Contoh Surat Pernyataan Tidak Mengikuti Kegiatan

Apa Itu Surat Izin Tidak Ikut Kegiatan Sekolah?

Contoh Surat Izin Tidak Ikut Kegiatan Sekolah

Berikut ini adalah contoh surat izin tidak ikut kegiatan sekolah karena ada urusan penting yang harus diurus.

surat izin tidak ikut kegiatan sekolah

Seperti yang kami sampaikan di atas, saya beserta keluarga kami akan pergi ke luar kota untuk menghadiri acara sakral keluarga. Sehingga dengan ini, kami memohon izin kepada bapak ibu guru di sekolah agar anak kami tidak masuk sekolah selama 3 hari, yaitu tanggal 11, 12, dan 13 Juni 2021.

Kami juga berjanji untuk segera mengambil pelajaran yang tertinggal pada saat kembali ke sekolah. Semoga surat ini dapat diterima dan dimaklumi oleh bapak ibu guru di sekolah. Terima kasih.

Mengapa Perlu Mengurus Surat Izin Tidak Ikut Kegiatan Sekolah?

Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia. Dalam rangka mendapatkan pendidikan yang baik dan benar, perlu adanya komitmen dari semua pihak, mulai dari peserta didik, orang tua, dan guru. Namun, dalam beberapa situasi tertentu, peserta didik tidak dapat menghadiri kegiatan sekolah yang telah dijadwalkan sebelumnya, misalnya karena sakit, ada urusan penting yang harus diurus, atau situasi force majeure.

Nah, untuk menghindari kebingungan dan juga untuk memenuhi persyaratan administratif yang diperlukan, maka orang tua atau wali murid dapat membuat surat izin tidak ikut kegiatan sekolah. Dengan surat tersebut, maka pihak sekolah akan memberikan pengertian kepada peserta didik yang tidak dapat menghadiri kegiatan sekolah yang telah dijadwalkan sebelumnya.

Cara Membuat Surat Izin Tidak Ikut Kegiatan Sekolah

Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat surat izin tidak ikut kegiatan sekolah:

  1. Pertama, tuliskan tanggal pembuatan surat di bagian atas sebelah kanan halaman. Setelah itu, tuliskan alamat sekolah di bawah tanggal surat.
  2. Tuliskan salam pembuka pada awal surat. Misalnya “Kepada Yth. Bapak/Ibu Guru Kelas VII B SMP XYZ”.
  3. Pada paragraf pembuka, sampaikan bahwa peserta didik tidak dapat menghadiri kegiatan sekolah yang telah dijadwalkan sebelumnya, serta jelaskan alasan kenapa peserta didik tidak bisa menghadiri kegiatan sekolah tersebut.
  4. Pada bagian pembuka surat, tuliskan perihal surat izin, misalnya “Surat Izin Tidak Ikut Kegiatan Sekolah”
  5. Pada paragraf penutup, berikan informasi tanggal peserta didik tidak dapat mengikuti kegiatan sekolah dan tanggal peserta didik kembali masuk sekolah. Berikan juga informasi apakah peserta didik akan mengambil pelajaran yang telah diberikan selama ketidakhadirannya.
  6. Setelah itu, tuliskan salam penutup, misalnya “Demikian surat izin ini kami buat, atas perhatian dan pelayanannya kami ucapkan terimakasih.”
  7. Pada akhir surat, tuliskan tanda tangan orang tua atau wali murid, serta nomor kontak yang dapat dihubungi.

Contoh Surat Rekomendasi Guru Bk

Contoh Surat Rekomendasi Guru Bk

Berikut ini adalah contoh surat rekomendasi guru BK untuk siswa yang membutuhkan rekomendasi untuk diterima di perguruan tinggi atau institusi lainnya.

surat rekomendasi guru bk

Surat Rekomendasi

Kepada Yth,

Pimpinan [Nama Institusi atau Perguruan Tinggi]

Dalam rangka seleksi penerimaan [Nama Jurusan atau Fakultas] di [Nama Institusi atau Perguruan Tinggi], kami yang bertanda tangan di bawah ini:

  1. Nama Lengkap : [Nama Lengkap Siswa]
  2. Kelas : [Kelas Siswa]
  3. Sekolah : [Nama Sekolah]

Menyatakan bahwa [Nama Lengkap Siswa] adalah siswa kami yang sangat berpotensi dan berkualitas di bidang [Jenis Prestasi atau Kegiatan].

Selama belajar di sekolah, [Nama Lengkap Siswa] aktif dalam berbagai kegiatan, seperti [Jenis Kegiatan atau Prestasi yang Diikuti oleh Siswa]. Dalam meraih prestasi tersebut, [Nama Lengkap Siswa] selalu berusaha keras serta dapat bekerja sama dengan anggota tim lainnya.

Kami yakin bahwa [Nama Lengkap Siswa] akan menjadi aktivis yang berprestasi dan mampu beradaptasi pada lingkungan perguruan tinggi atau institusi lainnya. Oleh karena itu, kami merekomendasikan [Nama Lengkap Siswa] untuk diterima di [Nama Institusi atau Perguruan Tinggi] dan program studi [Nama Jurusan atau Fakultas].

Demikian surat rekomendasi ini kami buat untuk dapat digunakan pengajuannya. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

This will close in 0 seconds

https://technologi.site/