Contoh Surat Permohonan Beasiswa Baznas

Banyak sekali hal yang bisa kita lakukan untuk memperoleh manfaat dalam hidup. Salah satunya yaitu dengan meminta bantuan kepada pihak lain. Misalnya saja ketika kita ingin mengikuti suatu acara pernikahan dan ingin menjadi saksi nikah dari pasangan tersebut, maka tidak ada salahnya kita mencoba untuk meminta izin terlebih dahulu dengan mengirimkan surat permohonan menjadi saksi nikah. Berikut ini adalah contoh surat permohonan menjadi saksi nikah:

Apa Itu Surat Permohonan Menjadi Saksi Nikah?

Surat permohonan menjadi saksi nikah merupakan sebuah surat permohonan yang dibuat oleh seseorang yang ingin menjadi saksi pada suatu acara pernikahan. Biasanya surat ini dibuat dan dikirimkan ke pihak pengantin yang akan menikah sebagai bentuk permohonan untuk meminta izin menjadi saksi pada acara pernikahan tersebut. Tujuannya agar kita bisa hadir sebagai saksi dan memberikan dukungan serta doa untuk pasangan yang akan menikah. Surat ini sudah menjadi tradisi untuk dibuat sebelum suatu acara pernikahan dilakukan.

Mengapa Harus Membuat Surat Permohonan Menjadi Saksi Nikah?

Ada berbagai macam alasan mengapa kita harus membuat surat permohonan untuk menjadi saksi pada sebuah acara pernikahan. Beberapa di antaranya yaitu:

  • Untuk memperoleh izin menjadi saksi pada acara pernikahan yang hendak dilaksanakan.
  • Sebagai bentuk penghormatan kepada pasangan yang akan menikah.
  • Sebagai bentuk dukungan dan doa pada pasangan yang akan menikah.

Bagaimana Cara Membuat Surat Permohonan Menjadi Saksi Nikah?

Berikut ini adalah cara membuat surat permohonan menjadi saksi nikah:

  1. Buatlah salam pembuka pada surat, seperti contohnya:
    • Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
    • Sehubungan dengan rencana acara pernikahan Saudara/i yang akan diselenggarakan pada tanggal (tanggal pernikahan), saya bermaksud untuk mengajukan permohonan sebagai saksi nikah pada acara tersebut.
  2. Berikutnya, jelaskan alasan Anda ingin menjadi saksi pada acara pernikahan tersebut. Contohnya:
    • Saya merasa sangat bersyukur atas pernikahan Saudara/i dan ingin memberikan dukungan serta doa terbaik bagi keberhasilan acara tersebut.
  3. Jelaskan mengenai diri Anda, seperti contohnya:
    • Saya adalah (nama lengkap), warga negara Indonesia yang saat ini tinggal di (alamat lengkap).
    • Saya memiliki hubungan kerabat/dekat dengan salah satu dari pasangan yang akan menikah.
    • Saya memiliki pengalaman dan pengetahuan yang cukup mengenai acara pernikahan, sehingga saya merasa mampu memberikan kontribusi positif pada acara tersebut.
  4. Akhiri surat dengan kalimat permohonan dan ucapan terima kasih. Contohnya:
    • Oleh karena itu, dengan ini saya mengajukan permohonan untuk dapat menjadi saksi nikah pada acara pernikahan Saudara/i. Semoga permohonan saya dapat dipertimbangkan dengan baik. Saya mengucapkan terima kasih sebelumnya atas perhatian yang telah diberikan.
    • Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    • Hormat saya,
    • (nama lengkap)

Contoh Surat Permohonan Menjadi Saksi Nikah

Berikut ini adalah contoh surat permohonan menjadi saksi nikah:

Surat Permohonan Beasiswa

Tidak hanya surat permohonan menjadi saksi nikah, namun ada juga surat permohonan yang lainnya yaitu surat permohonan beasiswa. Surat ini biasanya dibuat oleh para pelajar atau mahasiswa yang ingin memperoleh bantuan biaya kuliah. Berikut ini adalah contoh surat permohonan beasiswa:

Kepada Yth,

Pengurus Yayasan Pendidikan,

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama : (isi nama lengkap)

Alamat : (isi alamat lengkap)

Pendidikan Terakhir : (isi pendidikan terakhir)

Memohon kepada Yth. Pengurus Yayasan Pendidikan untuk memberikan beasiswa dalam rangka perjuangan saya dalam menyelesaikan studi S1 pada Fakultas Sastra Universitas Budi Luhur. Pada saat ini saya menempuh Semester 3 dan selama ini menggali berbagai sumber untuk memenuhi kebutuhan kuliah saya yang semakin meningkat.

Saya sangat berharap untuk mendapatkan dukungan finansial dari Yth. Pengurus Yayasan Pendidikan agar saya dapat memperjuangkan cita-cita saya untuk meraih gelar sarjana pada Fakultas Sastra Universitas Budi Luhur dan menjadi sumber daya manusia yang berguna untuk masyarakat.

Demikianlah surat permohonan ini saya sampaikan. Atas perhatian dan kebaikan Hati Yth. Pengurus Yayasan Pendidikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(Nama Lengkap)

Penutup

Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita membutuhkan bantuan dari pihak lain untuk memecahkan suatu masalah atau untuk memenuhi kebutuhan kita. Salah satu cara untuk meminta bantuan tersebut adalah dengan membuat surat permohonan yang ditujukan kepada pihak yang kita mintai bantuan. Seperti contoh di atas, surat permohonan menjadi saksi nikah dan surat permohonan beasiswa. Dalam membuat surat permohonan, pastikan kita menjelaskan dengan jelas dan sopan, serta mengantarkan pesan dengan baik agar pihak yang kita mintai bantuan merasa tertarik dan tertarik untuk membantu kita.

Dadan Suradan Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Contoh Surat Permohonan Beasiswa Baznas yang dipublish pada 30 November 2023 di website Homecare24

Artikel Terkait