Contoh Surat Peringatan 2

Banyak dari kita mungkin pernah menerima atau memberikan surat peringatan kerja pada karyawan. Apa itu surat peringatan kerja, mengapa dibutuhkan, dan bagaimana cara memberikan surat peringatan kerja? Berikut kami paparkan dengan lengkap.

Contoh Surat Peringatan Kerja serta Ketentuannya untuk Karyawan Anda!

Saat seorang karyawan melanggar peraturan yang telah ditentukan oleh perusahaan, maka perusahaan harus memberikan sanksi yang tepat agar karyawan tersebut tidak mengulangi kesalahan yang sama. Salah satu sanksi yang umum diberikan oleh perusahaan adalah surat peringatan kerja atau biasa disebut SP.

Apa itu Surat Peringatan Kerja?

Surat Peringatan Kerja adalah suatu pemberitahuan tertulis yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan yang melakukan pelanggaran atau pelaksanaan kinerja yang tidak memadai dalam pekerjaannya. Surat peringatan kerja berfungsi sebagai langkah awal untuk memberikan sanksi kepada karyawan yang bersangkutan. Selain itu, surat peringatan kerja juga dapat menjadi bukti tertulis tentang pelanggaran yang dilakukan oleh karyawan.

Mengapa Perlu Adanya Surat Peringatan Kerja?

Adanya surat peringatan kerja sangat penting karena:

  • Memberikan peringatan kepada karyawan yang melakukan pelanggaran atau pelaksanaan kinerja yang tidak memadai dalam pekerjaannya.
  • Menjaga disiplin kerja dan kinerja yang baik dalam perusahaan.
  • Menjadi bukti tertulis dalam kasus pelanggaran atau pelaksanaan kinerja yang tidak memadai dari karyawan.
  • Memberikan kesempatan kepada karyawan untuk memperbaiki kesalahannya.
  • Menghindari konflik yang lebih besar antara karyawan dan perusahaan.

Cara Memberikan Surat Peringatan Kerja

Saat memberikan surat peringatan kerja, Anda harus memerhatikan beberapa hal, yaitu:

  1. Surat peringatan kerja harus diberikan secara tertulis.
  2. Surat peringatan kerja harus diberikan dengan jelas menyebutkan pelanggaran atau pelaksanaan kinerja yang tidak memadai.
  3. Surat peringatan kerja harus menyebutkan konsekuensi yang akan diterima oleh karyawan jika melakukan pelanggaran atau pelaksanaan kinerja yang tidak memadai lagi.
  4. Surat peringatan kerja harus ditandatangani oleh pihak yang berwenang di perusahaan.
  5. Salinan surat peringatan kerja harus diberikan kepada karyawan yang bersangkutan.
  6. Surat peringatan kerja harus disimpan dengan baik untuk kepentingan perusahaan di kemudian hari.

Contoh Surat Peringatan Kerja

Berikut adalah contoh surat peringatan kerja yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan:

Contoh 1

Kepada Yth.

Bapak/Ibu/Saudara:

Berdasarkan temuan audit internal yang dilakukan pada tanggal 1 Oktober 2021, oleh karena itu kami memberikan surat peringatan kerja nomor SP-001 untuk memberikan teguran tertulis bahwa Saudara telah melakukan pelanggaran yang disebutkan di bawah ini:

  1. Telah sering terlambat datang ke kantor tanpa surat izin.
  2. Telah keluar dari kantor dalam jam kerja tanpa alasan yang jelas.

Kami telah memperingatkan Saudara secara lisan agar tidak melakukan hal tersebut, namun Saudara tidak memperbaiki diri dan masih melakukan hal yang sama.

Untuk itu, kami memberikan teguran bahwa perilaku Saudara telah melanggar ketentuan disiplin karyawan dan menghambat kinerja perusahaan serta melanggar ketentuan jam kerja yang telah ditetapkan dalam perusahaan.

Kami berharap Saudara sebagai karyawan yang loyal dapat memberikan kinerja yang terbaik dan mematuhi semua ketentuan dan aturan yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Demikian surat peringatan kerja ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama dari Saudara kami sangat mengucapkan terima kasih.

PT. XYZ

Tanda tangan pimpinan

Contoh 2

Kepada Yth.

Bapak/Ibu/Saudara:

Berdasarkan hasil evaluasi kinerja yang dilakukan oleh perusahaan atas tugas-tugas yang Anda laksanakan, kami berikan surat peringatan kerja atas perilaku yang kurang memuaskan dalam pekerjaan di perusahaan kami berdasarkan pelanggaran yang disebutkan di bawah ini:

  1. Sering menyelesaikan tugas dengan kualitas yang kurang baik.
  2. Sering terlambat melakukan tugas, bahkan dalam beberapa kasus, tugas tidak dapat diselesaikan tepat waktu tanpa alasan yang jelas.

Kami telah memberikan saran dan pengarahan untuk meningkatkan kinerja, namun hasilnya tetap kurang memuaskan.

Dalam rangka meningkatkan kinerja dan menyelesaikan tugas yang diberikan, kami berharap Saudara dapat melakukan perbaikan peningkatan serta memenuhi standar kinerja yang telah ditetapkan perusahaan.

Demikian surat peringatan kerja ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama dari Saudara kami sangat mengucapkan terima kasih.

PT. XYZ

Tanda tangan pimpinan

Demikian penjelasan mengenai Surat Peringatan Kerja serta contoh-contoh surat peringatan kerja. Pentingnya memberikan sanksi untuk karyawan yang melakukan pelanggaran atau pelaksanaan kinerja yang tidak memadai dalam pekerjaannya sudah seharusnya diberikan dalam konteks pengelolaan sumber daya manusia yang baik.

Dadan Suradan Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Contoh Surat Peringatan 2 yang dipublish pada 30 November 2023 di website Homecare24

Artikel Terkait