Contoh Surat Pernyataan Bahasa Inggris

Banyak dari kita pasti ingin bepergian ke luar negeri atau bekerja di luar negeri, namun untuk dapat menuju ke sana kita harus mengurus visa terlebih dahulu. Nah, salah satu dokumen yang diperlukan dalam pengajuan visa adalah surat pernyataan. Berikut ini adalah contoh-contoh surat pernyataan pengajuan visa dalam bahasa Inggris.

Contoh Surat Keterangan Kerja

Sebagai seorang pekerja, tentu kita memerlukan surat keterangan kerja dari atasan atau perusahaan tempat kita bekerja. Berikut ini adalah contoh surat keterangan kerja dalam bahasa Inggris:

Contoh Surat Keterangan Kerja

Apa itu surat keterangan kerja?

Surat keterangan kerja adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan atau institusi yang menjelaskan detail tentang pekerjaan dan status pekerjaan seseorang. Surat keterangan kerja ini biasanya digunakan dalam pengajuan visa ke luar negeri.

Mengapa dibutuhkan surat keterangan kerja?

Surat keterangan kerja dibutuhkan sebagai bukti bahwa seseorang memang bekerja dan memiliki pekerjaan tetap. Hal ini dapat menjadi salah satu pertimbangan bagi pihak kedutaan atau instansi yang bertanggung jawab dalam pengajuan visa untuk mengukur tingkat keberhasilan calon pemegang visa dalam terima visa tersebut dan resiko yang mungkin saja timbul.

Cara membuat surat keterangan kerja

Untuk membuat surat keterangan kerja, sebaiknya melampirkan beberapa dokumen antara lain foto, KTP, dan kartu keluarga jika diperlukan. Berikut ini adalah beberapa kriteria surat keterangan kerja:

  1. Header dengan logo perusahaan dan nama perusahaan tertera jelas
  2. Isi surat keterangan kerja berisi tentang identitas yang melakukan pengajuan visa (nama, jabatan, gaji, masa kerja)
  3. Adanya stempel dan tanda tangan dari yang berwenang atau atasannya
  4. Pada bagian akhir disertakan dengan kalimat pernyataan bahwa yang bersangkutan telah memberikan informasi yang benar dan jujur

Contoh Surat Pernyataan Tidak Bekerja

Selain surat keterangan kerja, ada pula contoh surat pernyataan tidak bekerja. Biasanya surat ini diperlukan apabila kita sudah pensiun atau tidak bekerja. Berikut ini adalah contoh surat pernyataan tidak bekerja dalam bahasa Inggris:

Contoh Surat Pernyataan Tidak Bekerja

Apa itu surat pernyataan tidak bekerja?

Surat pernyataan tidak bekerja adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh suatu pihak yang menjelaskan bahwa seseorang tidak bekerja dan tidak mempunyai penghasilan tetap. Surat pernyataan tidak bekerja ini seringkali digunakan dalam pengajuan visa ke luar negeri atau dalam pengurusan administrasi tertentu yang membutuhkan bukti seseorang tidak bekerja.

Mengapa dibutuhkan surat pernyataan tidak bekerja?

Dalam pengajuan visa ke luar negeri, surat pernyataan tidak bekerja ini penting karena pihak kedutaan atau instansi yang bertanggung jawab mengukur tingkat keberhasilan dalam terima visa calon pemegang visa dan segala risiko yang mungkin saja timbul. Selain itu, surat pernyataan tidak bekerja juga bisa digunakan untuk pengurusan administrasi tertentu yang membutuhkan bukti seseorang tidak bekerja.

Cara membuat surat pernyataan tidak bekerja

Untuk membuat surat pernyataan tidak bekerja, kita dapat membuatnya secara mandiri dengan syarat dan ketentuan yang diberikan oleh pihak yang membutuhkan surat tersebut. Berikut ini adalah beberapa kriteria surat pernyataan tidak bekerja:

  1. Header dengan nama lengkap dan alamat yang jelas dari yang membuat pernyataan tidak bekerja
  2. Adanya pernyataan bahwa dirinya sejak saat tertentu tidak bekerja, dan tidak memiliki penghasilan tetap
  3. Adanya tanda tangan dan nomor identitas yang jelas
  4. Pada bagian akhir disertakan dengan kalimat pernyataan bahwa yang bersangkutan telah memberikan informasi yang benar dan jujur

Demikianlah contoh-contoh surat pernyataan pengajuan visa dalam bahasa Inggris yang dapat digunakan sebagai referensi dalam membuat surat pernyataan. Setiap contoh surat tersebut dapat disesuaikan dengan keperluan yang akan digunakannya. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Dadan Suradan Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Contoh Surat Pernyataan Bahasa Inggris yang dipublish pada 26 Mei 2023 di website Homecare24

Artikel Terkait