Contoh Surat Pribadi Untuk Teman Di Luar Kota

Sebagai manusia, kita pasti pernah menulis surat pribadi untuk seseorang. Namun, terkadang banyak dari kita yang masih bingung dalam menulis surat pribadi terutama dalam penggunaan kata “orang tua”. Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Penulisan Orang Tua yang Benar

Sebelum kita membahas cara untuk menulis surat pribadi yang baik dan benar, kita perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana penulisan kata “orang tua” yang benar.

Menurut EYD, penulisan “orang tua” seharusnya digunakan dengan tanda hubung. Contohnya, “saya memiliki tiga orang-tua yang sangat menyayangi saya”.

Penulisan “orang tua” dengan tanda hubung sebenarnya bertujuan untuk membedakan antara “orang tua” yang berarti ayah dan ibu dengan “orangtua” yang berarti mertua. Selain itu, penulisan “orangtua” juga dapat diartikan sebagai orang yang tua atau manula.

Contoh Surat Pribadi untuk Kakak

Berikut adalah contoh surat pribadi untuk kakak yang dapat kamu gunakan sebagai referensi dalam menulis surat pribadimu sendiri.

Contoh surat pribadi untuk kakak

Apa itu Surat Pribadi?

Surat pribadi adalah surat yang ditujukan secara khusus untuk seseorang. Surat ini berisi pesan atau ungkapan perasaan dari pengirim kepada penerima surat.

Mengapa Harus Menulis Surat Pribadi?

Menulis surat pribadi baik untuk diri sendiri maupun orang lain dapat memberikan rasa terhubung dan rasa dekat di antara keduanya. Selain itu, menulis surat pribadi juga dapat menjadi salah satu cara untuk mengekspresikan perasaan yang sulit ditularkan secara lisan atau melalui media sosial.

Cara Menulis Surat Pribadi yang Baik dan Benar

  1. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak formal. Hal ini dapat membuat surat terasa lebih personal dan mampu membuat penerima surat merasa terhubung dengan pengirim.
  2. Jangan lupa untuk memasukkan ucapan terima kasih atau permintaan maaf (jika diperlukan).
  3. Sampaikan pesan atau ungkapan perasaan yang jujur dan tulus. Hal ini dapat meningkatkan ikatan emosional antara pengirim dan penerima surat.
  4. Jangan lupa untuk mencantumkan tanggal dan waktu penulisan surat.
  5. Jangan membahas hal-hal yang kurang menyenangkan, seperti kesalahan atau masalah yang pernah terjadi antara pengirim dan penerima surat. Surat pribadi seharusnya digunakan untuk membangun ikatan, bukan malah memecah belahnya.

Contoh Surat Pribadi untuk Kakak

Dear kakak,

Bagaimana kabarmu di tempat yang jauh di sana? Akhir-akhir ini aku sering merindukanmu dan ingin sekali bertemu denganmu. Walau kamu jarang pulang, tapi pastinya kamu masih ingat rumah kita di kampung, kan? Sayang sekali, rumah itu sudah dijual dan tidak ada lagi yang menghuninya. Aku harap kamu masih ingat kenangan indah yang kita tinggalkan di sana.

Terima kasih karena selalu peduli dan memberikan dukungan pada setiap langkahku dalam hidup. Aku sangat bersyukur memiliki kakak seperti kamu. Walau aku mungkin jarang menunjukkannya, tapi aku selalu terinspirasi dengan segala keahlian dan karya yang kamu hasilkan. Kamu selalu menjadi teladan bagi adikmu ini, kak.

Semoga kamu selalu sehat dan bahagia di sana. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan dan menuruti perintah sang dokter. Aku akan selalu mendoakanmu dan keluargamu di sana.

Sekian surat dariku, kak. Aku sangat menantikan kabarmu. Sampai jumpa di lain waktu.

Salam sayang,

Adikmu yang meski jauh, tetap mencintaimu

Contoh surat pribadi secara umum

Apa itu Surat Pribadi Secara Umum?

Surat pribadi secara umum sering digunakan untuk menyampaikan pesan dan ungkapan perasaan kepada siapa pun. Umumnya, surat pribadi ini kita gunakan untuk berkomunikasi dengan sahabat, pasangan, keluarga, atau siapa pun yang ingin kita sampaikan pesan kepada mereka.

Mengapa Harus Menulis Surat Pribadi Secara Umum?

Menulis surat pribadi secara umum sangat bermanfaat untuk berbagai tujuan, seperti untuk membuka diri, mengungkapkan perasaan, atau untuk mempererat hubungan dengan orang lain. Selain itu, menulis surat pribadi secara umum juga dapat menjadi bentuk penghargaan serta akan membuat si penerima merasa istimewa dan diperhatikan.

Cara Menulis Surat Pribadi Secara Umum

  1. Mulailah dengan memasukkan ucapan salam dan pengantar yang sederhana.
  2. Selanjutnya, langsung sampaikan pesan dan ungkapan perasaanmu secara jujur dan tulus. Tuliskan dalam bahasa yang mudah dipahami dan tidak formal.
  3. Pastikan pesan yang kamu sampaikan fokus pada si penerima, bukan pada dirimu sendiri.
  4. Jangan lupa untuk mencantumkan tanggal, waktu, dan tempat penulisan surat.
  5. Sebelum menutup surat, tuliskan harapan, doa, atau pesan positif pada penerima surat.
  6. Akhiri surat dengan ucapan yang sederhana, seperti “terima kasih”, “salam hangat”, atau “salam”.

Contoh Surat Pribadi Secara Umum

Dear teman baikku,

Apa kabar kamu di sana? Aku sangat merindukanmu dan ingin sekali bertemu denganmu. Sudah lama kita tidak bertemu, ya. Aku harap kamu selalu sehat dan bahagia di sana, beraktifitas dan melakukan kegiatan favoritmu.

Aku menulis surat ini untuk mengungkapkan perasaanku tentang betapa pentingnya persahabatan yang kita miliki. Kamu sudah seperti saudaraku sendiri dan aku tidak tahu apa yang akan terjadi jika kamu tidak hadir dalam hidupku. Aku selalu bersyukur karena memiliki teman sepertimu, yang sokokep dengan segala hal yang aku lakukan dan selalu memberikan dukungan dan masukan untukku.

Dalam surat ini, aku ingin mengucapkan terima kasih atas waktu dan perhatian yang diberikan selama kita menjalin hubungan persahabatan. Serta, aku juga meminta maaf jika ada hal yang pernah disakiti atau dirugikan pada dirimu. Semoga kedepannya hubungan persahabatan kita semakin langgeng dan erat seperti sekarang.

Teruslah berkarya dan jangan pernah menyerah pada setiap mimpi yang kamu miliki. Aku yakin kamu akan berhasil mencapai tujuanmu dan membawa perubahan positif dalam kehidupanmu.

Take care, teman baikku. Semoga kita segera bertemu lagi dan bisa berbagi kisah-kisah dan pengalaman yang telah kita alami.

Hormat dan salutku selalu pada kamu,

Salam,

Temanmu yang tak pernah lepas dari kenangan

Bagaimana? Mudah kan menulis surat pribadi? Jangan ragu untuk mengirimkan suratmu pada orang-orang yang kamu sayangi. Siapa tahu, suratmu dapat memberikan kebahagiaan dan kebahagiaan di bulan yang penuh berkah ini. Selamat menulis, teman-teman!

Dadan Suradan Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Contoh Surat Pribadi Untuk Teman Di Luar Kota yang dipublish pada 7 Desember 2023 di website Homecare24

Artikel Terkait