukaan.

Apa Itu Luas Permukaan Bangun Ruang?

Luas permukaan bangun ruang adalah jumlah semua luas permukaan yang membentuk bangun ruang tersebut. Caranya adalah dengan menjumlahkan luas semua sisi atau permukaan yang ada pada bangun ruang tersebut.

Mengapa Luas Permukaan Bangun Ruang Penting?

Luas permukaan bangun ruang sangat berpengaruh dalam banyak hal, terutama dalam dunia industri. Salah satu hal yang sangat penting adalah dalam membuat kemasan produk yang efektif dan efisien. Dalam hal ini, pemahaman mengenai luas permukaan bangun ruang sangat dibutuhkan. Dalam dunia arsitektur, luas permukaan juga sangat dipertimbangkan untuk membuat bangunan dengan bentuk yang sesuai, tahan lama dan fungsional.

Bagaimana Cara Menghitung Luas Permukaan Bangun Ruang?

Cara menghitung luas permukaan bangun ruang dapat bervariasi tergantung pada bentuk dan sifat bangun ruang tersebut. Namun, secara umum, luas permukaan bangun ruang dapat dihitung dengan rumus berikut:

L = Σ luas permukaan setiap sisi

dengan:
L = luas permukaan bangun ruang
Σ = jumlahkan semua sisi atau permukaan bangun ruang

Contoh Soal Luas Permukaan Bangun Ruang

Berikut adalah contoh soal mengenai luas permukaan bangun ruang:

Sebuah tabung berbentuk silinder mempunyai jari-jari 7 cm dan tinggi 12 cm. Tentukanlah luas permukaan dari tabung tersebut!

Penyelesaian:
Luas Alas = π × ( 7 × 7 ) = 154 cm²
Luas Selimut = π × ( 2 × 7 ) × 12 = 528 cm²
L = 2 × 154 + 528 = 836 cm²

Maka, luas permukaan dari tabung tersebut adalah 836 cm².

Dadan Suradan Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Contoh Soal Luas Permukaan Prisma yang dipublish pada 25 Mei 2023 di website Homecare24

Artikel Terkait