Desain Rumah Joglo Klasik

Mungkin kamu sedang mencari desain rumah yang unik dan khas Indonesia. Salah satu pilihan yang bisa kamu pertimbangkan adalah rumah joglo. Simak ulasan berikut untuk mengetahui apa itu, mengapa kamu harus memilihnya, kelebihan dan kekurangannya, serta biaya dan cara membangunnya. Ada juga contoh desain rumah joglo yang bisa menjadi inspirasi.

Desain Rumah Etnik Jawa Modern

Rumah joglo merupakan jenis rumah tradisional Jawa yang khas dengan atap berbentuk limas atau pyramid. Biasanya terbuat dari kayu jati, namun saat ini sudah ada versi modern yang menggunakan bahan beton. Salah satu keunikan rumah joglo adalah tidak menggunakan paku atau besi dalam konstruksinya, melainkan menggunakan teknik pertukangan kayu tanpa paku yang disebut soko guru.

Desain Rumah Etnik Jawa Modern - RUMAH IMPIAN

Apa itu Rumah Joglo?

Rumah joglo merupakan salah satu jenis rumah tradisional Jawa. Unsur khas dari rumah joglo adalah atap berbentuk limas atau pyramid yang terbuat dari bahan alami, seperti sirap atau ijuk. Selain itu, rumah joglo juga menggunakan teknik pertukangan tanpa paku yang disebut soko guru.

Mengapa Memilih Rumah Joglo?

Rumah joglo memiliki keunikan dan keindahan yang tidak dimiliki oleh jenis rumah lainnya. Bentuk atap yang khas membuat rumah joglo menjadi ikonik dan mudah dikenali. Selain itu, rumah joglo juga memiliki nilai sejarah dan tradisional yang tinggi sebagai bagian dari budaya Jawa. Jadi, jika kamu ingin memiliki rumah yang khas Indonesia dan bernuansa tradisional, rumah joglo bisa menjadi pilihan yang tepat.

Kelebihan Rumah Joglo

  • Bentuk atap yang khas membuat rumah joglo terlihat indah dan unik.
  • Menggunakan bahan alami seperti kayu dan ijuk membuat rumah joglo terkesan ramah lingkungan.
  • Tidak menggunakan paku dalam konstruksinya membuat rumah joglo memiliki daya tahan yang lebih lama.

Kekurangan Rumah Joglo

  • Bahan bangunan rumah joglo, seperti kayu jati dan ijuk, relatif sulit didapat dan harganya juga cukup mahal.
  • Konstruksi rumah joglo cukup rumit dan membutuhkan tenaga ahli yang terampil.
  • Rumah joglo biasanya memiliki ukuran yang cukup besar, sehingga tidak cocok untuk rumah dengan lahan yang sempit.

Biaya dan Cara Membangun Rumah Joglo

Biaya pembangunan rumah joglo cukup mahal karena menggunakan bahan-bahan alami yang lebih mahal dibandingkan dengan bahan-bahan bangunan modern. Selain itu, konstruksi rumah joglo yang cukup rumit juga membutuhkan tenaga ahli yang terampil. Namun, jika kamu tertarik untuk membangun rumah joglo, kamu bisa mencari jasa kontraktor yang memang ahli dalam membangun rumah joglo.

Biaya yang Diperlukan:

  • Biaya tanah.
  • Biaya bahan bangunan, seperti kayu jati, ijuk, dan batu bata.
  • Biaya tenaga ahli yang terampil untuk konstruksi rumah joglo.

Cara Membangun Rumah Joglo:

  1. Memilih lokasi dan membeli tanah yang sesuai.
  2. Membuat denah dan gambar rumah joglo yang akan dibangun.
  3. Membangun pondasi dan pemasangan tiang-tiang yang akan menopang atap.
  4. Membuat kerangka atap dari kayu dan pemasangan ijuk sebagai material atap.
  5. Memasang dinding dan lantai menggunakan batu bata dan kayu jati.
  6. Melakukan finishing dan pengecatan untuk mendapatkan tampilan yang lebih baik.

Contoh Desain Rumah Joglo

Berikut ini beberapa contoh desain rumah joglo yang bisa menjadi inspirasi.

Contoh Desain Rumah Joglo

1. Rumah Joglo Modern

Jika kamu suka dengan gaya arsitektur modern, kamu bisa memadukan gaya modern dan tradisional dalam sebuah rumah joglo modern. Atap joglo yang khas bisa dikombinasikan dengan dinding bangunan yang modern untuk mendapatkan kesan yang elegan dan eksotis.

Rumah Joglo Modern

2. Rumah Joglo Minimalis

Jika kamu memiliki lahan yang sempit, namun tetap ingin memiliki rumah joglo, kamu bisa membangun rumah joglo minimalis. Dengan gaya yang simpel dan minimalis, rumah joglo minimalis bisa memberikan kesan yang elegan dan modern.

Rumah Joglo Minimalis

3. Rumah Joglo Klasik

Jika kamu ingin menjaga kesan tradisional pada rumah joglo, rumah joglo klasik bisa menjadi pilihan terbaik. Material kayu jati pada dinding dan lantai, serta atap sirap atau ijuk yang khas, akan membawamu pada suasana vintage dan tradisional.

Rumah Joglo Klasik

Demikianlah mengenai ulasan lengkap tentang desain rumah joglo, mulai dari definisi, kelebihan dan kekurangannya, biaya dan cara membangun, hingga contoh desain yang bisa menjadi inspirasi. Semoga ulasan ini bermanfaat dalam membantu kamu memilih desain rumah yang sesuai dengan keinginanmu.

Dadan Suradan Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Desain Rumah Joglo Klasik yang dipublish pada 25 Mei 2023 di website Homecare24

Artikel Terkait