Contoh Surat Tugas Doc

Contoh Surat Tugas Kerja

Contoh Surat Tugas Kerja

Surat tugas adalah salah satu jenis surat yang biasa digunakan dalam dunia kerja dan bisnis. Surat tugas kerap kali dibuat untuk memberikan petunjuk atau instruksi tertentu kepada pegawai atau karyawan di suatu perusahaan. Adapun tugas yang dimaksud dapat berupa tugas rutin atau tugas proyek tertentu.

Dalam pembuatan surat tugas, tentunya perlu memperhatikan beberapa hal mulai dari apa itu surat tugas, mengapa perlu membuat surat tugas, cara membuat surat tugas, dan juga contoh surat tugas. Berikut ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai hal-hal tersebut.

Contoh Surat Tugas

Contoh Surat Tugas

Untuk lebih memahami surat tugas, berikut ini merupakan salah satu contoh surat tugas yang dapat digunakan sebagai acuan dalam pembuatan surat tugas.

PT. ABC
Jl. Sudirman No.25
Jakarta

Kepada
Yth. Bapak/Ibu Pegawai PT. ABC
Di Jakarta

Dengan hormat,
Dalam rangka melaksanakan tugas acara seminar tahunan yang akan diselenggarakan oleh perusahaan, dengan ini kami menugaskan saudara/i untuk hadir dan melaksanakan tugas sebagai berikut:

1. Mendaftar ulang diri pada panitia acara seminar.
2. Membagikan undangan seminar kepada peserta atau tamu yang hadir.
3. Menjaga ketertiban saat berlangsungnya seminar.
4. Membuat laporan singkat mengenai jalannya seminar.

Demikian surat tugas ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

PT. ABC

Apa itu Surat Tugas?

Surat tugas merupakan salah satu bentuk surat dalam dunia kerja dan bisnis yang memberikan petunjuk atau instruksi tertentu kepada pegawai atau karyawan di suatu perusahaan dalam melaksanakan suatu tugas atau pekerjaan. Surat tugas biasanya digunakan ketika terdapat tugas yang berkaitan dengan pekerjaan rutin atau pekerjaan proyek tertentu yang membutuhkan sumber daya dari karyawan atau pegawai perusahaan tersebut.

Mengapa Perlu Membuat Surat Tugas?

Adapun beberapa alasan atau faktor yang mendorong perlu dibuatnya surat tugas antara lain:

  1. Memberikan instruksi atau petunjuk yang jelas kepada pegawai atau karyawan terkait tugas atau pekerjaan yang harus dilakukan. Dalam hal ini, surat tugas akan memberikan panduan yang jelas yang dapat membantu karyawan atau pegawai dalam melaksanakan tugas atau pekerjaan dengan baik dan benar.
  2. Sebagai alat pengendalian, surat tugas dapat berfungsi sebagai alat untuk mengendalikan dan memonitor kinerja karyawan atau pegawai dalam melaksanakan tugas atau pekerjaan yang telah diberikan. Dengan ini, perusahaan bisa memantau lebih mudah dan efektif tentang bagaimana karyawan bekerja dan seberapa baik hasil yang mereka capai.
  3. Sebagai bukti bahwa tugas atau pekerjaan telah diberikan dan diterima oleh karyawan atau pegawai. Tentunya, dengan adanya surat tugas akan memudahkan pengujian terhadap mencapai atau tidaknya target kinerja karyawan atau pegawai tersebut.

Cara Membuat Surat Tugas

Dalam pembuatan surat tugas, hal yang perlu diperhatikan adalah format surat, isi surat, serta ketentuan-ketentuan yang harus dipatuhi dalam penyusunan surat tugas itu sendiri. Berikut ini beberapa cara mudah dalam pembuatan surat tugas:

  1. Membuat header berisi nama perusahaan, alamat, nomor telepon, dan email perusahaan.
  2. Menuliskan informasi penerima surat tugas seperti nama karyawan, jabatan atau posisi, dan departemen atau unit kerja.
  3. Menyebutkan informasi tentang tugas atau pekerjaan yang harus dilakukan karyawan atau pegawai.
  4. Menetapkan waktu atau tenggat waktu yang diberikan untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan.
  5. Menuliskan informasi tentang target kinerja dan kualitas kerja yang diharapkan dalam mengerjakan tugas atau pekerjaan.
  6. Memberikan instruksi atau petunjuk yang jelas dalam melaksanakan tugas atau pekerjaan.
  7. Menyebutkan alasan atau tujuan dibuatnya surat tugas dan nama pejabat atau atasan yang memberikan surat tugas itu.
  8. Menandatangani surat tugas tersebut oleh pejabat atau atasan di perusahaan yang berwenang.

Contoh Surat Tugas

Selanjutnya, berikut ini adalah contoh surat tugas dalam format yang sederhana namun tetap memenuhi unsur-unsur yang diharapkan:

PT. ABC
Jl. Sudirman No.25
Jakarta

Kepada
Yth. Bapak/Ibu Pegawai PT. ABC
Di Jakarta

Dengan hormat,
Dalam rangka melaksanakan tugas sebagai penanggung jawab marketing yang baru terpilih, dengan ini kami menugaskan Saudara/i:

Nama : Ahmad Zainal Arifin
Jabatan : Penanggung Jawab Marketing
Divisi : Marketing
Tugas : Menjalin kerja sama dengan semua pelanggan setia perusahaan untuk memastikan kepercayaan dan keterikatan pelanggan setia perusahaan pada produk perusahaan terus terjalin
Tenggat waktu : 6 bulan terhitung mulai tanggal 1 Februari 2022

Dalam melaksanakan tugas tersebut, kami berharap Bapak/Ibu Ahmad Zainal Arifin bisa memenuhi target kinerja dengan baik dan benar. Apabila terdapat kendala dalam melaksanakan tugas, silakan menghubungi atasan langsung atau bagian HRD kami.

Demikian surat tugas ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

PT. ABC

Dalam pembuatan surat tugas, perlu diingat bahwa surat tugas harus jelas, singkat, padat, dan mudah dipahami oleh penerima surat tugas. Oleh karena itu, bagi perusahaan dan para karyawan atau pegawai nya, penting untuk memerhatikan dengan baik dalam pembuatan surat tugas agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam melaksanakan tugas atau pekerjaan di kemudian hari.

This will close in 0 seconds

https://technologi.site/