Banyak yang mungkin sudah tidak asing lagi dengan surat penyerahan dokumen atau surat serah terima barang. Surat ini biasanya digunakan pada saat seseorang menyerahkan sebuah dokumen atau barang kepada pihak yang lain. Seiring dengan berkembangnya zaman, surat penyerahan dokumen dan surat serah terima barang juga semakin banyak digunakan dalam dunia bisnis dan perdagangan. Berikut ini adalah contoh surat penyerahan dokumen dan surat serah terima barang yang bisa menjadi referensi :
Contoh Surat Penyerahan Dokumen / Contoh Surat Serah Terima Barang
Berikut ini adalah contoh surat penyerahan dokumen / contoh surat serah terima barang :
Apa Itu Surat Penyerahan Dokumen dan Surat Serah Terima Barang ?
Surat penyerahan dokumen dan surat serah terima barang adalah surat yang berfungsi sebagai bukti bahwa sebuah dokumen atau barang telah diserahkan kepada pihak yang lain. Surat ini biasanya digunakan untuk kepentingan kelengkapan administrasi, atau sebagai bukti kepemilikan sebuah barang atau dokumen.
Mengapa Surat Penyerahan Dokumen dan Surat Serah Terima Barang Perlu Digunakan ?
Penggunaan surat penyerahan dokumen dan surat serah terima barang sangat penting dalam dunia administrasi, bisnis, atau perdagangan. Hal ini dikarenakan surat ini bisa menjadi bukti legalitas yang sah dalam memvalidasi sebuah transaksi jual beli atau transaksi lainnya.
Bagaimana Membuat Surat Penyerahan Dokumen dan Surat Serah Terima Barang ?
Untuk membuat surat penyerahan dokumen dan surat serah terima barang, anda bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :
- Langkah Pertama: Buatlah header atau judul pada surat penyerahan dokumen atau surat serah terima barang anda. Anda bisa menulis nama perusahaan, alamat perusahaan, nomor telepon, fax, dan email pada header tersebut.
- Langkah Kedua: Buatlah box atau kotak pada surat penyerahan dokumen atau surat serah terima barang anda. Di dalam kotak tersebut, anda bisa menulis informasi mengenai barang atau dokumen yang akan diserahkan, informasi penerima, informasi pengirim, tanda tangan dan tanggal.
- Langkah Ketiga: Setelah membuat kotak atau box pada surat penyerahan dokumen atau surat serah terima barang anda, lengkapi informasi penerima, informasi pengirim, informasi barang atau dokumen, tanda tangan dan tanggal.
- Langkah Keempat: Setelah lengkap, cek kembali informasi yang anda tulis pada surat penyerahan dokumen atau surat serah terima barang anda. Pastikan bahwa informasi tersebut sudah benar dan lengkap.
- Langkah Kelima: Cetak surat penyerahan dokumen atau surat serah terima barang anda dan ajukan untuk diproses.
Contoh surat penyerahan dokumen / surat serah terima barang sederhana
Berikut ini adalah contoh surat penyerahan dokumen / surat serah terima barang sederhana :
Berita Acara Serah Terima
Pada hari tanggal 7 April 2021, yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama : Apip
Jabatan : Karyawan
Alamat : Jalan Harapan 2 No.7
No. Telp : 0823XXXXXXX
Nama : Sari
Jabatan : Karyawan
Alamat : Jalan Jaya 4 No.10
No. Telp : 0823XXXXXXX
Telah disepakati dan menyetujui untuk melakukan Serah Terima Barang.
- Barang yang diserahkan oleh Apip adalah: 1 buah payung warna merah
- Kondisi barang dalam keadaan baik
- Barang diterima oleh Sari dengan baik dan lengkap
- Dengan surat ini kegiatan serah terima barang disahkan dan dibuat pada hari yang ditulis dengan tangan pada bagian akhir berita acara ini
Tanda Terima :
Apip Sari
Karyawan Karyawan
Jalan Harapan 2 No.7 Jalan Jaya 4 No.10
7 April 2021 7 April 2021
Dengan membuat surat penyerahan dokumen dan surat serah terima barang yang benar dan lengkap, anda dapat memudahkan diri sendiri dalam mengelola transaksi jual beli atau transaksi bisnis lainnya. Pastikan anda selalu melengkapi dokumen administrasi yang diperlukan agar usaha anda dapat berjalan dengan lancar dan lebih terorganisir.