Contoh Surat Keterangan Cerai Dari Rt

Dadan Suradan Pratama

Dalam kehidupan pernikahan, banyak faktor yang dapat mempengaruhi keutuhan hubungan suami istri. Namun, apabila hubungan tersebut sudah tidak dapat dilanjutkan, maka suatu saat akan terjadi perceraian. Untuk itu, penting bagi seseorang untuk memiliki Surat Keterangan Cerai, karena surat tersebut berfungsi sebagai bukti resmi dari perceraian yang terjadi. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diketahui mengenai Surat Keterangan Cerai.

Apa itu Surat Keterangan Cerai?

Surat Keterangan Cerai adalah surat resmi yang dibuat oleh instansi yang berwenang, seperti kelurahan atau kantor desa, sebagai bukti dari perceraian yang terjadi antara suami istri. Surat ini biasanya dibuat berdasarkan permintaan salah satu pihak yang mengajukan cerai, dan memiliki kekuatan hukum yang sama dengan putusan pengadilan.

Mengapa Surat Keterangan Cerai Dibutuhkan?

Surat Keterangan Cerai sangat penting karena sebagai bukti resmi dari perceraian yang terjadi. Surat ini dapat digunakan untuk keperluan administrasi, seperti mengurus surat-surat kendaraan, pembagian harta gono-gini, pembuatan surat wasiat, serta proses proses perizinan yang memerlukan status perkawinan.

Bagaimana Cara Membuat Surat Keterangan Cerai?

Untuk membuat Surat Keterangan Cerai, tahapan-tahapan yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama, serahkan surat permohonan perceraian yang ditandatangani oleh suami dan istri ke kantor kelurahan atau kantor desa tempat domisili pihak yang mengajukan cerai.
  2. Setelah diberikan persetujuan oleh instansi yang berwenang, kelurahan atau kantor desa akan membuat surat Keterangan Cerai yang berisi data-data seperti nama lengkap, nomor KTP, alamat, tanggal lahir, serta tanda tangan suami dan istri.
  3. Setelah surat selesai dibuat, pihak yang mengajukan perceraian akan diberikan salinan surat tersebut.

Contoh Surat Keterangan Cerai

Berikut ini adalah contoh Surat Keterangan Cerai:

Surat Lamaran Kerja : Desain

Formulir Isian : Nomor 01

Perihal : Surat Keterangan Cerai

Kepada Yth.

Kepala Kelurahan / Desa

Di Tempat

Bersama surat ini saya bermaksud untuk memohon pembuatan Surat Keterangan Cerai sebagai bukti dari perceraian yang terjadi antara saya dibawah ini :

  • Nama Lengkap : [Nama Lengkap Istri / Suami]
  • Tempat, tanggal lahir : [Tempat, tanggal lahir Istri / Suami]
  • Agama : [Agama Istri / Suami]
  • Warga Negara : [Warga Negara Istri / Suami]
  • Status perkawinan : [Status Perkawinan Sebelumnya (Menikah/SK Menikah / Cerai)]
  • Alamat : [Alamat tempat tinggal saat ini]

Demikian permohonan ini saya sampaikan. Atas perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

[Nama Lengkap]

[Tanggal]

Kesimpulan

Surat Keterangan Cerai merupakan surat resmi yang dibuat oleh instansi yang berwenang sebagai bukti dari perceraian antara suami istri. Surat ini berisi data-data seperti nama lengkap, nomor KTP, alamat, tanggal lahir, serta tanda tangan suami dan istri. Penting bagi seseorang untuk memiliki Surat Keterangan Cerai karena surat tersebut dapat digunakan untuk keperluan administrasi, seperti mengurus surat-surat kendaraan, pembagian harta gono-gini, pembuatan surat wasiat, serta proses perizinan yang memerlukan status perkawinan.

Oleh karena itu, bagi seseorang yang ingin mengajukan perceraian, penting untuk mengetahui prosedur dan tahapan yang perlu dilakukan untuk membuat Surat Keterangan Cerai demi menjaga kepastian hukum dan keberlangsungan administratif keperluan seseorang. Semoga artikel ini bermanfaat.